logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Mengenal Kognisi dan Tips Memelihara Fungsi Kognitif Otak

open-summary

Kognisi adalah istilah yang merujuk pada proses mental dalam menyerap ilmu pengetahuan serta pemahaman terhadap ilmu tersebut. Kognisi memengaruhi banyak aspek dalam hidup, seperti dalam mempelajari hal baru dan membuat keputusan.


close-summary

5

(3)

15 Okt 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Kognisi adalah proses mental yang membuat kita bisa menyerap informasi dan ilmu pengetahuan

Memori merupakan proses kognitif yang memungkinkan kita untuk mengolah, menyimpan, dan menerima informasi

Table of Content

  • Apa itu kognisi?
  • Jenis-jenis proses kognitif dalam kognisi
  • Penggunaan kognisi dalam kehidupan manusia
  • Tips memelihara kognisi dan fungsi kognitif otak
  • Catatan dari SehatQ

Dunia dipenuhi dengan peristiwa – baik peristiwa di dekat kita maupun peristiwa besar di belahan dunia lain. Entah memahami kejadian buruk yang Anda alami, artikel SehatQ yang Anda baca, hingga pengalaman berinteraksi dengan pasangan, otak melakukan proses kompleks yang disebut dengan kognisi. Istilah kognisi pun sering disebut dalam banyak kesempatan. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kognisi?

Advertisement

Apa itu kognisi?

Kognisi adalah istilah yang merujuk pada proses mental dalam menyerap ilmu pengetahuan dan informasi serta pemahaman terhadap ilmu tersebut. Kognisi melibatkan proses berpikir, mengenal, mengingat, menghakimi, dan menyelesaikan masalah. 

Proses-proses dalam kognisi di atas merupakan fungsi otak yang berada dalam level tinggi. Proses di atas juga mencakup elemen penting lain seperti bahasa, imajinasi, persepsi, dan perancangan suatu rencana dalam kehidupan sehari-hari. 

Kognisi pun berperan penting dalam eksistensi manusia dalam kehidupan. Misalnya, saja dalam mengingat suatu informasi, memahami pengalaman yang dialami, serta dalam pembuatan keputusan.

Kognisi dipelajari dalam cabang psikologi yang disebut psikologi kognitif. Psikologi kognitif memiliki fokus pada investigasi cara manusia berpikir dan proses yang terlibat dalam kognisi. 

Jenis-jenis proses kognitif dalam kognisi

Proses dalam kognisi terdiri atas beberapa jenis, termasuk:

1. Perhatian

Sesuai makna awamnya, perhatian merupakan proses kognitif yang memungkinkan seseorang untuk fokus pada suatu hal dalam kehidupannya.

2. Bahasa

Bahasa dan perkembangan berbahasa merupakan proses kognitif yang melibatkan kemampuan seseorang untuk memahami dan mengekspresikan pikiran secara lisan dan tulisan. Dengan adanya kemampuan berbahasa, Anda bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. 

3. Bernalar

Bernalar merupakan kognisi yang memungkinkan Anda untuk mempelajari hal-hal baru, memproses informasi yang diterima, serta mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah dimiliki.

4. Memori

Seperti yang mungkin Anda tahu, memori merupakan proses kognitif yang memungkinkan kita untuk mengolah, menyimpan, dan menerima informasi. Dengan adanya memori atau ingatan, manusia bisa mengingat hal-hal di masa lalunya serta momentum yang terjadi dalam dunianya. 

5. Persepsi

Persepsi merupakan proses kognisi yang memungkinkan seseorang untuk mengenal dan menafsirkan informasi menggunakan daya inderanya. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk merespons dan berinteraksi dalam lingkungan dan dunianya.

6. Berpikir

Berpikir merupakan bagian penting dari setiap proses kognitif. Proses ini melibatkan pengambilan keputusan, pemecahan masalah, hingga penalaran yang lebih tinggi.

Penggunaan kognisi dalam kehidupan manusia

Kognisi memengaruhi banyak aspek dalam hidup – dari hubungan asmara, hubungan profesional, hingga hubungan bermasyarakat. Berikut ini penggunaan utama kognisi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mempelajari hal-hal baru

Kognisi berfungsi untuk mempelajari hal baru
Tanpa kognisi, kita tak dapat mempelajari hal baru

Belajar dan bernalar merupakan proses yang membuat kita bisa memahami suatu informasi dan ilmu pengetahuan baru. Proses pembelajaran juga membentuk memori baru dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah ada. Tanpa kognisi, kita tentu tak bisa mempelajari hal-hal yang selama ini kita senangi dalam hidup.

2. Membentuk memori

Mengingat hal dan peristiwa adalah berkah yang dimiliki manusia akibat adanya proses kognitif. Cara kita mengingat, hal yang kita ingat, serta hal yang kita lupakan berkaitan erat dengan proses kognitif yang terjadi di dalam otak.

3. Membuat keputusan

Hidup dipenuhi dengan pengambilan keputusan-keputusan. Pengambilan keputusan tersebut melibatkan adanya penilaian yang kita berikan atas tiap-tiap pilihan keputusan yang ingin diambil.

Dalam pemberian nilai atas opsi-opsi keputusan tersebut, kita mampu membandingkan informasi, mengintegrasikan informasi, atau mendapatkan pemahaman baru sebelum membuat keputusan.

Tips memelihara kognisi dan fungsi kognitif otak

Memelihara kognisi otak dengan bermain puzzle
Memberi tantangan pada otak dengan bermain puzzle dana memelihara kognisi

Kognisi dan fungsi kognitif otak dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk genetik dan pengalaman di masa lalu. Tips berikut ini juga bisa diterapkan untuk memelihara kognisi dan fungsi kognitif otak:

  • Menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk memberi nutrisi pada otak dan berolahraga teratur
  • Berpikir kritis dengan senantiasa mempertanyakan asumsi yang muncul dari dalam diri serta ide dan gagasan yang dimiliki
  • Tidak berhenti mempelajari hal baru untuk terus memberikan “tantangan” pada otak
  • Berhenti multitasking. Bukannya bermanfaat, multitasking sebenarnya menurunkan produktivitas dan mengurangi kualitas hasil pekerjaan.

Baca Juga

  • Rekomendasi Peralatan Tenis Meja yang Penting untuk Pemula
  • Alasan Kenapa Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain
  • Mekanisme Sistem Imun (Daya Tahan Tubuh) dan Cara Meningkatkannya selama Pandemi

Catatan dari SehatQ

Kognisi adalah proses mental yang membuat kita bisa menyerap informasi dan ilmu pengetahuan. Kognisi pun memengaruhi banyak aspek dalam hidup, termasuk mempelajari hal baru dan mengambil keputusan.

Untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait kesehatan otak, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh di Appstore dan Playstore yang senantiasa setia mengiringi hidup sehat Anda.

Advertisement

kesehatan otakberpikir positifpola hidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved