Mengenal Miracle Fruit, Buah Unik yang Baik untuk Kesehatan

(0)
29 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Miracle fruit, atau Synsepalum dulficum, memiliki kemampuan untuk untuk merubah rasa asam menjadi manis di lidah.Rasanya manis, ternyata miracle fruit memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
Miracle fruit adalah buah ‘ajaib’ yang berasal dari Afrika Barat. Julukan ‘buah ajaib’ diberikan karena buah ini mampu mengubah rasa asam menjadi manis di lidah. Misalnya, mengunyah miracle fruit sebelum mengonsumsi buah lemon akan membuat rasa asamnya menjadi terasa manis.Buah berukuran kecil yang berwarna merah ini juga bisa Anda temukan di Indonesia. Selain dikenal lewat ‘keajaibannya’, miracle fruit memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan.

Manfaat miracle fruit yang semanis rasanya

Miracle fruit dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan
Meski ukurannya kecil, miracle fruit bermanfaat untuk kesehatan
Manfaat miracle fruit datang dari kandungan miraculin, yakni protein yang mampu mengubah bentuk protein penerima rasa manis di lidah. Efek ini dapat bertahan selama 15-60 menit. Mari kenali berbagai manfaat miracle fruit yang menarik ini.

1. Membantu pengobatan diabetes

Sebuah studi yang dirilis dalam Phytotherapy Research mengungkapkan bahwa miracle fruit dipercaya bisa membantu pengobatan diabetes.Studi hewan uji ini mencoba memberikan miracle fruit kepada tikus yang sedang mengonsumsi makanan bergula tinggi. Hasilnya, buah ini mampu menjaga tubuh tikus dari resistensi insulin.

2. Membantu pasien kemoterapi

Penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi biasanya mengalami perubahan pada indra pengecapnya. Hal ini bisa berdampak buruk pada kualitas hidup dan mengganggu pemenuhan nutrisi mereka.Sebuah studi dilakukan untuk mencari tahu manfaat miracle fruit pada sejumlah pasien kanker yang menjalani kemoterapi selama 2 minggu. Hasilnya, para pasien kanker tersebut mengalami peningkatan positif pada indra pengecapnya, dibandingkan dengan pasien kanker lain yang hanya mengonsumsi obat plasebo.

3. Menurunkan berat badan

Miracle fruit patut dicoba bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kemampuan buah ini untuk menurunkan berat badan dibuktikan dalam jurnal Appetite pada tahun 2011.Di dalam studi kecil yang diikuti 13 partisipan, para peneliti memberikan es krim dengan rasa lemon yang rendah gula atau hanya diberikan pemanis sukrosa. Para partisipan diminta untuk mengonsumsi miracle fruit terlebih dahulu sebelum memakan es krimnya. Seluruh partisipan juga sudah mengonsumsi sarapan atau makan siang sebelumnya.Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa miracle fruit dapat meningkatkan rasa manis dari es krim yang rendah gula dan mampu mengurangi kadar kalori yang dikonsumsi oleh para partisipan.

4. Meningkatkan nafsu makan anak-anak

Banyak anak tidak menyukai rasa sayuran. Masalah ini tentunya bisa menyulitkan orangtua yang ingin memberikan makanan sehat kepada anak-anaknya.Menurut informasi yang disadur dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian  Kementerian Pertanian Republik Indonesia, miracle fruit bisa meningkatkan nafsu makan anak-anak untuk mengonsumsi sayuran.

5. Alternatif pengobatan tekanan darah tinggi

Karena kandungan garamnya yang sangat rendah, miracle fruit pun juga dipercaya sebagai obat alternatif untuk tekanan darah tinggi. Namun sayangnya, belum ada banyak penelitian yang bisa memperkuat klaim ini.

Peringatan sebelum mengonsumsi miracle fruit

Sebelum mengonsumsi miracle fruit, terdapat beberapa peringatan yang perlu diketahuia
Keamanan mengonsumsi miracle fruit belum banyak diteliti
Meskipun miracle fruit dianggap aman untuk dikonsumsi langsung, penggunaan jangka panjang sebagai suplemen belum diteliti lebih lanjut.Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen miracle fruit, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.Selain itu, ibu hamil, ibu menyusui, hingga anak-anak disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen miracle fruit karena keamanannya sejauh ini belum diketahui secara pasti.Terakhir, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba miracle fruit. Buah ini dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja obat yang Anda konsumsi.

Catatan dari SehatQ

Dikarenakan belum banyak penelitian yang bisa membuktikan berbagai manfaat miracle fruit di atas, sebaiknya Anda tidak menjadikannya sebagai obat dari penyakit tertentu.Jika Anda ragu, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/miracle-fruit-88638
Diakses pada 12 Januari 2021
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. http://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/miracle-fruits-buah-eksotik-kaya-manfaat
Diakses pada 12 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait