Mengenal Manfaat Daun Sirsak untuk Darah Tinggi


Manfaat daun sirsak untuk darah tinggi didapatkan dari kandungan kalium dan antioksidan yang ada di dalamnya. Selain daun sirsak, beberapa jenis daun lain juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

(0)
15 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun sirsak untuk darah tinggi ternyata ampuhManfaat daun sirsak untuk darah tinggi ternyata nyata adanya
Tak hanya buahnya, daun sirsak juga dipercaya bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi. Daun ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh yang didapatkan dari air rebusannya.

Manfaat daun sirsak untuk darah tinggi

Manfaat daun sirsak untuk menurunkan darah tinggi terbukti secara ilmiah
Manfaat daun sirsak untuk menurunkan darah tinggi terbukti secara ilmiah
Saat ini, penggunaan daun sirsak sebagai obat herbal hipertensi atau darah tinggi cukup banyak dilakukan. Secara tradisional, daun ini memang dianggap ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Lantas, bagaimana pembuktiannya dari sisi ilmiah?Kabar baiknya, manfaat daun sirsak yang satu ini ternyata juga tepat secara ilmiah. Sebuah jurnal mempublikasikan penelitian tentang pengaruh teh daun sirsak terhadap penurunan tekanan darah. Hasilnya mengungkapkan bahwa kandungan kalium yang ada di dalamnya lah yang paling berperan.Pasalnya, mineral tersebut bisa membuat jantung lebih rileks dan mengurangi frekuensi denyut jantung sehingga menjadi lebih lambat. Hal ini akan membuat tekanan darah menurun.Jurnal lain yang juga membahas manfaat daun sirsak sebagai obat herbal untuk menurunkan darah tinggi, mengungapkan bahwa kandungan antiokisdan yang ada di dalam daun ini juga berperan baik untuk hipertensi.Sebab, antioksidan tersebut akan membantu menghalau paparan radikal bebas berlebih serta melenturkan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga tensi bisa turun.

Efek samping mengonsumsi daun sirsak

Air rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak secara umum aman digunakan. Namun, beberapa kandungan yang ada di dalamnya bisa menimbulkan interaksi dengan obat tertentu apabila dikonsumsi secara bersamaan.Interaksi obat terjadi saat salah satu bahan dari sesuatu yang kita konsumsi, bisa menurunkan efektivitas suatu obat, meningkatkan risiko efek samping, atau bahkan meningkatkan efektivitas hingga berbahaya bagi kesehatan.Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi teh daun sirsak apabila sedang rutin mengonsumsi obat-obatan di bawah ini.Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi teh daun sirsak apabila akan menjalani pemeriksaan radiologi menggunakan radiasi nuklir. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak air rebusan daun sirsak juga berisiko memicu terjadinya kerusakan hati, ginjal, dan bahkan sistem gerak dan saraf.Apabila Anda ingin menggunakan daun sirsak sebagai pengobatan alternatif untuk meredakan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter.Baca Juga: Mengenal Efek Samping Daun Sirsak dan Cara untuk Menghindarinya

Jenis daun lain yang bisa digunakan untuk menurunkan darah tinggi

Daun salam bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Daun salam juga bisa menjadi obat hipertensi alami
Selain daun sirsak, ada beberapa jenis dedaunan lain yang juga dianggap efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, seperti:

1. Daun salam

Air rebusan daun salam juga dipercaya efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, rempah ini mengandung antioksidan flavonoid yang terbukti mampu membantu mengurangi tekanan darah.

2. Daun basil

Daun basil, yang memiliki nama latin Ocimum Basilicum, sudah sejak lama terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk sebagai obat herbal hipertensi.Daun ini mengandung eugenol, yang secara medis sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Komponen ini bekerja dengan cara mencegah penumpukan kalsium di jantung, sehingga pembuluh darah jantung bisa tetap rileks dan aliran darah tetap lancar.

3. Daun peterseli

Daun peterseli yang sering dihindangkan sebagai campuran sup, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini didapatkan dari berbagai kandungan menyehatkan yang ada di dalamnya, seperti vitamin C dan karotenoid.Keduanya merupakan komponen yang telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah tinggi.Tidak hanya menurunkan tekanan darah, karotenoid yang ada di dalam daun peterseli juga sekaligus dapat mengurangi kadar LDL alias kolesterol jahat di tubuh maupun risiko erkena penyakit jantung.Meski manfaat daun sirsak maupun daun-daunan lain untuk darah tinggi benar adanya. Namun Anda diharapkan untuk tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Hingga saat ini, penelitian masih terus dilakukan, sehingga risiko munculnya efek samping masih tetap ada. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar obat herbal hipertensi maupun hal lain yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatherbalbuah dan sayurantanaman obat
Jurnal Universitas Maranatha. http://repository.maranatha.edu/12240/9/1010133_Journal.pdf
Diakses pada 2 Desember 2020
Jurnal Kedokteran Universitas Lampung. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/download/1012/1734
Diakses pada 2 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/herbs-to-lower-blood-pressure
Diakses pada 2 Desember 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737
Diakses pada 2 Desember 2020
Jurnal Kedokteran Universitas Lampung. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/download/1535/1493
Diakses pada 2 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait