Mengenal Metode Membaca Cepat dan Manfaatnya untuk Anak

(0)
05 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Anak-anak dianggap memiliki sejumlah keuntungan saat mempelajari teknik membaca cepatMetode membaca cepat juga bisa dipelajari anak-anak
Teknik membaca cepat adalah cara untuk membaca hingga 3 atau 4 kali lebih cepat dari biasanya. Rata-rata kecepatan membaca seseorang adalah berkisar pada 200-300 kata per menit, tapi dengan menggunakan teknik membaca cepat, Anda dapat membaca hingga 1500 kata per menit.Metode membaca cepat juga tidak eksklusif untuk orang dewasa saja, anak-anak pun dianggap bisa mempelajarinya. Meski demikian, teknik membaca ini tidak terlepas dari kontroversi. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa membaca dengan cepat sekaligus memahami isi bacaan merupakan hal yang mustahil karena membaca merupakan proses yang rumit.

Proses membaca cepat

Pada umumnya, ada beberapa proses yang terjadi saat membaca di dalam otak manusia. Berbagai proses ini meliputi:
  • Proses fiksasi: saat mata melihat dan mengenali sebuah kata. Proses ini membutuhkan waktu 0,25 detik.
  • Proses saccade: mengalihkan pandangan dari sebuah kata menuju kata lain. Proses ini membutuhkan waktu 0,1 detik.
  • Mengingat 4-5 kata atau satu kalimat sekaligus.
  • Otak lalu memeriksa seluruh frase lagi untuk memproses artinya, yang memakan waktu 0,5 detik.
Dalam metode membaca cepat, proses saccade tidak dapat dipersingkat sehingga lebih menekankan fiksasi yang lebih cepat.Hal ini dapat dilakukan jika Anda hanya fokus pada kata tanpa menyebutkannya dalam hati (pikiran). Dengan kata lain, Anda hanya berfokus pada kata yang terlihat dan mengabaikan ‘suara’ yang ada di dalam pikiran saat membaca.

Membaca cepat pada anak-anak

Seperti yang telah dijelaskan di awal, anak-anak dapat mempelajari teknik membaca cepat. Mereka bahkan bisa mendapatkan beberapa keuntungan, yakni:
  • Anak-anak mampu mempelajari keterampilan membaca cepat dengan lebih mudah daripada orang dewasa.
  • Anak-anak mampu menguasai keterampilan membaca cepat dengan lebih menyeluruh daripada orang dewasa.
George Stancliffe, seorang instruktur membaca cepat di Washington, menyebutkan bahwa hal ini dapat menjadi bagian alami bagi anak-anak jika mereka mampu mempelajarinya pada usia 12 tahun. Sama halnya seperti berbicara, anak yang dapat membaca cepat tetap bisa membaca dengan normal.

Manfaat membaca cepat bagi anak-anak dan orang dewasa

Ada beberapa manfaat membaca cepat yang bisa didapatkan oleh anak-anak dan orang dewasa, yakni:
  • Teknik membaca cepat dapat menghemat banyak waktu tanpa mengorbankan informasi.
  • Membaca cepat juga telah terbukti meningkatkan daya ingat. Otak harus mengingat lebih banyak informasi saat membaca cepat. Hal ini membuat kinerja otak meningkat.
  • Membaca cepat juga membuat kondisi otak tetap stabil sehingga informasi diproses lebih cepat dan efisien.
  • Otak akan menerima lebih banyak informasi selama membaca cepat. Oleh karena itu, otak hanya akan berfokus pada tugas yang ada sehingga dapat meningkatkan fokus dan meminimalisir gangguan.
  • Membaca cepat dapat menjadi latihan bagi otak sehingga kemampuan organ ini dapat tumbuh semakin kuat.
  • Peningkatkan fokus otak selaras dengan peningkatkan logika yang lebih baik.
  • Membaca cepat juga dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah menjadi lebih cepat. Otak akan terbiasa menerima dan mengatur begitu banyak informasi dengan sangat cepat sehingga proses berpikir akan meningkat. Saat ada masalah, otak segera mengambil informasi tersimpan dan menemukan solusi baru dengan cepat.
  • Belajar membaca cepat juga dapat meningkatkan disiplin karena harus meluangkan waktu secara rutin untuk mengasah keterampilan tersebut.
  • Kemampuan membaca cepat hanya dapat diperoleh dengan rajin membaca. Hal ini dapat mendorong Anda atau anak untuk lebih menikmati kegiatan membaca.
  • Pikiran yang lebih fokus dan bekerja lebih efisien juga dapat membantu meningkatkan produktivitas.
  • Membaca cepat juga akan membantu mengurangi ketegangan atau kelelahan mata karena terlalu lama membaca.
Meskipun sudah sangat populer, efektivitas teknik membaca cepat masih jadi kontroversi. Tidak sedikit ilmuwan yang berpendapat bahwa membaca cepat sebenarnya hanyalah skimming atau membaca selintas lalu, yang berarti seseorang hanya membaca tanpa memiliki pemahaman mendalam atas informasi apa yang dibacanya.Namun, mengingat besarnya potensi manfaat dari membaca cepat dan tidak ada kerugian dari metode ini, tidak ada salahnya jika Anda mengajarkannya pada Si Kecil. Khususnya, jika Anda ingin mengembangkan hobi membaca yang dimiliki anak.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips parentingtips mendidik anak
Back Woods Home. https://www.backwoodshome.com/teach-speed-reading-to-your-children-even-if-you-cant-speed-read-yourself/#
Diakses pada 23 Desember 2020
Life Hack. https://www.lifehack.org/articles/featured/speed-reading-successfully-a-starting-point.html
Diakses pada 23 Desember 2020
Kwik Learning. https://kwiklearning.com/kwik-tips/the-benefits-of-reading-faster/
Diakses pada 23 Desember 2020
Live Science. https://www.livescience.com/speed-reading-possible.html
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait