Mengenal Minyak Mineral yang Bermanfaat Usir Ketombe

(0)
11 Oct 2020|Azelia Trifiana
3 manfaat minyak mineral untuk rambutMinyak mineral baik untuk menjaga kesehatan rambut
Minyak mineral adalah cairan bening tanpa aroma yang biasa digunakan untuk produk perawatan kulit dan rambut. Terbukti melembapkan kulit kepala dan rambut, namun waspadai efek sampingnya yang bisa menimbulkan reaksi alergi.Hingga kini, penelitian seputar manfaat minyak mineral lebih banyak yang berkaitan dengan produk perawatan kulit. Penelitian seputar manfaatnya untuk kesehatan rambut masih perlu elaborasi lebih jauh.

Manfaat minyak mineral untuk rambut

rambut dengan ketombe
Minyak mineral dapat mengatasi munculnya ketombe
Beberapa manfaat minyak mineral untuk rambut di antaranya:

1. Menjaga rambut dari kerusakan

Mengaplikasikan minyak mineral pada rambut bersifat hidrofobik, artinya menolak massa air. Artinya, langkah ini dapat mengurangi jumlah air yang diserap rambut.Untuk menguji efektivitasnya, coba aplikasikan satu sendok makan minyak mineral ke rambut kemudian rapikan dengan sisir. Setelah 10 menit, bilas dengan sampo. Sebaiknya, batasi penggunaan minyak mineral hanya dua kali sepekan.

2. Mengatasi rambut kusut

Jika minyak mineral ketika diaplikasikan ke kulit dapat menambah kelembapan, hal yang sama bisa terasa ketika diaplikasikan ke rambut. Adanya minyak mineral menciptakan lapisan di permukaan rambut yang sukar ditembus air.Dengan demikian, minyak mineral dapat menjaga rambut dari kerontokan serta menjaganya dari kerusakan. Peran minyak mineral serupa seperti lubrikan.

3. Mengatasi ketombe

Penggunaan minyak mineral juga dapat membantu mengusir ketombe. Tidak secara langsung, namun minyak mineral membantu menjaga kulit kepala tetap lembap.Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikan minyak mineral pada kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Kemudian, rapikan rambut dengan sisir serta bilas dengan sampo hingga bersih.

4. Mengusir kutu

Sebuah penelitian tahun 2016 membandingkan efektivitas sampo yang mengandung minyak mineral dengan pyrethroid untuk mengusir kutu rambut. Hasilnya, minyak mineral terbukti bisa menjadi alternatif efektif dengan efek samping lebih sedikit.Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya bisa dengan mengaplikasikan minyak mineral ke rambut dan didiamkan semalaman. Bungkus rambut dengan handuk. Pagi harinya, bilas dengan sampo. Biasanya perlu dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang efektif.Selain beberapa manfaat di atas, minyak mineral dalam produk perawatan kulit anak juga dianggap efektif. Namun orangtua tetap perlu waspada menyimpan minyak mineral jangan sampai berada dalam jangkauan anak-anak karena bisa tertelan.

Efek samping minyak mineral

Menggunakan produk perawatan kulit maupun rambut dengan kandungan minyak mineral termasuk aman. Efek samping yang muncul pun cenderung ringan, seperti:
  • Reaksi alergi

Bagi orang dengan kulit kepala sensitif, ada kemungkinan muncul reaksi alergi. Namun, efek samping ini tergolong langka. Gejalanya bisa berupa kulit membengkak, tampak merah, terasa gatal, hingga muncul ruam.
  • Iritasi kulit kepala

Ada juga pengguna produk perawatan rambut dengan minyak mineral yang merasakan iritasi di kulit kepala. Ini bisa terjadi karena tidak cocok dengan minyak mineral atau kulit kepala yang sensitif.
  • Iritasi mata

Apabila tanpa sengaja mengenai mata, sampo dengan kandungan minyak mineral dapat menyebabkan iritasi. Segera bilas dengan air bersih hingga rasa perih hilang.
  • Jerawat

Secara umum, minyak mineral tidak menyebabkan jerawat. Namun pada beberapa orang dengan kulit sensitif, aplikasi topikal minyak mineral ke wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Benarkah minyak mineral sebabkan kanker?

Terkait anggapan minyak mineral dapat menyebabkan kanker, hal ini tidak berlaku bagi minyak mineral yang diolah untuk produk perawatan kulit dan rambut. Sebelum digunakan dalam produk itu, minyak mineral sudah melewati berbagai proses purifikasi sehingga dinyatakan aman.Justru, paparan minyak mineral yang berbahaya adalah di lingkungan kerja. Ini dapat menyebabkan kanker kulit non-melanoma. Orang yang bekerja di industri otomotif, perakitan pesawat, pertambangan, atau percetakan surat kabar berisiko mengalaminya.Jika tidak merasa yakin menggunakan produk dengan kandungan minyak mineral, banyak alternatif minyak lain yang aman. Mulai dari minyak argan, minyak zaitun, atau minyak kelapa.Penasaran ingin coba sampo dengan kandungan minyak kelapa? Sebelumnya, Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
kesehatan rambutrambut rontok saat hamilhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/mineral-oil-for-hair
Diakses pada 26 September 2020
Wiley Online Library. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1468-2494.2012.00752.x
Diakses pada 26 September 2020
PLOS One. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4902190/
Diakses pada 26 September 2020
International Journal of Trichology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4387693/
Diakses pada 26 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait