Mengenal Manfaat Iodin yang Penting bagi Tubuh Anda

(0)
12 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat iodin bisa didapatkan dari berbagai jenis makananBerbagai makanan yang mengandung iodin
Anda mungkin pernah mendengar tentang pentingnya mineral, misalnya magnesium dan selenium, agar tubuh tetap sehat dan bugar untuk semua kalangan. Tetapi, berapa banyak dari Anda mengetahui tentang iodin?Iodin merupakan salah satu unsur mineral yang dibutuhkan tubuh, khususnya untuk membantu kinerja kelenjar tiroid. Kekurangan iodin dapat menjadi masalah kesehatan yang serius, salah satunya yang paling sering terjadi adalah gondok. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa kekurangan iodin juga dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker tiroid, prostat, payudara, endometrium, dan ovarium.Untuk memenuhi kebutuhan iodin, Anda dapat menjumpai mineral ini dalam berbagai jenis makanan, di antaranya:
  • Ikan (kod dan tuna), rumput laut, udang, dan makanan laut lainnya
  • Produk olahan susu (susu, yogurt, dan keju) dan produk yang terbuat dari gandum (roti dan sereal)
  • Buah-buahan dan sayur-mayur.

Manfaat iodin bagi kesehatan

Faktanya, iodin digunakan hampir semua fungsi dalam tubuh Anda. Namun banyak orang tidak menyadari kebutuhan tubuh mereka akan iodin. Berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa mempertahankan kadar iodin dalam tubuh adalah suatu keharusan.

1. Memiliki fungsi metabolisme dan baik bagi tiroid

Metabolisme adalah proses mengubah makanan menjadi zat yang dapat digunakan tubuh Anda. Iodin adalah bagian penting dari proses ini karena membantu tubuh memecah makanan menjadi nutrisi melalui kelenjar tiroid dan mekanisme lainnya.Triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4) adalah hormon utama yang diproduksi tiroid. Agar hormon-hormon tersebut bisa terbentuk, kelenjar tiroid membutuhkan iodin. Kesehatan tiroid yang baik juga membantu tubuh Anda menjaga detak jantung yang stabil, mengatur suhu tubuh, meningkatkan pencernaan, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Menjaga fungsi otak

Kekurangan iodin sering dikaitkan dengan penurunan kognitif dalam banyak penelitian. Kondisi ini bahkan merupakan salah satu penyebab kerusakan otak paling umum di dunia berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kekurangan iodin selama kehamilan bahkan juga dikaitkan dengan autisme pada bayi.

3. Melindungi tubuh dari racun

Fluoride, klorin, dan bromin adalah bahan kimia berbahaya yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar kita karena dapat menghambat fungsi tiroid. Mempertahankan kadar iodin dapat menghalangi bahan kimia tersebut merusak tubuh.Iodin juga dapat melindungi tubuh dari bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah reproduksi, seperti kista ovarium dan fibroid rahim. Beberapa ahli menunjukkan kemungkinan bahwa iodin juga dapat membantu detoksifikasi merkuri.

4. Mencegah dari paparan radiasi

Selain melindungi dari bahan kimia berbahaya yang telah disebutkan di atas, iodin juga dapat melindungi Anda dari paparan radiasi. Berdasarkan sebuah penelitian di Austria tahun 2004, iodin adalah pelindung alami dari radiasi sinar ultraviolet (UV) untuk mata,Suplemen iodin juga dapat digunakan untuk membantu Anda yang memiliki masalah dengan radiasi dalam jangka panjang. Pemindai x-ray bandara merupakan salah satu radiasi yang dapat membahayakan kesehatan. Dalam hal ini, jumlah iodin yang cukup dalam tubuh adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang sering bepergian.

5. Sebagai antiseptik alami

Tahukah Anda bahwa obat merah yang biasa digunakan saat Anda mengalami luka mengandung iodin? Mineral ini berfungsi sebagai zat pensteril untuk membunuh organisme, bakteri, dan virus yang berbahaya.Sebuah studi di Iran tahun 2015 menemukan bahwa antiseptik iodin konsentrasi rendah yang digunakan setelah pembedahan atau operasi, dapat membantu menyembuhkan luka derajat pertama. Hal tersebut dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko infeksi.

6. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Tahukah Anda jika iodin dapat membantu mempertahankan kesehatan reproduksi? Studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup iodin dapat membantu mencegah kanker ovarium, kista ovarium, vaginitis, sindrom ovarium polikistik, dan bahkan kanker payudara. Memiliki kadar iodin dalam tubuh juga merupakan salah satu faktor dari kehamilan yang sehat.

7. Membantu mencegah rambut rontok

Selain melindungi kulit dan mata dari radiasi UV, kadar iodin yang cukup dapat membuat kulit dan rambut Anda menjadi lebih sehat. Hal ini terjadi karena iodin terlibat dalam peremajaan sel.Iodin juga berfungsi mencegah rambut rontok. Jika dikombinasikan dengan mineral penting lainnya, seperti zat besi, magnesium, dan zinc, iodin dapat menjadi tonik alami untuk mencegah penipisan rambut.

8. Menstabilkan suasana hati

Diketahui bahwa kadar iodin yang rendah dapat berdampak pada otak, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Penelitian baru juga mengaitkan kekurangan iodin dengan depresi dan kecemasan.Sebuah studi dalam Journal of Psychiatry and Neuroscience menemukan hubungan antara perubahan hormon perangsang tiroid dan kasus depresi dan kecemasan yang ringan. Fluktuasi hormon perangsang tiroid mengindikasikan bahwa tiroid tidak mendapatkan cukup iodin untuk melakukan tugasnya.Itulah beberapa manfaat iodin bagi tubuh. Oleh karena itu, mulai sekarang penuhi kebutuhan iodin untuk menikmati berbagai manfaat tersebut. Konsumsi makanan yang mengandung iodin untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.
makanan sehatnutrisi
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/288471#potential-health-risks
Diakses pada 28 Mei 2020
Organixx. https://organixx.com/iodine-benefits/
Diakses pada 28 Mei 2020
Webmd. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-35/iodine
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait