Mengenal Pcare BPJS Kesehatan yang Memudahkan Penggunanya

12 Agt 2019 | Oleh
Pcare BPJS Kesehatan dapat diakses oleh anggota BPJS yang terdaftar dalam faskes tingkat 1
Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan memudahkan peserta BPJS untuk mengakses data secara real-time

Dengan banyaknya jumlah pengguna layanan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, tentu salah satu targetnya adalah membuat penggunanya bisa mengakses fasilitas dengan kian mudah. Salah satunya lewat aplikasi Pcare BPJS Kesehatan.

Pcare BPJS Kesehatan adalah singkatan dari Primary Care yang sengaja dibuat untuk anggota yang terdaftar dalam faskes tingkat 1. Pcare digunakan untuk memastikan akses terhadap informasi seputar faskes lebih mudah dipahami.

Mengenal Pcare BPJS Kesehatan

Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan pertama kali dirilis pada tahun 2014. Hingga lima tahun kemudian, fungsi dan aksesnya terus diperbaharui. Bentuknya adalah fitur layanan yang bisa diakses lewat website pcare.bpjs-kesehatan.go.id.

Hingga kini, sudah ada 19.937 fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah mengakses Pcare secara realtime online. Sekitar 2.506 faskes lainnya belum bisa mengakses karena terkendala jaringan komunikasi.

Dalam situs ini, Anda bisa mengakses secara langsung data yang tersimpan di server BPJS. Sesuai dengan keperluan, Anda bisa mengakses berbagai fiturnya seperti:

  • Pendaftaran pasien baru
  • Entri data kunjungan pasien
  • Entri rujukan
  • Entri data penunjang diagnosis
  • Tabel diagnosis nama penyakit dan kodenya
  • Entri data dan database pelayanan obat-obatan
  • Pelayanan laboratorium
  • Terapi pengobatan

Tentunya sebelum mengakses beberapa fitur di atas, Anda perlu masuk sesuai dengan username dan password yang telah terdaftar.

Bagaimana jika belum memiliki username?

Tak usah khawatir jika belum bisa mengakses Pcare BPJS Kesehatan karena belum terdaftar. Anda bisa mendaftar dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Data yang Anda miliki akan dimasukkan dalam daftar Pcare BPJS Kesehatan. Jika suatu saat lupa dengan username atau password sekalipun, Anda bisa mengurusnya di kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Bagaimana cara menggunakan Pcare BPJS Kesehatan?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan Pcare BPJS Kesehatan? Sangat mudah. Pertama-tama, Anda cukup login menggunakan username dan password yang telah terdaftar.

Kemudian, pilih menu dalam website yang sesuai dengan kebutuhan Anda. contohnya melihat database pelayanan obat-obatan. Anda bisa mencari sesuai dengan keperluan.

Tak hanya itu, contoh lainnya adalah ketika Anda perlu registrasi pasien baru. Anda bisa melakukannya lewat Pcare BPJS Kesehatan.

Masukkan data yang lengkap dan akurat sesuai dengan profil Anda, kemudian pastikan semuanya tertulis dengan tepat. Setelah disubmit, Anda telah terdaftar dalam server.

Keuntungan menggunakan Pcare BPJS Kesehatan

Teknologi tentunya ada untuk memudahkan kita. Salah satu keuntungan mengakses Pcare BPJS Kesehatan bagi Anda adalah memangkas waktu dan prosedur yang sebelumnya dilakukan secara manual.

Berikut ini beberapa keuntungan lainnya:

  • Data terintegrasi

Selama fasilitas kesehatan yang Anda akses memiliki sistem Pcare BPJS Kesehatan, maka mereka dapat mengakses data Anda dengan mudah dan terintegrasi

  • Diagnosis mudah

Kelebihan lain dari penggunaan Pcare BPJS Kesehatan adalah diagnosis penyakit yang lebih sederhana. Petugas bisa melihat riwayat kesehatan termasuk pengobatan yang sudah pernah diakses sebelumnya.

  • Rujukan cepat

Ketika seorang pasien perlu dirujuk karena tidak memadai di faskes tingkat 1 tempatnya terdaftar, maka rujukan bisa diteruskan langsung ke rumah sakit yang bekerja sama. Tentu saja, rujukan ini bisa diakses secara online.

  • Pendaftaran akurat 

Kelebihan yang tentu saja tak bisa dilewatkan adalah Pcare BPJS Kesehatan membantu proses pendaftaran lebih cepat. Meski cepat, akurasinya tetap terjaga. Petugas pun bisa mengetahui data Anda hanya dengan memasukkan nomor peserta.

Tunggu apa lagi? Kemudahan Pcare BPJS Kesehatan ada untuk membantu Anda. Semoga ke depannya aplikasi semacam ini bisa membantu seluruh penggunanya melayani secara online tanpa hambatan.

Referensi

BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/BPJS/index.php/post/read/2018/894/Uji-Coba-Digitalisasi-Rujukan-JKN-KIS-Memasuki-Fase-Kedua
Diakses pada 11 Juni 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top