Mengenal Obat Gatal Cetirizine yang Diminum Ketika Alergi Menyerang

(0)
Obat gatal cetirizine termasuk obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokterMeski dapat dibeli bebas, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis tepat konsumsi obat gatal cetirizine
Ketika Anda mempunyai bakat alergi dan melakukan kontak dengan benda-benda yang mengakibatkan alergi (alergen) seperti debu, bulu binatang, maupun serbuk sari, tubuh Anda akan menghasilkan histamin. Histamin merupakan zat dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi. Reaksi alergi ini pun lalu memengaruhi bagian tubuh seperti hidung, sinus, tenggorokan, dan sistem pernapasan bagian atas. Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi reaksi alergi, salah satunya dengan meminum obat gatal cetirizine.

Siapa saja yang membutuhkan obat gatal cetirizine?

Reaksi alergi menimbulkan gejala-gejala seperti pilek, bersin, mata berair, kulit kemerahan, hingga gatal pada mata, hidung, dan tenggorokan. Cetirizine adalah obat jenis antihistamin (obat untuk mengatasi reaksi alergi) yang biasanya digunakan untuk meredakan gejala-gejala tersebut.Cara kerja cetirizine sendiri adalah dengan memblokir aksi histamin yang menyebabkan reaksi alergi. Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa obat gatal cetirizine hanya membantu meredakan gejala alergi, bukan mencegahnya.

Efek samping penggunaan obat gatal cetirizine

Obat gatal cetirizine mungkin dapat memberikan efek samping ketika dikonsumsi oleh orang-orang dengan kondisi tertentu. Beberapa efek samping yang mungkin muncul saat meminum cetirizine di antaranya:
  • Mengantuk
  • Mulut kering
  • Penglihatan kabur
  • Badan terasa panas
  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Diare
  • Muntah
Meskipun begitu, tidak semua orang yang mengonsumsi obat gatal cetirizine akan mengalami efek samping di atas. Apabila efek samping yang ditimbulkan terasa parah dan mengganggu aktivitas, segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Dosis penggunaan yang benar

Dosis penggunaan obat gatal cetirizine yang benar bergantung pada usia Anda. Biasa diminum dalam bentuk kapsul maupun tablet, Anda yang berusia 6 hingga 65 tahun hanya boleh minum obat ini dengan dosis 10 miligram (mg) per hari.Perlu diingat, Anda tidak boleh mengonsumsi obat ini dengan dosis lebih dari 10 mg per hari. Dokter biasanya akan menyarankan untuk meminum obat gatal cetirizine dengan dosis 5 mg sebanyak 2 kali sehari apabila reaksi alergi yang ditimbulkan tidak terlalu parah.Jika hendak memberikan obat ini kepada mereka yang masih berusia di bawah 6 tahun atau lebih dari 65 tahun, Anda disarankan berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang pas.

Hal yang harus diperhatikan saat minum obat gatal cetirizine

Selain mengonsumsi dengan dosis yang tepat, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan jika hendak meminum obat gatal cetirizine. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh obat ini.Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak meminum obat gatal cetirizine antara lain:

1. Jangan berkendara setelah minum obat gatal cetirizine

Minum obat gatal cetirizine dapat menyebabkan kantuk
Jangan menyetir mobil setelah minum cetirizine
Bagi sebagian orang, mengonsumsi obat gatal cetirizine bisa mengakibatkan rasa kantuk. Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak mengendarai sepeda motor atau mobil usai meminum obat ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika berkendara.

2. Periksa bahan yang terkandung di dalamnya

Hindari meminum obat gatal cetirizine dengan kandungan yang dapat memicu terjadinya reaksi alergi baru pada tubuh Anda. Agar terhindar dari masalah tersebut, periksa bahan-bahan yang terkandung dalam obat sebelum meminumnya.

3. Tanyakan ke dokter jika sedang hamil atau dalam masa menyusui

Apabila Anda sedang hamil atau dalam masa menyusui, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mengetahui apakah obat gatal cetirizine dapat memberikan efek samping bagi kesehatan buah hati. Umumnya, obat ini tetaplah aman walaupun dikonsumsi pada masa kehamilan.

4. Berkonsultasi dengan dokter jika Anda menderita kondisi tertentu

Penderita penyakit ginjal dan hati harus melakukan konsultasi dengan dokter apabila hendak meminum obat gatal cetirizine. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda dan terasa aman, dokter mungkin akan merekomendasikan dosis yang lebih sedikit dari batas normalnya. Sampaikan juga pada dokter jika Anda tengah mengonsumsi obat atau suplemen lain untuk mencegah terjadinya interaksi obat dengan cetirizine.

Bisakah obat gatal cetirizine dibeli tanpa resep dokter?

Obat gatal cetirizine masuk dalam golongan obat over the counter (OTC). Jadi, Anda dapat membeli obat ini secara bebas di apotek tanpa harus menggunakan resep dari dokter. Meskipun begitu, Anda disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan dosis yang tepat dan mencegah dampak buruk yang bisa ditimbulkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai obat gatal cetirizine dan dosis penggunaan yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergigatalantihistamingangguan pernapasan
Healthline. https://www.healthline.com/health/drugs/cetirizine
Diakses pada 13 Oktober 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a698026.html
Diakses pada 13 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-12065/cetirizine-oral/details
Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait