Mengenal Kepribadian Koleris yang Tegas dan Cerdas


Ciri kepribadian koleris adalah ketegasan, kecerdasan, dan logika. Para pemilik kepribadian ini cocok menjadi pemimpin karena selalu fokus terhadap tujuannya dan tidak mudah dipengaruhi orang lain.

0,0
09 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Keperibadian koleris sangat mementingkan logika dan cocok jadi pemimpinKepribadian koleris memiliki sifat tegas dan cerdas
Kepribadian koleris adalah karakter manusia yang dikembangkan oleh Galen, selain kepribadian sanguinis, melankolis, dan plegmatis. Ciri orang dengan kepribadian ini adalah ketegasan dan kecerdasannya yang menonjol.

Lebih jauh tentang ciri kepribadian koleris

Menurut salah satu jurnal, salah satu ciri khas dari kepribadian koleris adalah sifatnya yang ambisius, bergairah, dan fokus terhadap keinginannya. Di antara keempat jenis karakter manusia lainnya, koleris adalah yang paling jarang.Berikut ini ciri kepribadian koleris secara lebih rinci.
Jiwa kepemimpinan sering dimiliki kepribadian koleris
Kepribadian koleris punya jiwa kepemimpinan yang baik

1. Berpotensi jadi pempimpin yang baik

Tipe kepribadian koleris, dinilai cocok jadi pemimpin. Pasalnya, orang-orang dengan kepribadian ini tidak takut untuk melangkah maju dan memiliki motivasi yang tinggi untuk berhasil.Mereka menyukai tantangan, tidak ragu dalam membuat keputusan, dan tidak takut mencoba berbagai hal baru. Sifat ini banyak dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

2. Fokus saat melakukan sesuatu

Kelompok individu dengan kepribadian ini selalu fokus dengan saat melakukan sesuatu. Mereka akan bertahan dan melakukan segala sesuatu agar tujuannya tercapai.Para koleris tidak mudah menyerah dan akan terus maju dengan pemikiran yang positif untuk mencapai cita-cita.

3. Cenderung memiliki karakter ekstrovert

Bersama dengan kepribadian sanguinis, para koleris juga digambarkan memiliki sifat ekstrovert. Sementara, dua kepribadian lainnya, melankolis dan plegmatis adalah introvert.

4. Terkesan kurang ramah

Meski cenderung ekstrovert, orang-orang dengan kepribadian koleris tidak terlalu menyukai pembicaraan basa-basi. Mereka lebih memilih untuk berbincang secara mendalam soal banyak hal.Pemilik kepribadian ini akan berusaha bergaul dengan orang-orang dengan ketertarikan yang sama secara profesional.

5. Tegas dan percaya diri

Cara bicara para koleris adalah tegas dan tanpa basa-basi, sehingga orang lain sering menganggapnya sebagai pribadi yang kasar.Namun di balik itu semua, kepercayaan diri mereka terpancar jelas. Koleris juga termasuk orang yang mandiri dan aktif.Baca Juga: Jenis Karakter Manusia: Sanguinis, Melankolis, Plegmatis, dan Koleris
Kepribadian koleris suka mengambil tantangan dan risiko
Kepribadian koleris senang mengambil risiko

6. Senang mengambil risiko

Para koleris mudah bosan, sehingga mereka tidak ragu untuk mencoba berbagai hal baru, termasuk hal-hal yang berisiko.

7. Suka mengatur

Orang dengan kepribadian ini juga cenderung senang mendominasi dalam suatu keadaan dan memiliki pendapat yang sulit dibantah. Mereka tidak kesulitan untuk membuat suatu keputusan, baik itu untuk dirinya maupun untuk orang lain.Dalam hal percintaan, sifat ini juga muncul. Para koleris cenderung senang mengatur pasangannya.

8. Kreatif

Di dalam kepala para koleris, jarang ada hari-hari yang sepi. Mereka adalah orang-orang kreatif yang tidak pernah kehabisan ide, gagasan, atau rencana untuk hidup dan tujuannya.

9. Tidak mudah marah

Meski dari luar terlihat tegas dan kurang ramah, orang dengan kepribadian koleris sebenarnya tidak mudah marah. Mereka berpikir dengan cara yang sangat logis, sehingga emosi bukanlah sesuatu yang menguasainya.

10. Sulit dekat dengan orang lain

Ciri kepribadian koleris yang terakhir adalah sulit dekat dengan orang lain. Ingat, dekat di sini berbeda dari berteman. Mereka bisa saja dengan mudah berbicara dengan orang lain, berkenalan, dan berbincang ringan.Namun, agar bisa dekat, butuh waktu yang lebih lama bagi para koleris untuk membiarkan orang lain masuk ke kehidupannya.

Jenis pekerjaan yang dianggap cocok untuk kepribadian koleris

Melihat ciri-ciri kepribadian koleris, ada beberapa lapangan pekerjaan maupun profesi yang dianggap cocok bagi mereka, seperti:
  • Bagian manajemen
  • Ahli teknologi
  • Bidan statistika
  • Insinyur
  • Programming
  • Membangun bisnis
Tentu, bukan berarti jenis pekerjaan lainnya tidak bisa dan tidak mungkin dimiliki oleh kepribadian koleris. Hanya saja, dengan sifat-sifat yang cenderung dimiliki oleh koleris, pekerjaan-pekerjaan di atas dirasa lebih cocok dan bisa membuat mereka berkembang.

Catatan dari SehatQ

Hingga saat ini, pengelompokan kepribadian manusia masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak menggunakannya sebagai suatu patokan pasti dalam menilai seseorang, kecuali jika memang sudah berdasarkan pengamatan profesional.Jika Anda ingin tahu lebih banyak soal jenis-jenis kepribadian maupun fakta psikologi lainnya, tanyakan langsung pada psikolog di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalgangguan kepribadian
Psychologia. https://psychologia.co/four-temperaments/
Diakses pada 25 November 2020
Better Help. https://psychologia.co/four-temperaments/
Diakses pada 25 November 2020
Biomolecular and Health Science Journal. https://e-journal.unair.ac.id/BHSJ/article/view/9579
Diakses pada 25 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait