Mengenal Olahraga Wushu, Seni Beladiri Penyumbang Medali


Olahraga wushu adalah salah satu olahraga beladiri yang dilakukan dengan berbagai teknik pukulan dan tendangan, bahkan penggunaan senjata. Wushu juga sering disebut sebagai Kung Fu.

(0)
26 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Olahraga wushu adalah beladiri dari Tiongkok yang sering juga disebut sebagai Kung FuOlahraga wushu sering juga disebut sebagai Kung Fu
Wushu adalah olahraga beladiri asal Tiongkok yang menggabungkan berbagai teknik dan prinsip sehingga para pegiatnya tidak hanya terfokus pada cara menyerang dan bertahan, tapi juga tentang etika bertarung. Olahraga ini juga sering disebut sebagai Kung Fu.Kata “Wu” pada Wushu, pada alfabet mandarin tersusun atas dua karakter, yaitu “Zhi” yang berarti untuk memberhentikan atau mencegah, dan “Ge” yang berarti senjata perang. Oleh karena itu, semuanya jika digabungkan dapat memberikan makna untuk mencegah konflik dan mengusung perdamaian.Olahraga ini dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Taolu dan Sanda. Jenis wushu yang dilakukan lebih dikenal di Indonesia adalah Taolu.

Sejarah wushu

Sejarah wushu berakar dari ribuan tahun yang lalu, saat manusia membutuhkan kemampuan beladiri untuk bertahan hidup. Seiring berjalannya waktu, manusia belajar membuat senjata-senjata yang kemudian menjadi cikal bakal penggunaan senjata pada wushu.Wushu mulai berkembang sebagai kegiatan yang lebih terorganisir sejak masa dinasti Shang yang ada sekitar tahun 1556-1046 Sebelum Masehi. Masyarakat setempat menjadikan seni beladiri ini sebagai cara untuk menyehatkan tubuh sekaligus mendapatkan hiburan.Perkembangan wushu secara modern semakin terorganisir sejak berdirinya Shanghai Jing Wu Physical Culture Society. Karena peran organisasi inilah pertunjukan, latihan, dan kompetisi wushu menjadi suatu hal yang terbiasa diterima masyarakat setempat.Pada tahun 1923, kompetisi wushu nasional diselenggarakan di Shanghai dan pada tahun 1936 Tiongkok mengirimkan delegasinya untuk mempertunjukkan wushu di Olimpiade Berlin.Kompetisi wushu internasional pertama kali dihelat pada tahun 1985 di Xi’an. Lalu, pada 3 Oktober 1990, International Wushu Federation (IWUF) resmi berdiri.

Gerakan dasar wushu

Gerakan wushu sangatlah beragam. Namun secara garis besar, ada beberapa gerakan dasar yang patut dikuasai para pemula, seperti berikut ini:

1. Ma bu (kuda-kuda)

Kuda-kuda adalah gerakan dasar wushu yang dilakukan untuk menyeimbangkan tubuh dan mempersiapkan anggota gerak melakukan gerakan selanjutnya yang lebih rumit.Untuk melakukan kuda-kuda, Anda perlu berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Setelah itu, tekuk lutut hingga posisi setengah duduk atau seperti posisi sedang menunggangi kuda. Pastikan badan tegap namun rileks.

2. Gong bu (posisi menunduk)

Gerakan ini dilakukan sebagai bow stance atau pemberian salam kepada lawan. Untuk melakukan gong bu, Anda perlu memposisikan salah satu kaki lebih di depan dan membentuk garis lurus dengan kaki yang berada lebih di belakang.Lalu, hampir sama seperti posisi lunges, tekuk lutut bagian depan hingga membentuk sudut kurang lebih 90 derajat. Posisi kaki yang belakang diluruskan menjauhi kaki depan.Saat melakukan gerakan ini, posisi badan tetap tegap dan pandangan mengarah ke depan.

3. Xie bu (posisi istirahat)

Xie bu adalah posisi istirahat yang dilakukan dengan cara berikut ini:Silangkan kaki kanan ke atas kaki kiri seperti saat sedang duduk, tapi tanpa menggunakan kursi. Tumpuan yang digunakan adalah lutut kiri.
  • Pastikan tidak ada celah yang tercipta antara kaki kiri dan kanan.
  • Lalu, secara perlahan turunkan posisi tubuh ke bawah (hampir seperti jongkok namun posisi kaki tetap seperti awal)
  • Selama melakukan gerakan ini, posisi badan tetap tegap.

4. Ce chuai ti (tendangan samping)

Cara melakukan ce chuai ti adalah dengan tahapan ini:
  • Berdiri tegap dengan posisi tangan di pinggang namun pergelangan tangan menghadap ke atas
  • Buat telapak tangan mengatup, seperti akan meninju dan posisi siku tetap dekat ke badan
  • Mundurkan salah satu kaki sedikit ke belakang
  • Lalu angkat lutut kaki yang di depan hingga berada di pinggang, baru luruskan setinggi mungkin membentuk tendangan

5. Tan tui (tendangan tajam)

Cara melakukan tan tui:
  • Berdiri tegak dengan meluruskan tangan kanan di depan dada sambil menekuk pergelangan tangan ke atas sehingga jari-jari menghadap ke langit-langit
  • Tangan kiri berada di pinggang sambil membentuk tinju dan posisi siku kiri rapat dengan badan. Posisi pergelangan tangan menghadap ke atas
  • Lalu lakukan satu tendangan kencang menggunakan kaki kanan ke arah kaki bagian bawah.
Penjelasan di atas hanyalah gambaran sekilas mengenai teknik dasar wushu. Untuk bisa mempelajari gerakan wushu lebih rinci, Anda tentu perlu belajar dari para ahli di sanggar ataupun tempat latihan yang tersedia.

Jenis senjata yang digunakan dalam wushu

Dalam olahraga wushu, ada beberapa jenis senjata yang digunakan, seperti:
  • Dao: pedang berbentuk lebar yang memiliki sisi tajam satu sisi
  • Nandao: bentuknya hampir mirip dengan dao, tapi lebih panjang
  • Jian: pedang berbentuk lurus dengan dua sisi tajam
  • Gun: tongkat panjang yang terbuat dari kayu
  • Nangun: hampir mirip dengan gun, tapi lebih tebal
  • Qiang: tombak dengan pisau kecil berbentuk seperti daun di bagian ujungnya
Olahraga wushu adalah salah satu cabang yang menyumbangkan cukup banyak medali di ajang olahraga internasional bagi Indonesia. Kini, perkembangan wushu cukup pesat, sehingga tidak sulit bagi Anda untuk menemukan tempat latihannya.
olahragatips olahraga
My Active Singapore. https://www.myactivesg.com/Sports/Wushu/How-To-Play/Wushu-for-Beginners
Diakses pada 14 April 2021
International Wushu Federation. http://www.iwuf.org/
Diakses pada 14 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait