Mengenal Manfaat Meditasi Vipassana dan Cara Melakukannya

(0)
02 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Meditasi Vipassana dapat dilakukan selama 10-15 menit bagi yang sudah terbiasa.Meditasi Vipassana adalah teknik meditasi tradisional untuk tingkatkan mindfulness.
Meditasi adalah teknik yang bertujuan untuk menenangkan dan mendamaikan pikiran serta hati.  Metode ini telah dipraktikkan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia selama ribuan tahun lamanya. Ada banyak jenis meditasi yang dapat dicoba, salah satunya meditasi Vipassana. Mari kita mengenal lebih lanjut seputar metode meditasi ini ini.

Apa itu meditasi Vipassana?

Meditasi Vipassana adalah teknik meditasi tradisional dari agama Budha dan India untuk meningkatkan mindfulness. Mindfulness sendiri adalah jenis meditasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait apa yang sedang dirasakan pada saat ini, tanpa membuat interpretasi atau penilaian apa pun.Menurut Pali (bahasa kuno agama Budha), kata Vipassana memiliki makna “melihat segala sesuatu sebagaimana adanya.” Namun secara harfiah, Vipassana memiliki arti “kemampuan khusus untuk melihat.”Sebenarnya, meditasi Vipassana dan meditasi mindfulness memiliki banyak kemiripan. Namun, meditasi Vipassana dianggap lebih spesifik karena kita dapat mengamati pikiran dan emosi di dalam diri sebagaimana adanya, tanpa menghakimi atau terus memikirkannya.Meditasi Vipassana memiliki berbagai macam tujuan, yakni:
  • Menenangkan pikiran
  • Memfokuskan diri terhadap masa sekarang
  • Menerima pikiran, emosi, dan sensasi sebagaimana adanya
  • Mengurangi rasa menyesal dengan tidak memikirkan masa lalu
  • Tidak mengkhawatirkan masa depan
  • Merespon situasi sesuai dengan realita, bukan dengan kekhawatiran atau prasangka.

Manfaat meditasi Vipassana yang tak kalah hebat dari meditasi lainnya

Manfaat meditasi Vipassana untuk kesehatan bukanlah mitos belaka. Berbagai macam penelitian telah membuktikan bahwa meditasi ini dapat membawa banyak keuntungan untuk kita.

1. Meredakan stres

Sama seperti jenis meditasi lainnya, meditasi Vipassana dianggap mampu meredakan stres. Pada sebuah studi di tahun 2014, partisipan yang mengikuti meditasi ini selama enam bulan mampu meredakan perasaan stresnya, dibandingkan mereka yang tidak mengikutinya.Menurut studi tersebut, para partisipan yang menjalani meditasi Vipassana juga merasakan peningkatan pada aspek-aspek berikut:
  • Mindfulness
  • Kebaikan terhadap diri sendiri
  • Kesejahteraan diri.
Riset lain dari tahun 2001 juga mengungkapkan hasil yang kurang lebih sama setelah partisipannya menjalani meditasi Vipassana selama 10 hari.

2. Meredakan gangguan kecemasan

Selain meredakan stres, meditasi Vipassana juga diyakini ampuh dalam meredakan rasa cemas di dalam pikiran kita.Di dalam sebuah riset kecil, sekitar 14 partisipan mencoba melakukan meditasi mindfulness (termasuk Vipassana) selama 40 hari. Hasilnya, perasaan cemas dan depresi mereka terbukti dapat diredakan.Tidak hanya itu, berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2013, meditasi mindfulness seperti Vipassana juga terbukti memberikan dampak positif pada bagian otak yang terlibat dalam kecemasan.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Kemampuan meditasi Vipassana dalam meredakan stres ternyata membawa dampak baik terhadap aspek kesejahteraan mental lainnya.Pada sebuah studi tahun 2018, 520 partisipan yang melakukan teknik meditasi Vipassana berhasil mengalami peningkatan dalam sejumlah aspek, seperti:
  • Penerimaan diri
  • Kompetensi
  • Keterlibatan dan pertumbuhan
  • Hubungan yang positif.
Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan dan studi tinjauan terkait temuan ini.

4. Meningkatkan plastisitas otak

Rutin bermeditasi, termasuk meditasi Vipassana, dapat meningkatkan plastisitas otak. Plastisitas otak adalah istilah yang mengacu pada kemampuan otak untuk berubah dan beradaptasi sesuai kebutuhan fungsional.Dengan kata lain, otak dapat membuat jalur baru untuk meningkatkan fungsi mental dan kesejahteraan sepanjang hidup Anda.

5. Mengatasi kecanduan

Sebuah penelitian membuktikan bahwa meditasi Vipassana dapat bermanfaat bagi mereka yang kecanduan zat-zat terlarang. Para peneliti di dalam studi itu mencatat bahwa meditasi Vipassana dapat menjadi alternatif untuk mengatasi kecanduan.

Teknik meditasi Vipassana yang dapat dicoba

Kabar baiknya, meditasi Vipassana dapat dilakukan dari rumah. Untuk melakukannya, ikutilah berbagai teknik meditasi ini:
  • Luangkan waktu sekitar 10-15 menit. Anda direkomendasikan untuk melakukan meditasi Vipassana di pagi hari untuk memaksimalkan manfaatnya.
  • Carilah tempat yang sunyi tanpa ada gangguan. Kamar kosong atau tempat terpencil di luar rumah dapat menjadi pilihannya.
  • Duduk di lantai atau tanah, kemudian silangkan kaki Anda dengan nyaman. Kencangkan perut, luruskan punggung, dan buatlah tubuh menjadi rileks.
  • Tutup mata dan bernapaslah seperti biasa. Perhatikan segala pikiran, perasaan, dan sensasi pada tubuh tanpa menghakimi atau bereaksi terhadapnya.
  • Selalu perhatikan setiap napas yang ditarik dan dikeluarkan.
  • Jika Anda terdistraksi, segera pahami apa distraksi itu dan kembali fokus ke pernapasan.
Lakukan teknik meditasi Vipassana ini selama 5-10 menit. Jika sudah terbiasa, Anda dapat memperpanjang durasinya hingga 15 menit atau lebih.

Catatan dari SehatQ

Meditasi Vipassana adalah teknik meditasi kuno yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mindfulness. Manfaatnya pun beragam dan tidak membutuhkan waktu lama untuk dilakukan.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan mental, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan mentalmasalah kejiwaanmindfulness
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324839
Diakses pada 19 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/vipassana-meditation#about-vipassana
Diakses pada 19 Februari 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/consumer-health/in-depth/mindfulness-exercises/art-20046356#:~:text=Mindfulness%20is%20a%20type%20of,mind%20and%20help%20reduce%20stress.
Diakses pada 19 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait