Mengenal Manfaat Kayu Manis untuk Diet, Apakah Ampuh?

(0)
21 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kayu manis untuk diet dianggap ampuh karena berbagai kandungan yang dimilikinya.Kandungan antiradang dan antibakteri kayu manis menjadikannya berpotensi ampuh turunkan berat badan.
Kayu manis adalah rempah serbaguna yang telah digunakan dalam dunia medis selama ribuan tahun lamanya. Selain dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan, ternyata kayu manis dianggap ampuh turunkan berat badan. Mari pahami berbagai manfaat kayu manis untuk diet berikut ini.

5 manfaat kayu manis untuk diet

Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, sebagian orang percaya bahwa rempah-rempah seperti kayu manis bisa menjadi ‘jalan pintas’ untuk meraih berat badan ideal. Apakah benar?

1. Meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah

Manfaat kayu manis untuk diet dipercaya ampuh karena mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah
Kandungan kayu manis dipercaya bisa membantu turunkan berat badan
Menurut sebuah studi, manfaat kayu manis untuk diet tak lepas dari kemampuannya dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah. Kedua faktor ini dipercaya dapat membantu Anda turunkan berat badan dan mengontrol diabetes tipe 2.Studi lain yang dirilis dalam The International Journal of Preventative Medicine menyatakan, pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi suplemen kayu manis setiap hari selama 8 minggu, berhasil menurunkan berat badan dan lemak tubuhnya lebih banyak dibandingkan partisipan yang hanya mengonsumsi obat plasebo.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang ‘tinggi’ memicu lebih banyak kalori yang terbakar saat Anda sedang beraktivitas atau beristirahat. Kayu manis pun dipercaya bisa meningkatkan metabolisme karena tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses rempah ini dibandingkan makanan lainnya.

3. Mengandung serat yang bisa bantu turunkan berat badan

Satu sendok teh kayu manis bubuk mengandung sekitar 1,4 gram serat. Kandungan ini dipercaya bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan. Hasilnya, berat badan pun bisa turun.Meski begitu, kandungan serat yang dimiliki kayu manis dianggap belum cukup untuk membantu menurunkan berat badan. Masih dibutuhkan makanan berserat tinggi lainnya agar Anda bisa meraih berat badan ideal.Hati-hati, mengonsumsi kayu manis dalam porsi yang besar dapat menimbulkan efek samping yang merugikan. Jika memang Anda ingin menambah asupan serat, fokuslah untuk mencari makanan tinggi serat lainnya, bukan kayu manis saja.

4. Mengandung cinnamaldehyde

Menurut sebuah riset dari 2017, kayu manis mengandung cinnamaldehyde, yaitu komponen yang bisa mengaktifkan termogenesis.Di dalam proses termogenesis, tubuh akan menciptakan panas dan membakar kalori. Inilah alasan mengapa cinnamaldehyde yang dikandung kayu manis dipercaya bisa membantu Anda turunkan berat badan.

5. Mengandung senyawa antiradang dan antibakteri

Manfaat kayu manis untuk diet dipercaya ampuh karena mengandung senyawa antiradang dan antibakteri
Selain aromanya harum, kayu manis juga punya banyak manfaat kesehatan
Kandungan antiradang dan antibakteri yang dimiliki kayu manis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, keduanya dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik.Meskipun berbagai manfaat kayu manis untuk diet ini menggiurkan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencobanya untuk menurunkan berat badan. Sebab, beberapa penelitian di atas dianggap masih belum cukup untuk memperkuat klaim bahwa kayu manis dapat menurunkan berat badan.

Peringatan sebelum mengonsumsi kayu manis untuk diet

Terdapat satu jenis kayu manis bernama cassia yang mengandung kadar coumarin cukup tinggi. Zat ini sering ditemukan pada tumbuhan dan dipercaya mampu mengatasi edema (retensi cairan).Namun, mengonsumsi coumarin dalam jumlah besar selama lebih dari 2 minggu dapat menyebabkan kerusakan organ hati. Efek samping ini perlu diwaspadai, terutama pada orang yang memiliki penyakit hati.Sebelum mencoba berbagai manfaat kayu manis untuk diet di atas, pastikan kayu manis yang Anda konsumsi berjenis ceylon. Sebab, jenis kayu manis ini mengandung coumarin yang jauh lebih sedikit dibandingkan kayu manis cassia.Selain itu, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi kayu manis jika:
  • Sedang mengonsumsi obat antikoagulan
  • Mengidap penyakit diabetes
  • Mengidap penyakit pada organ hati.
Jangan pernah menjadikan kayu manis sebagai pengganti obat-obatan jika Anda mengidap penyakit tertentu.Jika Anda ingin tahu cara ampuh untuk menurunkan berat badan dengan aman dan efektif, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips dietmakanan sehatmenurunkan berat badanhidup sehatbuah dan sayuran
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/does-cinnamon-help-you-lose-weight-1087899
Diakses pada 7 Januari 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/491512-does-cinnamon-increase-metabolism/
Diakses pada 7 Januari 2021
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/diet-and-weight-loss/does-metabolism-matter-in-weight-loss#:~:text=If%20your%20metabolism%20is%20%22high,than%20others%20without%20gaining%20weight.
Diakses pada 7 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/cinnamon-ten-fun-facts
Diakses pada 7 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-and-cinnamon-for-weight-loss#what-the-research-says
Diakses pada 7 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266069#side-effects
Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait