logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengenal Obat Herbal Diabetes Basah, Apa Saja?

open-summary

Meski diabetes 2 adalah kondisi seumur hidup bukan berarti Anda harus menyerah. Mengonsumsi makanan sehat suplemen herbal seperti kayu manis hingga pare dapat meningkatkan kesehatan Anda.


close-summary

19 Jan 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Obat herbal dapat jadi suplemen untuk diabetes tipe 2

Ramuan herbal dapat berperan sebagai suplemen untuk diabetes basah

Table of Content

  • Catatan dari SehatQ

Selain penanganan medis, ada juga obat herbal diabetes basah yang bisa menjadi pelengkap. Namun sebenarnya, istilah diabetes basah adalah salah kaprah. Dalam dunia medis, tidak ada istilah diabetes kering dan basah.

Advertisement

Nama diabetes basah diberikan karena luka yang timbul penderitanya bisa mengeluarkan nanah dan tampak basah. Walau manfaat obat herbal sebagai pengobatan diabetes saat ini belum diakui, kenali beberapa pengobatan alami ini.

Obat herbal diabetes basah

Sebelum mencoba salah satu dari beberapa jenis obat alami diabetes tipe 2, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika sudah, beberapa alternatif ini bisa dicoba:

1. Cuka apel

cuka apel

Kandungan utama dalam cuka apel adalah asam asetat yang dikenal dengan beragam manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel sebelum tidur dapat menurunkan kadar gula darah puasa keesokan harinya.

Bahkan, 1-2 sendok makan cuka apel yang dikonsumsi saat makan dapat menurunkan kadar glikemik dalam makanan tinggi karbohidrat. Namun, mengonsumsi cuka apel tanpa dicampur apapun juga lebih disarankan.

2. Barley

jelai

Barley atau jelai jenis gandum dengan konsistensi kenyal serta rasa seperti kacang. Mengonsumsi barley yang kaya serat dapat menurunkan kadar gula darah serta konsentrasi insulin. Tak hanya itu, ini juga bisa membantu mencapai rekomendasi harian asupan serat yaitu sebanyak 30 gram.

Bonusnya, barley juga bisa menurunkan kolesterol serta meredakan peradangan. Cukup diolah selama 15 menit dengan tambahan air dan garam, sudah bisa dikonsumsi.

3. Zinc

Jenis mineral yang dapat menjadi obat alami diabetes tipe 2 adalah zinc. Bahkan, sebagian besar penderita diabetes umumnya kekurangan zinc. Oleh sebab itu, disarankan mengonsumsi zinc yang bisa menurunkan kadar gula darah, berkhasiat sebagai antioksidan, serta bisa meredakan komplikasi akibat diabetes.

Namun, pastikan tahu betul seberapa banyak dosis yang aman dikonsumsi. Suplemen zinc dalam dosis tinggi bisa menghambat penyerapan mineral lain seperti copper atau tembaga. Jadi, pastikan tahu betul apa interaksinya serta berapa dosis yang tepat.

4. Kayu manis

kayu manis

Konsumsi kayu manis secara medis bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta kolesterol. Selain itu, ada banyak studi yang menyebut cinnamon dapat mengendalikan komplikasi dari penyakit diabetes seperti penyakit jantung.

Tak hanya itu, mengonsumsi kayu manis dapat menjaga agar kadar gula darah tidak melejit setelah makan. Cara kerjanya adalah dengan membuat proses pengosongan makanan dari perut lebih lambat.

5. Lidah buaya

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, lidah buaya rupanya juga bisa menjadi alternatif untuk mengobati diabetes secara alami. Dalam sebuah studi, diketahui lidah buaya dapat melindungi sekaligus memperbaiki sel beta di pankreas yang bertugas memproduksi insulin.

6. Pare

sayur pare

Sayuran pahit pare atau bitter melon juga sejak lama banyak digunakan sebagai obat tradisional. Di India dan China, pare telah digunakan sejak berabad silam. Mengonsumsi pare dalam bentuk sayuran, jus, hingga suplemen dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Fenugreek

Jenis biji-bijian ini juga diklaim dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Di dalamnya terdapat serat dan zat kimia yang bisa membantu membuat proses cerna karbohidrat dan gula menjadi lebih lambat. Bahkan, ada pula studi yang menunjukkan biji ini dapat mencegah munculnya diabetes tipe 2.

8. Jahe

Rempah yang satu ini kerap digunakan untuk meredakan keluhan pencernaan. Namun temuan pada tahun 2015 menyebutnya bisa membantu meredakan diabetes. Hasilnya, gula darah bisa turun namun tidak dengan kadar insulin dalam darah.

Itulah sebabnya, jahe disebut bisa menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Namun, masih perlu temuan dan penelitian lebih banyak lagi untuk memastikannya.

Apapun obat alami diabetes tipe 2 yang digunakan, ingat bahwa ini bukanlah pengganti dari penanganan medis. Jika sudah mendapat lampu hijau dari dokter pun, pastikan memulainya dengan dosis seringan mungkin.

Ada pula zat alami yang berinteraksi dengan obat lain seperti pengencer darah atau penurun tekanan darah tinggi. Jadi, waspadai kemungkinan ini sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga

  • 7 Sayuran Akar yang Bernutrisi dan Baik untuk Tubuh
  • Ekspektoran Adalah Penakluk Batuk Membandel, Apa Saja Jenisnya?
  • 9 Pilihan Makanan untuk Darah Tinggi yang Aman Dikonsumsi

Catatan dari SehatQ

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang berlangsung seumur hidup. Sejatinya, tidak ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan kondisi ini.

Meski demikian, konsumsi obat hingga ramuan atau obat herbal yang tepat bisa membantu meringankan gejalanya. Tentunya harus diiringi dengan menjalani gaya hidup sehat dan disiplin pola makan.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar pengobatan alami diabetes, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

diabetesmakanan sehathidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved