Mengenal Lesung Bokong, Lekukan Kecil yang Biasanya Muncul Sejak Lahir


Lesung bokong adalah lekukan yang terjadi tepat di atas garis bokong. Biasanya lesung bokong ditemukan pada bayi baru lahir dan akan hilang di kemudian hari.

0,0
25 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lesung bokong adalah lekukan yang terjadi tepat di atas garis bokongLesung bokong atau lesung pinggang dapat hilang dengan sendirinya
Lesung bokong atau lesung pinggang adalah lekukan yang terjadi tepat di atas lekukan bokong. Lesung ini terbentuk dari hasil ligamen atau jaringan yang menempel di kulit panggul. Lesung ini berbentuk kecil berada di punggung bawah. Biasanya ada pada bayi baru lahir dan pada dasarnya, lesung bokong tidak menunjukkan masalah kesehatan atai tidak membahayakan. Kasus ini terjadi pada 2-4 persen kelahiran bayi.

Apa itu lesung bokong?

Lesung bokong adalah lekukan kecil yang terdapat di sumsum tulang belakang, di bagian bawah punggung dan dikenal juga sebagai sakrum. Kondisi ini merupakan bawaan dari lahir. Lesung bokong umum terjadi pada bayi baru lahir yang sehat dan bukan menunjukkan gejala gangguan kesehatan apa pun, meskipun penyebabnya belum diketahui.Dalam banyak kasus, lesung bokong hanyalah tanda-tanda kelainan kecil saat bayi tumbuh dalam rahim. Atau dalam kasus yang jarang terjadi, lesung ini bisa juga menunjukkan kelainan tulang belakang yang lebih serius.Lesung bokong juga bisa muncul di kemudian hari lalu hilang kembali. Namun hal ini bukanlah masalah.

Lesung bokong dan mitos kesuburan

Banyak yang percaya bahwa lesung bokong dapat meningkatkan kesuburan, kecantikan, dan keberuntungan. Sepanjang sejarah, bahkan hingga sekarang, orang yang memiliki lesung pipi dipuji karena lebih cantik, sama halnya dengan lesung bokong.Beberapa orang juga mengatakan bahwa wanita yang memiliki lesung bokong dapat lebih mudah orgasme karena lekukan kecil itu adalah tanda sirkulasi yang baik di daerah panggul. Bahkan ada yang mengklaim, orgasme wanita dapat terjadi hanya dengan meminta pasangannya menekan lesung bokongnya.Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan klaim ini. Lesung bokong hanya disebabkan oleh ligamen yang menempel di kulit dan tak ada hubungannya sama sekali dengan sirkulasi darah di daerah tersebut.Sayangnya, Anda tidak bisa mendapat lesung bokong dengan disengaja. Tidak ada otot yang bisa ditumbuhkan atau diubah untuk menumbuhkan lesung, bahkan dengan olahraga. Namun jika Anda memilikinya dan ingin lebih mudah terlihat, Anda dapat melakukan gerakan olahraga untuk melatih kekuatan di daerah punggung bawah.

Apa penyebab lesung bokong?

Lesung bokong sering dikaitkan dengan kondisi medis tertentu seperti: 
  • Spina bifida occulta, yang merupakan bentuk spina bifida yang sangat ringan. Pada kasus ini tulang belakang tidak menutup sepenuhnya, tetapi sumsum tulang belakang masih tetap berada di dalam kanal. Biasanya kondisi ini tidak menimbulkan gejala apa pun.
  • Tethered cord syndrome, yaitu ketika jaringan menempelkan sumsum tulang belakang ke kanal tulang belakang. Hal ini membuat sumsum tulang belakang tidak menggantung dengan bebas dan membatasi gerakan. Sindrom tethered cord dapat menyebabkan kelemahan kaki dan mati rasa, serta inkontinensia urine maupun tinja.
Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, diyakini lesung bokong terjadi ketika rambut tumbuh masuk ke kulit.Selain gangguan di atas, beberapa faktor risiko adanya lesung bokong di antaranya:
  • Obesitas
  • Usia antara 15 dan 40 tahun
  • Memiliki jumlah rambut tubuh di atas rata-rata
  • Memiliki rambut tubuh yang keriting
  • Pernah cedera di daerah punggung bawah maupun bokong
  • Riwayat keluarga yang juga memiliki lesung bokong
  • Memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk dalam waktu yang lama, misalnya mengemudi

Kapan harus ke dokter?

Sebuah lekukan akan muncul sebagai lesung kecil atau lubang di punggung bawah. Biasanya lubangnya dangkal dan mudah terlihat. Namun, pada beberapa kasus, lubang kecil ini dapat menandakan cacat lebih lanjut dan perlu pemeriksaan ultrasound. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter apabila lesung bokong diikuti dengan tanda-tanda lainnya, seperti:
  • Pembengkakan di daerah punggung
  • Adanya skin tag atau daging tumbuh di permukaan kulit yang ukurannya kecil
  • Adanya tanda lahir di dekat lekukan
  • Sejumput rambut di dekat lesung
  • Benjolan lemak
  • Lesung lebih besar atau lebih dalam dari 5mm
  • Perubahan warna
  • Nyeri tekan

Lesung bokong dan lesung pinggang, apa bedanya?

Lesung pinggang ada di dua sisi punggung bawah, sedangkan lesung bokong biasanya hanya memiliki satu lekukan saja, tepatnya di atas lipatan bokong. Kedua lesung ini biasanya sudah ada sejak lahir dan tidak berbahaya. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang lesung bokong, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
cacat lahirspina bifidacacat bawaananatomi manusia
Healthline. https://www.healthline.com/health/back-dimples#summary
Diakses pada 11 Agustus 2021.
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sacral-dimple/symptoms-causes/syc-20377353
Diakses pada 11 Agustus 2021.
Cleve Land Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17780-sacral-dimple
Diakses pada 11 Agustus 2021.
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319177#complications
Diakses pada 11 Agustus 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-are-sacral-and-back-dimples
Diakses pada 11 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait