Mengenal Manfaat Jeruk Purut yang Mencengangkan untuk Kesehatan

Sering disebut sebagai jeruk obat dan jeruk sambal, manfaat jeruk purut untuk kesehatan memang berlimpah
Menghilangkan jerawat hingga meredakan stres adalah manfaat jeruk purut yang sayang jika dilewatkan

Tahukah Anda, jeruk purut ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Manfaat jeruk purut pun tak hanya sebatas untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Buah yang satu ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit.

Buah yang sering disebut jeruk obat atau jeruk sambal ini mudah didapatkan di mana saja. Tidak hanya bagian buahnya saja, daun, minyak, dan kulitnya pun kerap digunakan untuk berbagai keperluan. Sudah tidak sabar untuk mendapatkan manfaat jeruk purut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat jeruk purut untuk kesehatan

Manfaat jeruk purut di bawah ini menarik untuk diketahui. Namun perlu diingat, meski dinilai bermanfaat untuk kesehatan, bukan berarti jeruk purut bisa digunakan sebagai pengganti pengobatan beberapa kondisi yang akan dijelaskan berikut ini. Tetaplah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

1. Melawan bakteri

Manfaat jeruk purut yang mungkin belum diketahui oleh orang banyak adalah membantu tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit. Jeruk purut terutama dinilai efektif untuk melawan bakteri E. coli, bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

2. Menghilangkan jerawat

Sifat antibakteri yang ada pada jeruk purut juga baik untuk kulit. Sebab, minyak atsiri atau essential oils dari jeruk purut juga dinilai cukup efektif untuk menghentikan perkembangan bakteri penyebab jerawat. Minyak jerut purut juga dipercaya dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan jeruk purut untuk menghilangkan jerawat, jangan oleskan perasan air jeruk purut ke kulit wajah. Sebab, hal tersebut berisiko menimbulkan iritasi. Minyak atsiri, tidak sama dengan perasan air jeruk purut.

3. Menjaga kesehatan rongga mulut

Kemampuan jeruk purut membasmi bakteri juga berdampak pada manfaatnya untuk rongga mulut. Buah ini dinilai efektif untuk mengusir bakteri berbahaya yang bersarang di gigi maupun gusi. Tidak heran, saat ini sudah ada pasta gigi dan obat kumur yang menggunakan jeruk purut sebagai bahan utamanya.

4. Membersihkan darah

Minyak jeruk purut kerap dicampurkan dengan beberapa tanaman obat lain dan digunakan untuk membantu menyembuhkan kelainan darah. Campuran bahan-bahan tersebut, dinilai dapat menghilangkan patogen atau komponen berbahaya penyebab penyakit, yang terdapat di dalam darah.

5. Mengurangi stres

Menggunakan essential oils yang terbuat dari jeruk purut, dinilai efektif untuk mengurangi stres. Bagi Anda yang sedang mengalami gangguan kecemasan maupun stres, menghirup aroma terapi yang terbuat dari jeruk purut, dapat membantu.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk purut, membuatnya dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga dapat memicu produksi kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat paparan berlebih dari radikal bebas.

7. Menyehatkan pencernaan

Jeruk purut juga diyakini dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga, jika sedang mengalami konstipasi, Anda dapat mengonsumsi jeruk purut, sebagai terapi untuk mendampingi pengobatan.

8. Mengurangi peradangan

Penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti rematik, asam urat, dan radang sendi, dipercaya dapat reda setelah pengolesan ekstrak jeruk purut maupun minyak yang didapatkan dari daunnya. Mengonsumsi sari jeruk purut juga disebut dapat memberikan efek serupa.

9. Mengusir serangga

Manfaat jeruk purut yang terakhir adalah sebagai pengusir serangga. Manfaat ini, didapatkan dari kandungan citronellol dan limonene di dalam jeruk purut, yang sangat tidak disukai oleh serangga. Tidak heran, banyak losion atau semprotan pengusir serangga mengandung kedua bahan tersebut.

Efek samping jeruk purut

Secara umum, jeruk purut aman untuk dikonsumsi. Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap buah-buah sitrus lainnya seperti jeruk nipis, sebaiknya hindari buah ini.

Beberapa orang juga dapat mengalami refluks atau asam lambung yang naik ke kerongkongan karena jeruk purut bersifat asam. Apabila Anda memiliki gangguan asam lambung, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi jeruk purut.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asam seperti jeruk purut, juga bisa meningkatkan risiko munculnya gigi berlubang.

Anda perlu ingat bahwa makanan alami, seperti buah-buahan maupun sayur-sayuran juga masih memiliki risiko tertentu apabila dikonsumsi. Sehingga, jangan terlalu berlebihan saat mencoba jeruk purut. Lakukan sewajarnya saja dan apabila mulai muncul gejala alergi seperit gatal-gatal, bengkak, dan sesak napas, segera hubungi dokter.

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/kaffir-lime.html
Diakses pada 4 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/limes
Diakses pada 4 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/8-healthy-lime-facts#1
Diakses pada 4 Desember 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed