Mengenal Olahraga Senam Air alias Aquarobic yang Efektif Bakar Kalori


Senam aerobik dalam air atau aquarobic baik untuk meredakan nyeri sendi, menyehatkan jantung, hingga membakar kalori.

0,0
13 Oct 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Senam aerobik dalam air atau aquarobic cocok untuk yang punya gangguan sendi dan tulangSenam aerobik dalam air cocok untuk yang punya gangguan sendi
Senam air atau aerobik dalam air adalah olahraga yang dianggap baik untuk meningkatkan kebugaran dan membakar kalori. Olahraga ini juga sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah persendian atau gangguan tulang.Senam aerobik di air, alias aquarobic, adalah olahraga dengan intensitas rendah, sehingga cocok untuk semua kalangan, termasuk lansia. Kelas senam air biasanya dilakukan di kolam renang dengan durasi selama kurang lebih satu jam.

Manfaat senam air untuk kesehatan

Saat melakukan senam aerobik di dalam air, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, seperti:

1. Membantu meredakan nyeri sendi

Senam air bermafaat untuk orang yang memiliki masalah sendi atau tulang karena tidak membebani sendi, seperti olahraga biasa. Air akan membantu menopang berat tubuh. Dengan begitu, beban dan tekanan ke persendian tidak begitu besar.
Ini akan membuat sendi bisa bergerak dengan lebih baik dan tidak sakit saat digerakkan.
Manfaat tersebut juga berguna untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan dan ingin mulai mencoba untuk berolahraga.

2. Efektif melatih otot

Saat bergerak di dalam air, kita akan melawan arus air. Otot pun harus bekerja lebih keras untuk bisa berkontraksi atau relaksasi. Di saat yang bersamaan, karena berat badan ditopang oleh air, maka Anda akan merasa gerakan yang dilakukan jadi lebih ringan. Padahal, kenyataannya intensitasnya sama saja. Ini membuat latihan otot bisa menjadi lebih efektif.Senam air juga melatih fleksibilitas atau kelenturan. Dengan kelenturan yang baik, maka risiko Anda terkena cedera otot dan sendi saat berakivitas akan berkurang.

3. Menjaga berat badan ideal

Senam air juga baik dilakukan untuk menjaga berat badan ideal. Itu sebabnya, aquarobic dianjurkan untuk orang obesitas dan diabetes.Aquarobic dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Dengan demikian, kadar gula darah bisa terkendali. Apalagi, berolahraga di air juga mengurangi risiko cedera kaki. Orang diabetes sendiri diketahui lebih rentan mengalami luka di kaki yang sulit sembuh. Ini karena terganggunya aliran darah menuju kaki akibat gula yang tinggi.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Senam aerobik baik yang dilakukan di darat maupun di air sama-sama baik untuk kesehatan jantung. Olahraga ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Selama melakukan senam air, meski Anda tidak merasa ngos-ngosan, detak jantung dan frekuensi napas tetap akan meningkat. Hal ini baik untuk menjaga fungsi jantung.

5. Meredakan stres

Senam air bisa membantu meredakan stres karena air di kolam akan membantu meredakan ketegangan di tubuh sekaligus pikiran. Apalagi, olahraga ini biasanya dilakukan berkelompok. Ada rasa kebersamaan yang juga baik untuk kesehatan mental.

6. Durasi olahraga lebih lama

Mengingat berolahraga di dalam air terasa lebih ringan, maka aktivitas yang dilakukan jadi tidak terlalu menguras tenaga. Ditambah lagi, olahraga di air terasa menyegarkan. Kedua hal inilah yang membuat orang biasanya lebih betah untuk olahraga berlama-lama.

Bagaimana senam air biasanya dilakukan?

Gerakan senam aerobik di air sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gerakan aerobik biasa. Satu sesi senam aerobik biasanya berlangsung selama 60 menit dan dipandu oleh seorang instruktur yang akan mencotohkan semua gerakan yang dilakukan.Olahraga akan dimulai dengan pemanasan, kardio dan latihan kekuatan, lalu diakhiri dengan pendinginan. Dalam satu rangkaian gerakan senam air tidak ada gerakan berenang.Berikut ini beberapa gerakan senam air yang biasa dilakukan:
  • Jalan kaki maju dan mundur
  • Sideway lunges
  • Joging ke depan dan belakang
  • Leg lifts atau mengangkat kaki
  • Kickboard moves
Beberapa latihan juga ada yang memberi variasi dengan menambahkan beban agar otot lebih terlatih. Beban yang dipakai dalam aerobik air adalah busa ringan berbentuk khusus yang jika ditekan ke bawah permukaan air akan menjadi berat. Latihan dilakukan dengan tujuan menahan busa tersebut tetap ada di dalam air, sehingga otot menerima beban yang cukup untuk bisa terlatih.

Bolehkah senam air dilakukan orang yang tidak bisa berenang?

Senam air bisa dilakukan oleh hampir semua orang, termasuk yang tidak bisa berenang. Ini karena Anda hanya perlu berdiri di kolam yang dangkal. Anda juga bisa menggunakan pelampung apabila khawatir jatuh atau tenggelam.Bahkan, senam air bisa menjadi salah satu tahap awal apabila Anda ingin belajar berenang karena akan membiasakan diri berada di kolam. Apabila masih punya pertanyaan seputar manfaat senam air maupun olahraga lainnya untuk kesehatan maupun hubungannya dengan kesehatan sendi dan tulang, tanyakan langsung pada dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di App Store maupun Google Play.
olahragaolahraga lansiaolahraga ibu hamilberenang
Just Swim. https://www.swimming.org/justswim/aqua-aerobics-benefits-equipment/
Diakses pada 28 September 2021
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/water-aerobics
Diakses pada 28 September 2021
British Heart Foundation. https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/activity/aqua-aerobics
Diakses pada 28 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait