Mengenal Lobak Putih, Sayur yang Bergizi dan Menyehatkan


Lobak putih bukanlah sayuran asing pada makanan Asia. Sayuran ini bisa dikonsumsi secara mentah, dibuat acar, ataupun dimasak dengan bahan-bahan tertentu.

(0)
05 Apr 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat lobak putih untuk kesehatanLobak putih umumnya berukuran cukup besar dan tebal
Pernahkah Anda makan lobak putih? Bila belum, mungkin tidak ada salahnya mencoba tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi Indonesia, seperti Pangalengan, Pacet, Cipanas, dan Bedugul, karena sayuran ini memiliki kandungan dan manfaat bagi kesehatan.Lobak putih (Raphanus sativus L) adalah sayuran akar dari keluarga Brassicaceae yang dapat dimakan. Tanaman ini memiliki akar tunggang yang membengkak, berdaging seperti umbi, dan berwarna putih bersih sehingga inilah yang dikenal sebagai lobak putih.Tanaman ini berasal dari Tiongkok sehingga tidak jarang disebut sebagai lobak Cina atau lobak oriental. Di Indonesia, lobak putih banyak dimanfaatkan sebagai lalap, dibuat acar atau asinan, maupun dimasak sebagai sayur.

Kandungan nutrisi pada lobak putih

Dalam 100 gram lobak putih, hanya terkandung 19 gram kalori sehingga aman untuk Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, terdapat juga berbagai vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, antara lain:
  • Protein 0,9 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Karbohidrat 4,2 gram
  • Kalsium 35 mg
  • Fosfor 26 mg
  • Zat besi 0,6 mg
  • Vitamin A 10 SI
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Vitamin C 32,00 mg.
Lobak putih juga mengandung air. Sedangkan untuk kandungan fitokimianya, umbi lobak juga mengandung saponin, flavonoid dan polifenol.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan

Makan makanan yang kaya nutrisi seperti lobak putih akan mendatangkan beberapa manfaat kesehatan bagi Anda, antara lain:

1. Menurunkan risiko terkena penyakit kronis

Polifenol dalam lobak putih memiliki dua jenis antioksidan spesifik, yakni asam ferulik dan quercetin. Kedua antioksidan ini terbukti secara klinis mampu menurunkan risiko Anda terkena peradangan internal dan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh.Antioksidan pada lobak putih juga dipercaya memiliki sifat antikanker. Beberapa jenis kanker yang dapat ditangkal dengan rutin makan lobak putih adalah kanker usus dan kanker paru-paru.

2. Membantu menjaga atau menurunkan berat badan

Lobak putih bukan hanya rendah kalori, namun juga rendah karbohidrat dan kaya serat. Hal ini membuat lobak putih cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang ingin menurunkan berat badan maupun ingin selalu menjaga agar berat badannya tetap ideal.Kandungan serat pada lobak putih dapat menghadirkan efek kenyang lebih lama pada perut Anda karena serat memperlambat pencernaan sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Selain itu, serat juga berfungsi menyehatkan saluran pencernaan pada umumnya, yakni mencegah terjadinya diare maupun konstipasi.

3. Menjaga kesehatan secara keseluruhan

Lobak putih merupakan sayuran yang secara keseluruhan memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi umbi-umbian ini tentu akan membantu melindungi tubuh dari infeksi berbagai mikroorganisme, seperti virus dan bakteri.Menurut ahli, makan lobak putih dipercaya dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit neurodegeneratif. Beberapa orang juga meyakini makan lobak putih dapat membuat panjang umur.Meskipun demikian, tentu klaim manfaat kesehatan pada lobak putih di atas masih harus diteliti lebih jauh. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti disebutkan di atas, sebaiknya tetap mengutamakan pengobatan medis dalam pengawasan dokter.

Mengolah lobak putih

Bagi para penggemar makanan Asia, khususnya makanan Korea maupun Jepang, lobak putih bukanlah sayuran yang asing. Lobak putih bisa diolah dengan cara dimasak, dijadikan acar, maupun dimakan mentah.Berikut beberapa jenis makanan yang biasanya menggunakan lobak putih:
  • Lobak putih bisa diparut, lalu disajikan dalam bentuk salad yang memiliki tekstur renyah
  • Lobak putih goreng
  • Kimchi dari lobak (Kkakdugi)
  • Dimasak seperti sup sebagai pengganti wortel
  • Lobak putih kukus yang bisa ditambahkan minyak zaitun, sedikit garam, atau lada untuk menu diet
  • Mie lobak putih, dan lain-lain.
Anda bisa mengolah lobak putih sesuai selera. Anda pun bisa menambahkan lobak putih sebagai bahan isian spring roll untuk menambahkan tekstur renyah pada makanan tersebut.

Efek samping lobak putih

Lobak putih umumnya aman untuk dikonsumsi kebanyakan orang dalam jumlah sedang. Mengonsumsi lobak putih dalam jumlah besar dapat mengiritasi saluran pencernaan. Beberapa orang mungkin alergi terhadap lobak putih, namun hal ini jarang terjadi. Berikut adalah beberapa kondisi yang perlu membatasi konsumsi lobak putih:
  • Masa kehamilan dan menyusui

Apabila Anda sedang menjalani masa kehamilan dan menyusui, sebaiknya hindari mengonsumsi lobak lebih dari jumlah yang ditemukan dalam makanan.
  • Diabetes

Mengonsumsi lobak putih dalam jumlah besar dapat menurunkan gula darah Anda. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan terus pantau kadar gula darah Anda dengan seksama jika Anda menderita diabetes.
  • Batu empedu

Konsumsi lobak dengan hati-hati jika Anda memiliki batu empedu. Lobak putih dapat meningkatkan aliran empedu. Pada orang dengan batu empedu, efek ini dapat meningkatkan risiko nyeri mendadak karena batu empedu menghalangi saluran empedu.
  • Pembedahan

Mengonsumsi lobak dalam jumlah besar dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini akan mengganggu kadar gula yang dibutuhkan selama dan setelah operasi. Hentikan konsumsi lobak putih setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.
buah dan sayuran
Unila. http://digilib.unila.ac.id/1049/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 22 Maret 2020
Undip. http://eprints.undip.ac.id/55001/3/Bab_II.pdf
Diakses pada 22 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/daikon-radish
Diakses pada 22 Maret 2020
Web MD https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-502/radish
Diakses 18 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait