Mengenal Masker Bibir dan Segudang Manfaatnya

(0)
21 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Masker bibir atau lip mask bentuknya mirip dengan sheet maskMasker bibir dapat membantu melembapkan area bibir
Bibir yang kering, terlihat pecah-pecah, berkerut, tidak berwarna cerah, dan kulitnya mengelupas biasanya diatasi dengan menggunakan produk kosmetik untuk bibir yang mengandung pelembap. Namun jika langkah itu tidak membawa hasil, Anda bisa bisa mencoba perawatan bibir dengan menggunakan masker bibir alias lip mask.Masker bibir pada prinsipnya mirip dengan masker wajah atau masker mata, yakni produk yang kaya akan zat untuk menghidrasi dan melembutkan kulit. Khusus pada bibir, lip mask juga diklaim bisa menghasilkan efek bibir yang lebih penuh dan merah merona.Sepintas, lip mask mirip dengan lip balm dari segi bentuk maupun fungsinya, yakni membuat bibir terasa lebih lembap. Hanya saja, masker bibir memiliki efek hidrasi yang lebih bagus dibanding lip balm sehingga cocok digunakan pada bibir dengan masalah kekeringan yang cukup intens.

Kandungan masker bibir dan manfaatnya

Kandungan utama pada masker bibir adalah pelembap yang terdiri atas kombinasi berbagai vitamin, mineral, dan bahan lain yang berfungsi melembapkan bibir Anda. Tidak sedikit juga lip mask yang mengandung asam hialuronat, vitamin C dan E, maupun gliserin yang semuanya berfungsi membuat kulit bibir menjadi lebih lembap.Ada pula masker bibir yang mengklaim mengandung kolagen yang berfungsi untuk peremajaan kulit dan membuat bibir tampak lebih penuh. Para pengguna lip mask menyatakan kandungan kolagen tersebut menghadirkan sensasi seperti kesemutan saat digunakan yang menandakan kolagen sedang diserap oleh kulit.Meskipun demikian, beberapa dermatologis menyatakan kolagen tidak bisa diserap oleh kulit karena molekulnya yang berukuran besar. Rasa kesemutan yang dirasakan para pengguna lip mask diduga berasal dari kandungan minyak bunga mawar atau ekstrak buah ceri.

Jenis masker bibir

Di Indonesia, masker bibir hadir dengan bentuk patch maupun gel yang bisa digunakan saat Anda tidur alias sleeping mask. Apa beda kedua produk ini?

1. Lip mask berbentuk patch

Masker bibir ini berbentuk lembaran yang biasanya diklaim mengandung kolagen untuk meremajakan kulit. Selain itu, beberapa merk lip mask juga menyatakan mengandung hidrogel dan ekstrak madu yang dapat menghasilkan efek bibir yang lebih lembap dan berseri setelah pemakaiannya.Lip mask ini sangat praktis digunakan karena Anda tinggal membuka kemasannya, menempelkannya di bibir, kemudian mendiamkannya selama 5-10 menit sebelum mengelupasnya seperti Anda mengenakan sheet face mask. Harganya juga relatif lebih murah dibanding lip sleeping mask.

2. Lip mask berbentuk gel

Secara fisik, lip mask ini mirip dengan lip balm yang berbentuk gel padat yang diaplikasikan ke bibir dengan jari atau pemulas khusus. Lip mask ini biasanya digunakan sebelum tidur sehingga dikenal juga sebagai lip sleeping mask dan diklaim memiliki tingkat hidrasi lebih baik. Secara teori, masker yang didiamkan semalaman (overnight mask) berfungsi sebagai pelindung sekaligus pelembap yang lebih efektif. Masker jenis ini dapat membuat bibir Anda terlihat lebih sehat, berkilau, dan tidak lagi pecah-pecah pada pagi harinya.Meski dinamakan sleeping mask, masker bibir berbentuk gel ini juga dapat digunakan pada pagi hari atau di sela-sela aktivitas Anda di siang hari. Pasalnya, lip mask ini tidak terasa berat di kulit sekaligus dapat difungsikan sebagai pelindung bibir agar tetap terlihat lembap selama sekitar 8 jam.Dalam memilih masker bibir yang tepat, Anda sebaiknya melihat komposisi bahan pembuatnya. Pasalnya, ada beberapa produk yang mengandung pewangi sehingga cenderung tidak cocok diaplikasikan ke kulit bibir yang sensitif.
bibir keringmasker wajah
Red. https://www.redonline.co.uk/beauty/10-best/a26836362/lip-mask/
Diakses pada 6 Juli 2020
Skin Care by Alana. https://www.skincarebyalana.com/blog/what-benefits-do-lip-masks-have/
Diakses pada 6 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait