Mengenal Kondroitin dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Kondroitin adalah zat yang secara alami terdapat pada jaringan ikat manusia dan hewan. Kondroitin bermanfaat sebagai pengobatan untuk osteoarthritis.

0,0
08 Jul 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kondroitin adalah senyawa alami yang ditemukan pada tulang rawan manusiaSuplemen kondroitin biasanya diformulasikan bersama glukosamin sulfat untuk radang sendi
Anda mungkin sering mendengar mengenai suplemen glukosamin dan kondroitin untuk kesehatan sendi. Kondroitin adalah zat yang secara alami terdapat pada jaringan ikat manusia dan hewan. Sebagai tambahan suplemen, kondroitin digunakan sebagai pengobatan untuk osteoarthritis.

Apa itu kondroitin?

Kondroitin adalah senyawa alami yang ditemukan pada tulang rawan sendi manusia. Suplemen kondroitin yang dipasarkan sering diformulasikan bersama glukosamin sulfat, yaitu senyawa yang juga ditemukan dalam cairan sendi. Diharapkan kedua zat ini dapat memperlambat atau bahkan mencegah hilangnya cairan di tulang rawan.Tulang rawan yang sehat bertekstur kenyal dan licin. Fungsinya untuk mengurangi guncangan pada persendian. Sendi yang licin juga bertujuan untuk memudahkan Anda saat menggerakan tulang. 

Apa saja manfaat kondroitin?

Suplemen kondroitin dimaksudkan untuk meningkatkan cairan sendi untuk mencegah guncangan pada tulang rawan dan memblokir enzim yang memecah tulang rawan.Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas kondroitin.Seperti di tahun 2004, uji coba dilakukan oleh National Center for Complementary and Integrative Health yang bertujuan untuk mengevaluasi manfaat kondroitin sulfat dan atau glukosamin sulfat. Dari hasil penelitian setelah dua tahun, orang yang menggunakan kondroitin tidak lebih baik dengan orang yang mendapatkan plasebo.Bukti bahwa kondroitin membantu osteoarthritis masih beragam. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kondroitin efektif untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas sendi, dan mengurangi kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit.

Dosis kondroitin

Tidak ada dosis kondroitin yang ditetapkan untuk osteoarthritis, tapi produsen cenderung merekomendasikan 400-1200 mg setiap hari. Efek kondroitin tidak akan secara langsung bisa dirasakan.Anda mungkin perlu mengonsumsi suplemen selama 4-6 minggu sebelum melihat adanya perbaikan. Jika tidak ada perubahan gejala, kemungkinan suplemen ini tidak bermanfaat bagi Anda. Bicarakan dengan dokter tentang cara lain mengelola radang sendi Anda.

Dari mana sumber kondroitin alami?

Kondroitin dimiliki secara alami pada jaringan ikat hewan. Tulang rawan hewan adalah salah satu jaringan ikat yang mengandung kondroitin dengan jumlah tinggi. Namun, sumber-sumber ini jauh lebih rendah daripada dosis pada suplemen kondroitin. Beberapa suplemen kondroitin berasal dari sumber hewani, seperti tulang rawan ikan hiu atau daging sapi.

Efek samping kondroitin

Beberapa efek samping kondroitin yaitu sakit kepala, perubahan suasana hati, ruam, gatal-gatal, diare, dan gejala lainnya. Jika Anda mengalami efek samping setelah mengonsumsi kondroitin, segera hentikan pengobatan dan temui dokter.Selain itu, orang yang menderita asma dan kanker prostat sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen kondroitin tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ada beberapa contoh hipersensitivitas pada orang dengan alergi kerang. Hal ini terjadi karena kondroitin bekerja sebagai pengencer darah. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengalami pengobatan lainnya karena suplemen kondroitin dapat berinteraksi dengan obat-obatan, seperti pengencer darah, penghilang rasa sakit NSAID, atau suplemen seperti ginkgo biloba, bawang putih, dan saw palmetto.Kondroitin berasal dari hewani, jadi ada beberapa kekhawatiran tentang kontaminasi. Pastikan Anda memilih produk kondroitin dari perusahaan produsen terkemuka yang telah lolos uji BPOM. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang kondroitin, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
nyeri sendiradang sendiosteoarthritis
WebMD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-chondroitin
Diakses pada 22 Juni 2021.
Very well Health. https://www.verywellhealth.com/chondroitin-information-189549
Diakses pada 22 Juni 2021.
MedlinePlus. https://medlineplus.gov/druginfo/natural/744.html
Diakses pada 22 Juni 2021.
Health Navigator. https://www.healthnavigator.org.nz/medicines/c/chondroitin/
Diakses pada 22 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait