Mengenal 7 Manfaat Jantung Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan ternyata ada beragam
Jangan sampai lewatkan manfaat jantung pisang untuk kesehatan di bawah ini

Di Indonesia, bahan ini sudah sering diolah menjadi sayur. Namun, manfaat jantung pisang sendiri belum banyak diketahui, tidak seperti reputasi buahnya yang sudah sangat populer.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, mengonsumsi jantung pisang rupanya bisa memberikan berbagai manfaat, seperti membantu meredakan infeksi, hingga mengatasi masalah perdarahan berlebihan saat menstruasi.

Manfaat jantung pisang yang begitu beragam, bisa didapatkan dari kandungan nutrisinya yang tak kalah lengkap dengan buahnya. Agar tidak semakin penasaran, intip penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Manfaat jantung pisang didapatkan dari nutrisinya yang berlimpah

Sama seperti buahnya, jantung pisang juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Bahan yang satu ini merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin, mineral, maupun serat.

Tidak hanya itu. Jantung pisang juga mengandung fitokimia tertentu, yang bisa berperan sebagai antioksidan. Lebih lengkap, berikut ini informasi nutrisi yang ada pada tiap 100 gram jantung pisang.

  • Kalori: 51 Kcal
  • Protein: 1,6 g
  • Lemak: 0,6 g
  • Karbohidrat: 9,9 g
  • Serat: 57 g
  • Kalsium: 56 mg
  • Fosfor: 73,3 mg
  • Zat besi: 56,4 mg
  • Tembaga: 13 mg
  • Kalium: 553,3 mg
  • Magnesium: 48,7 mg
  • Vitamin E: 1,07 mg

Ragam manfaat jantung pisang untuk kesehatan

Beberapa penelitian telah menemukan potensi manfaat jantung pisang untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Makanan yang baik untuk diet

Jantung pisang hanya mengandung sedikit kalori, karbohidrat, maupun protein di dalamnya. Namun, makanan ini tinggi serat, sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Faktor-faktor tersebutlah yang membuatnya baik sebagai asupan bagi Anda yang sedang diet.

Untuk menikmati jantung pisang dengan cara yang sehat, Anda dapat menggabungkannya dengan sayuran lain yang juga rendah kalori, dan mengonsumsinya dalam bentuk sup atau salad.

2. Dipercaya baik untuk penderita diabetes

Manfaat jantung pisang yang satu ini bisa didapatkan dari pengolahan ekstraknya. Mengonsumsi ekstrak jantung pisang secara rutin selama 30 hari dalam jumlah tertentu, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, ekstrak jantung pisang juga berpotensi meningkatkan kadar hemoglobin total dalam darah.

Meski begitu, sebelum memasukkan ekstrak jantung pisang dalam asupan harian Anda, ingatlah untuk selalu berdiskusi dengan dokter. Hal ini dilakukan agar pola konsumsi yang dijalankan tepat dan aman.

3. Bantu redakan infeksi bakteri

Jantung pisang juga disebut dapat membantu meredakan infeksi bakteri. Sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ekstrak jantung pisang dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bacillus subtilis, Bacillus cereus, dan Escherichia coli, secara alami.

Bacillus cereus dan Escherichia coli adalah bakteri yang kerap menjadi biang kerok berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, mual, juga muntah.

Tidak hanya bakteri, ekstrak jantung pisang juga dinilai berpotensi untuk menghambat pertumbuhan parasit Plasmodium falciparum. Parasit tersebut merupakan salah satu penyebab malaria. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jantung pisang yang satu ini secara klinis.

4. Tinggi kandungan antioksidan

Kandungan vitamin, flavonoid, dan protein yang dimiliki jantung pisang, membuatnya memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terdapat pada ekstrak jantung pisang, dipercaya dapat menstabilkan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Bantu kurangi perdarahan saat haid

Bagi Anda yang mengalami perdarahan cukup banyak saat haid, mengonsumsi jantung pisang yang telah dimasak bersama dengan 250 ml yogurt dinilai dapat mengatasinya.

Sebab, kombinasi kedua makanan tersebut dapat meningkatkan produksi hormon progesteron, yang dapat membantu meredakan perdarahan berlebihan saat haid.

6. Meredakan gejala PMS

Mengonsumsi jantung pisang yang dikukus dengan yogurt dan kelapa parut, dipercaya dapat membantu untuk meredakan gejala PMS. Manfaat jantung pisang yang satu ini, didapatkan dari kandungan probiotik dan serat di dalamnya, yang akan membantu mengurangi gangguan pada saluran pencernaan dan mencegah pembengkakan.

Jantung pisang juga mengandung magnesium, yang merupakan antidepresan alami. Sehingga, makanan ini berpotensi untuk bantu memperbaiki suasana hati.

7. Baik untuk kesehatan pencernaan

Jantung pisang baik untuk kesehatan pencernaan, karena makanan ini mengandung serat, baik yang larut maupun yang tidak. Serat yang mudah larut, dapat membantu meredakan peyakit irritable bowel syndrome (IBS). Sementara itu, serat yang tidak larut, dapat membantu mengatasi konstipasi kronis.

Manfaat jantung pisang di atas memang terlihat begitu menggiurkan. Sehingga, tidak heran jika setelah ini, Anda ingin langsung mencobanya. Namun, perlu diingat bahwa penelitian lebih lanjut tetap perlu dilakukan untuk memastikan manfaatnya secara klinis.

Meski alami, konsumsi jantung pisang juga sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Konsultasikan dengan dokter, sebelum Anda menggunakan jantung pisang dalam perawatan kondisi medis tertentu.

International Journal of Biology Research. http://www.biologyjournal.in/download/80/2-2-28-105.pdf
Diakses pada 29 Oktober 2019

International Journal of Current Research. https://www.journalcra.com/sites/default/files/issue-pdf/19660.pdf
Diakses pada 29 Oktober 2019

Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. http://www.phytojournal.com/vol1Issue3/Issue_sept_2012/9.1.pdf
Diakes pada 29 Oktober 2019

Med India. https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-banana-flower.htm
Diakses pada 29 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed