Mengenal Manfaat ASMR, Bukan Sekedar Siaran Suara yang Mengganggu

ASMR adalah akronim dari autonomous sensory meridian response
Suara alat make up yang didekatkan pada mikrofon dapat digolongkan sebagai ASMR

ASMR belakangan menjadi tren di kalangan para Youtuber maupun pengguna media sosial lainnya. ASMR adalah akronim dari autonomous sensory meridian response alias munculnya sensasi menggelitik di area tubuh tertentu (biasanya di kulit kepala, leher, atau punggung) akibat adanya stimulus visual maupun auditori.

Saat ini, jutaan video ASMR terpampang di media sosial seperti Youtube atau Reddit saja. Bahkan, ada Youtuber yang khusus mengunggah video-video dirinya tengah melakukan kegiatan ASMR dengan jutaan penonton setia.

Stimuli yang biasanya ada pada video ASMR sangat beragam, mulai dari suara berbisik, suara orang meremas kertas, hingga menuang air ke dalam panci/ Video-video ASMR menjadi populer karena banyak orang merasa menjadi lebih rileks setelah menyaksikan atau mendengar video tersebut.

Apa saja yang termasuk ASMR?

Jika Anda berselancar di dunia maya dan memasukkan kata kunci ‘ASMR’, maka akan ada banyak video dengan berbagai genre ASMR. Namun, beberapa jenis video populer yang mengandung ASMR adalah video dengan gerakan yang bertujuan merangsang sensasi tertentu, seperti:

  • Berbisik
  • Berbicara dengan suara lembut
  • Menepuk meja
  • Menggaruk
  • Gerakan tangan yang sangat lambat
  • Video dengan teknik zooming yang dekat sehingga terasa sangat personal.

Dari prinsip dasar tersebut, seseorang dapat membuat berbagai video ASMR, misalnya simulasi dari beberapa tindakan medis tertentu, memotong rambut, memijat tubuh, hingga tutorial melipat handuk. Anda pun mungkin tidak asing dengan video ASMR dalam bentuk mengonsumsi makanan tertentu dengan suara menyeruput, mengecap, atau mengunyah yang keras.

Kini, jutaan orang mengklaim dirinya merupakan penggemar berat video-video ASMR ini. Saking banyaknya orang yang menonton video ASMR, mereka sampai menamakan diri sebagai ASMRtist.

Manfaat ASMR dilihat dari segi ilmu pengetahuan

ASMR adalah fenomena dunia maya yang baru terjadi sekitar tahun 2000-an sehingga belum terlalu banyak penelitian yang dapat menjelaskan tren yang menghebohkan ini. Meski demikian, terdapat beberapa penelitian yang menjelaskan manfaat ASMR, yaitu:

  • Membuat tubuh lebih rileks

Penelitian yang dilakukan oleh Swansea University pada 2015 lalu menunjukkan bahwa salah satu manfaat ASMR adalah memperbaiki suasana hati bagi orang yang menonton atau mendengarkannya. Pada beberapa orang, perbaikan mood ini akan membuat tubuh mereka terasa lebih rileks dan jauh dari stres.

Klaim ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh dua perguruan tinggi di Kanada, yakni Ryerson University di Toronto dan University of Winnipeg. Keduanya sepakat bahwa video ASMR dapat membuat penikmatnya mencapai relaksasi seperti halnya ketika mendengarkan musik.

Hanya saja, efek video ASMR bisa bertahan lebih lama ketimbang efek getaran yang ditimbulkan musik ini. Meskipun demikian, para peneliti tersebut menyatakan masih perlu mengkaji lebih lanjut mengenai cara kerja video ASMR hingga bisa menimbulkan efek seperti ini.

  • Mengatasi insomnia

Beberapa ahli psikologi berpendapat efek ASMR adalah mirip dengan meditasi, salah satunya membuat ASMRtists menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah untuk tertidur. Para penikmat video ASMR bahkan mengklaim mereka kini lebih mudah terlelap sehingga banyak orang menyatakan ASMR cocok dikonsumsi oleh mereka yang menderita insomnia.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mendengarkan ASMR lewat siaran podcast maupun video yang diunggah secara online. Siaran ASMR ini biasanya dilakukan dengan berbisik perlahan, menggosokkan dua benda dengan lembut, menyisir rambut, maupun kegiatan yang bertujuan untuk relaksasi lainnya.

Penelitian lain yang dilakukan Sheffield University di Inggris menunjukkan bahwa orang yang senang mendengarkan dan melihat video ASMR dapat mengatasi insomnianya. Hal ini dikarenakan video ASMR memiliki manfaat terapeutik dengan mengurangi detak jantung dan merangsang munculnya perasaan positif dalam diri seseorang.

Kondisi kejiwaan seperti itu akan membuat orang yang merasa rileks dan tidak stres sehingga lebih mudah untuk tertidur. Dalam jangka panjang, penurunan detak jantung ini bahkan dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular, meski klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Yang jelas, kedua manfaat video ASMR di atas dapat dijadikan sebagai pijakan bagi peneliti lain untuk menemukan efek video ASMR lainnya. Bukan tidak mungkin di masa mendatang, video ASMR bahkan bisa digunakan untuk terapi masalah mental tertentu.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/basics/asmr
Diakses pada 25 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322241
Diakses pada 25 Maret 2020

Jurnal PLOS. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0196645
Diakses pada 25 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/what-are-amsr-head-orgasms
Diakses pada 25 Maret 2020

Artikel Terkait