Mengenal Manfaat Terapi Keluarga untuk Menjaga Keharmonisan di Rumah

(0)
26 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terapi keluarga dapat membantu Anda dan anggota keluarga lainnya untuk lebih akrab.Terapi keluarga adalah salah satu solusi yang bisa dicoba untuk atasi masalah rumah tangga.
Memiliki hubungan keluarga harmonis tentunya menjadi impian setiap orangtua dan anak-anaknya. Namun, ada kalanya masalah tidak bisa dihindari sehingga konflik pun terjadi. Untuk mengatasinya, Anda dan anggota keluarga lainnya dapat mencoba terapi keluarga.

Apa itu terapi keluarga?

Terapi keluarga adalah konseling psikologis (psikoterapi) yang dapat membantu Anda dan anggota keluarga lainnya untuk memperbaiki komunikasi dan menyelesaikan konflik di dalam rumah.Terapi keluarga akan dipandu oleh seorang psikolog, pekerja sosial klinis, atau terapis yang sudah memiliki pengalaman.Tidak hanya orangtua saja yang ikut dalam terapi keluarga, tapi juga seluruh anggota keluarga lain yang ingin berpartisipasi. Nantinya, setiap anggota keluarga akan dibekali dengan cara-cara mempererat hubungan antaranggota keluarga, hingga melewati masa-masa sulit di dalam rumah tangga. Terapi keluarga umumnya dilakukan dalam jangka pendek.

Masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan terapi keluarga?

Terapi keluarga dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah di dalam keluarga, seperti:
  • Konflik antaranggota keluarga
  • Masalah kecanduan yang dialami anggota keluarga
  • Gangguan kesehatan mental yang diderita anggota keluarga
  • Masalah finansial atau konflik tentang keuangan
  • Masalah di sekolah yang dirasakan oleh anak
  • Masalah antarsaudara kandung
  • Perilaku buruk anak
  • Membantu anggota keluarga untuk memperlakukan saudaranya yang berkebutuhan khusus
  • Membantu menghilangkan kesedihan akibat kematian anggota keluarga
  • Pasangan yang tidak setia
  • Perceraian
  • Membantu membuat rencana untuk hak asuh anak secara bersama.

Apa saja yang dilakukan dalam sesi terapi keluarga?

Pertama-tama, seorang psikolog atau terapis akan berbicara dengan semua peserta yang ada di dalam sesi terapi keluarga. Sang psikolog atau terapis akan membantu setiap anggota keluarga untuk mengerti terlebih dahulu tentang masalah yang sedang terjadi di dalam keluarga mereka.Setiap anggota keluarga juga akan diminta untuk menjelaskan pandangan mereka terhadap masalah yang sedang dialami, kapan masalah tersebut muncul, dan apa yang telah dilakukan oleh keluarga dalam menyelesaikan masalah itu.Setelah itu, sang psikolog akan mulai mencari solusi yang tepat. Tujuannya adalah meredakan konflik di dalam keluarga, bukan untuk mencari siapa yang bersalah di dalam konflik tersebut.Di saat yang bersamaan, psikolog atau terapis akan membantu peserta terapi keluarga untuk:
  • Berkomunikasi lebih baik lagi antaranggota keluarga
  • Menyelesaikan masalah
  • Bekerja sama dengan anggota keluarga lainnya untuk mencari solusi tepat.
Sesi terapi keluarga biasanya akan berlangsung selama 50 menit dan dilakukan sebanyak 12 kali. Akan tetapi, durasi dan jumlah sesi terapi keluarga yang dibutuhkan akan didasari oleh masalah utama yang sedang terjadi. Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya kepada psikolog yang memandu terapi keluarga Anda.

Persiapan yang harus dilakukan sebelum terapi keluarga

Sebelum melakukan sesi terapi keluarga, Anda disarankan untuk mencari seorang terapis yang memiliki reputasi baik dan tepercaya. Cobalah bertanya kepada kerabat yang pernah menjalani terapi keluarga atau mintalah rekomendasi dari dokter.Jika sudah mendapatkan rekomendasinya, maka Anda berhak untuk menanyakan berbagai hal di bawah ini kepada sang terapis:
  • Edukasi dan pengalaman

Anda boleh bertanya mengenai latar belakang dan edukasi dari sang terapis yang akan memandu terapi keluarga. Selain itu, pastikan juga ia sudah memiliki sertifikat resmi sebagai professional dalam terapi keluarga.
  • Lokasi dan ketersediaan

Pastikan juga kantor sang terapis tidak terlalu jauh dari rumah keluarga Anda. Dengan begitu, Anda dapat memanggilnya saat keadaan darurat.
  • Durasi dan jumlah sesi terapi

Sebagai peserta terapi keluarga, Anda berhak untuk bertanya mengenai durasi dan berapa banyak sesi terapi keluarga yang dibutuhkan hingga masalah keluarga dapat diselesaikan.
  • Harga

Tidak ada salahnya jika Anda bertanya mengenai harga yang dipatok oleh sang terapis untuk memandu terapi keluarga. Dengan begitu, Anda dan anggota keluarga lainnya dapat mempersiapkan dananya.

Catatan dari SehatQ

Terapi keluarga bukanlah solusi instan dari masalah keluarga yang Anda rasakan. Namun, terapi ini dapat membantu Anda dan anggota keluarga lainnya untuk mengerti perasaan satu sama lain sehingga akar permasalahannya dapat diatasi.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan keluarga, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentinggaya parentingmenjalin hubungan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/family-therapy/about/pac-20385237
Diakses pada 11 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/family-therapy-overview#1
Diakses pada 11 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait