Mengenal Manfaat Ikan Nila, Baik untuk Diet Maupun Cegah Penuaan Dini

Manfaat ikan nila untuk kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisinya
Baik untuk makanan diet, salah satu manfaat ikan nila yang salah jika dilewatkan

Sering dijumpai di berbagai rumah makan dan mudah diolah sendiri, membuat ikan nila sering dijadikan makanan favorit banyak orang. Selain lezat, rupanya ada manfaat ikan nila yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi ikan air tawar ini.

Ada banyak jenis ikan nila, termasuk ikan nila hitam dan ikan nila merah. Apapun jenisnya, ikan yang satu ini tetaplah merupakan sumber protein serta asam folat yang baik untuk tubuh. Sudah siap menikmati manfaat ikan nila?

Menilik kandungan gizi ikan nila

Ada berbagai manfaat ikan nila. Manfaat-manfaat tersebut, tentunya bersumber dari nutrisi yang dikandungnya. Dalam 100 gram ikan nila, terkandung sekitar 26 gram protein dan hanya 128 kalori.

Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebab, ikan nila rupanya juga kaya akan niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Berikut ini kadar lengkap vitamin dan mineral yang terkandung dalam sekitar 100 gram ikan nila.

  • Kalori: 128
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Protein: 26 gram
  • Lemak : 3 gram
  • Vitamin B3: 24% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin B12: 31% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Fosfor : 20% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Selenium: 78% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Kalium: 20% dari rekomendasi konsumsi harian

Manfaat ikan nila untuk kesehatan tubuh

Dari berbagai mineral, vitamin, serta nutrisi yang dikandung di atas, manfaat ikan nila seperti di bawah ini, bisa Anda dapatkan:

1. Mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh

Kandungan asam lemak yang ada pada ikan nila memang tidak sebanyak ikan laut, seperti salmon. Namun, jumlah asam lemak omega 3 pada ikan nila tetap lebih tinggi dibandingkan dengan hewan lain seperti ayam dan daging sapi. Ikan nila juga mengandung asam lemak omega 6, yang tidak dapat diproduksi secara alami di tubuh.

Asam lemak, akan membantu tubuh untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu, komponen ini juga akan membuat otot lebih peka untuk merespons hormon insulin. Hal ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap para penderita diabetes.

2. Sumber protein yang sehat

Kandungan protein yang cukup tinggi pada ikan nila, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga berperan dalam berbagai fungsi penting di tubuh. Beberapa di antaranya adalah membantu penyembuhan jaringan yang rusak, berperan dalam pencernaan, serta menyeimbangkan kadar hormon di tubuh.

3. Baik untuk tulang

Ikan nila juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Selain untuk kesehatan tulang, kalsium juga penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk otot jantung.

4. Baik untuk Anda yang sedang diet

Tinggi kandungan protein, tapi rendah lemak dan kalori. Rumus makanan sehat untuk menurunkan berat badan tersebut, sudah dipenuhi oleh ikan air tawar yang satu ini. Hal ini membuatnya baik untuk orang yang sedang diet.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat ikan nila yang satu ini didapatkan dari kandungan selenium yang ada di dalamnya. Selenium adalah salah satu jenis antioksidan, yang dipercaya dapat menstimulasi vitamin E dan C, dua vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

Sebagai antioksidan, selenium dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas berlebih. Sehingga, tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput, kendur, dan bercak-bercak hitam di wajah juga dapat dihindari.

6. Menyehatkan otak

Asam lemak yang ada di ikan nila, juga dinilai dapat meningkatkan fungsi otak serat saraf. Selain itu, kalium yang dikandungnya pun dapat meningkatkan proses oksigenasi ke otak, yang penting untuk menjaga fungsi otak.

7. Bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Tingginya kandungan protein hewani dalam ikan nila, membuatnya bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi di tubuh. Sebab, protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan organ, membran, sel, dan otot.

8. Membantu cegah kanker

Selenium kembali menambah manfaat ikan nila untuk kesehatan. Sebagai antioksidan, komponen ini dapat membantu mencegah kerusakan sel yang bisa memicu kanker. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat yang satu ini.

Melihat berbagai manfaat ikan nila di atas, jangan ragu lagi untuk memasukkan ikan ini ke dalam menu harian. Pastikan untuk memilih ikan segar dan tidak terkontaminasi kotoran apapun.

Apabila ingin menyimpannya di kulkas, pastikan untuk menyimpan ikan nila dalam wadah tertutup agar tidak mengontaminasi bahan makanan lain seperti sayuran dan buah yang ada di sekitarnya. Agar manfaat ikan nila yang didapatkan bisa maksimal, olah ikan ini dengan cara yang sehat, seperti mengukus atau memanggangnya.

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-tilapia#1
Diakses pada 30 Desember 2019

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/tilapia.html
Diakses pada 30 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tilapia-fish
Diakses pada 30 Desember 2019

Artikel Terkait