Mengenal Lokio, Bawang Kecil yang Bermanfaat untuk Kesehatan

(0)
13 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kelezatan bawang lokio pasti sudah familiar di lidah pencinta lumpia.Bawang lokio sering dijadikan makanan pendamping lumpia.
Para pencinta lumpia pasti sudah tidak asing lagi dengan lokio. Lokio adalah bawang berukuran kecil dari genus Allium yang berkerabat dekat dengan bawang putih, bawang bombay, maupun daun bawang.Selain digunakan sebagai bumbu masak dan makanan pendamping, tahukah Anda kalau ternyata lokio menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan?

Beragam manfaat bawang lokio untuk kesehatan

Lokio mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan kualitas tidur. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa bawang ini memiliki senyawa kimia yang dapat mencegah kanker.Sebelum menyantapnya dengan makanan favorit Anda, mari kenali berbagai manfaat bawang lokio untuk kesehatan.

1. Kandungan nutrisinya melimpah

Meskipun ukurannya kecil, ada banyak kandungan nutrisi di dalam bawang lokio. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, berikut adalah kandungan nutrisi yang terkandung di dalam satu sendok makan bawang lokio:
  • Kalori: 0,9
  • Vitamin K: 6,38 mikrogram atau 5 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Vitamin C: 1,74 miligram atau 2 persen AKG harian
  • Folat: 3,15 mikrogram atau 1 persen AKG harian
  • Kalsium: 2,76 miligram atau kurang dari 1 persen AKG harian
  • Kalium: 8,88 miligram atau kurang dari 1 persen AKG harian.
Berbagai kandungan nutrisi ini menjadikan bawang lokio sebagai salah satu jenis bawang yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Menyehatkan jantung

Salah satu senyawa organik terpenting yang dikandung oleh bawang lokio adalah allicin. Senyawa ini sering kali dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh sehingga kesehatan jantung dapat terjaga.Allicin juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Saat dikombinasikan dengan kalium, senyawa ini dinilai ampuh dalam meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskuler.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bawang lokio mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini dapat meningkatkan kekuatan sistem imun dalam memproduksi sel darah putih dan kolagen.Keduanya sangat penting untuk pembentukan pembuluh darah baru, sel, jaringan tubuh, dan otot. Faktor inilah yang membuat bawang lokio dipercaya dapat meningkatkan sistem imun.

4. Meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati

Bawang lokio mengandung kolin yang sangat penting untuk menjaga struktur membran sel dan dipercaya ampuh meningkatkan suasana hati, daya ingat, kontrol otot, serta fungsi sistem saraf.Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), pria dewasa disarankan untuk mengonsumsi kolin sebanyak 550 miligram per hari. Sedangkan, wanita dewasa disarankan untuk memenuhi 425 miligram kebutuhan kolinnya per hari.Namun, bawang lokio hanya mengandung sedikit kolin (0,16 miligram per satu sendok makan). Untuk mendapatkan manfaatnya ini, Anda dapat mengombinasikan lokio dengan makanan lainnya yang mengandung kolin.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin K adalah salah satu nutrisi yang dikandung bawang lokio. Vitamin ini berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Seiring bertambahnya usia, kandungan mineral di dalam tulang akan menurun sehingga membuat Anda semakin rentan terhadap penyakit osteoporosis.Dengan mengonsumsi vitamin K di dalam bawang lokio, produksi osteocalcin di dalam tubuh akan meningkat sehingga kadar mineral di dalam tulang akan terjaga.

6. Mencegah kanker

Kandungan bawang lokio dipercaya dapat mencegah kanker
Kandungan lokio dipercaya bersifat antikanker
Menurut sebuah studi dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, bawang lokio mengandung dialil trisulfida, yakni senyawa yang berpotensi memiliki sifat antikanker.Selain itu, studi dari Asian Pacific Journal of Cancer Prevention juga menyatakan, risiko kanker berpotensi menurun pada masyarakat yang gemar mengonsumsi bawang dari genus Allium seperti bawang lokio.Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat bawang lokio dalam mencegah kanker.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Bawang lokio mengandung berbagai macam karoten, seperti lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata. Keduanya dipercaya dapat mencegah stres oksidatif pada sistem penglihatan dan menghambat kemunculan katarak di mata.Tidak hanya itu, kedua macam karoten ini juga dinilai bisa memperlambat atau mencegah degenerasi makula yang sering terjadi di usia lanjut.

8. Mencegah cacat lahir

Cacat lahir menjadi mimpi buruk bagi ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.Bawang lokio ternyata juga mengandung asam folat yang bisa menyehatkan perkembangan janin di dalam rahim. Selain itu, nutrisi ini juga bisa mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

9. Melancarkan sistem pencernaan

Bawang lokio digadang-gadang dapat membunuh bakteri jahat dan jamur yang ada pada sistem pencernaan manusia. Selain itu, senyawa antibakteri yang dikandung lokio dipercaya bisa membunuh 30 jenis bakteri Salmonella.Ditambah lagi, bawang lokio mengandung serat dan vitamin penting, seperti niacin, thiamin, asam pantotenat, fosfor, hingga zinc, yang bisa melancarkan sistem pencernaan.

10. Mengatasi peradangan

Meskipun belum ada penelitian yang secara spesifik membuktikan manfaat bawang lokio untuk mengatasi peradangan, sebuah studi telah membuktikan bahwa bawang putih yang berasal dari genus Allium dapat meredakan peradangan di dalam tubuh.Anda perlu berhati-hati karena peradangan sering dikaitkan dengan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung.

Peringatan sebelum mengonsumsi bawang lokio

Meskipun bawang lokio jarang menimbulkan alergi, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan ini jika punya alergi bawang. Konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi bawang lokio jika Anda memiliki alergi terhadap makanan dari genus Allium.Anda juga perlu tahu bahwa beberapa orang dapat mengalami sakit perut setelah mengonsumsi bawang lokio, terutama jika dikonsumsi berlebihan.Itulah tadi berbagai manfaat bawang lokio. Bagi Anda yang mungkin bosan dengan bawang putih atau merah, Anda bisa mencoba bawang lokio ke dalam pola makan Anda sehari-hari.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranbawang hitambawang putih
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275009
Diakses pada 30 Desember 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/chives.html
Diakses pada 30 Desember 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-chives-for-skin-hair-and-health/
Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait