Mengenal Kepribadian ISFP, Sangat Detail dan Cinta Damai


Salah satu jenis kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah ISFP. Ini adalah singkatan dari Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving. Biasanya, orang dengan kepribadian ISFP digambarkan sebagai sosok yang tidak banyak bicara, suka damai, dan tidak suka membesar-besarkan masalah.

0,0
05 Oct 2021|Azelia Trifiana
Salah satu jenis kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah ISFP. Ini adalah singkatan dari Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving. Biasanya, orang dengan kepribadian ISFP digambarkan sebagai sosok yang tidak banyak bicara, suka damai, dan tidak suka membesar-besarkan masalah.Secara umum, orang dengan karakteristik ini berlawanan dengan tipe pemimpin yaitu ENTJ. Selain David Beckham, sosok fiksi terkenal yang juga memiliki tipe kepribadian ini adalah Harry Potter.

Karakteristik kepribadian ISFP

Menurut Myers-Briggs, ISFP adalah sosok orang yang baik hati, ramah, sensitif, dan tidak banyak bicara. Tidak seperti ekstrovert yang mendapat energi dengan cara berinteraksi bersama orang lain, introvert justru sebaliknya.Lebih jauh lagi, berikut ini beberapa karakteristik kepribadian ISFP:
  • Berhati-hati mengambil keputusan

Kepribadian ISFP suka dengan banyak pilihan. Dari situ, mereka kerap menunda mengambil keputusan sembari menunggu apakah akan ada perubahan terjadi. Selain itu, juga akan menjadi pertimbangan apabila ada opsi baru yang muncul.
  • Dekat dengan lingkaran kecil

Tidak seperti extrovert yang justru senang berkumpul dengan banyak orang, ISFP memilih sebaliknya. Mereka lebih suka berkumpul dengan lingkaran teman-teman terdekat atau anggota keluarga saja. Jika harus berkumpul dengan orang banyak pun, mereka perlu waktu untuk menyendiri sesudahnya.
  • Perhatian dan penuh damai

Memang orang ISFP tidak banyak bicara. Meski demikian, mereka sangat peduli dan penuh perhatian pada orang sekitarnya. Ketika ada masalah pun, mereka cenderung easy-going dan tidak membesar-besarkan masalah. Hebatnya lagi, ISFP juga mudah menerima orang seperti apa adanya mereka.
  • Fokus pada detail

Berkat kemampuannya fokus pada detail, mereka cenderung berpikir lebih lama tentang apa yang terjadi saat ini. ISFP tidak terlalu khawatir dengan apa yang terjadi di masa depan.Ini pula yang membuat mereka biasanya menjadi sosok musisi, dokter, koki, dan pekerjaan semacamnya yang memerlukan detail luar biasa.
  • Seorang pelaksana

Orang dengan kepribadian ISFP adalah seorang pelaksana, bukan hanya pemimpi. Mereka tidak suka dengan teori abstrak kecuali ada hal nyata yang bisa diaplikasikan dari situ. Saat belajar tentang situasi tertentu pun, mereka lebih memilih yang bisa melakukannya secara langsung (hands-on experience).Apabila disimpulkan, hal yang menjadi kelebihan dari ISFP adalah sadar betul akan lingkungan sekitarnya, suka praktik, menikmati belajar secara langsung, dan sangat loyal akan keyakinan dan nilai-nilai.Di sisi lain, kelemahannya adalah tidak menyukai informasi yang bersifat abstrak. Mereka lebih tidak banyak bicara, serta sangat membutuhkan ruang untuk menyendiri. Selain itu, mereka juga lebih memilih untuk menghindari argumen dan konflik.Lebih jauh lagi, sosok publik figur dengan kepribadian ISFP adalah Marilyn Monroe, Auguste Rodin, David Beckham, Neil Simon, hingga karakter fiksi yaitu Harry Potter.

Karir orang dengan kepribadian ISFP

Umumnya, orang dengan kepribadian ISFP adalah pecinta binatang. Mereka juga sangat mengagumi keindahan alam. Itulah mengapa, tak heran jika hobi mereka berkaitan dengan aktivitas di luar ruangan atau interaksi dengan binatang.Kelebihan dari ISFP adalah bisa fokus dan detail pada apa yang tengah dijalaninya saat ini. Dari situ, dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka akan sukses pada karir yang bersifat praktik. Apalagi jika pekerjaan itu memberikan ruang untuk bekerja seorang diri, akan semakin membuat ISFP tertarik.Beberapa karir ISFP di antaranya:
  • Seniman
  • Musisi
  • Koki
  • Dokter anak
  • Dokter hewan
  • Perawat
  • Psikolog
  • Pekerja sosial
  • Guru
  • Penjaga hutan

Berinteraksi dengan orang ISFP

Dalam berteman, orang dengan kepribadian ISFP cenderung ramah dan bisa dekat dengan siapa saja. Namun, perlu waktu hingga mereka bisa membuka diri sepenuhnya.Jika memiliki teman dengan kepribadian ISFP, terima mereka apa adanya. Mereka sangatlah menyenangkan dan tidak membesar-besarkan masalah. Namun, ada kalanya mereka menjadi intens. Tetaplah peka pada saat mereka ingin menyendiri.Untuk orangtua dengan anak ISFP, jangan heran apabila mereka cenderung bersifat perfeksionis. Bahkan, kritiknya terhadap diri sendiri bisa sangat tajam. Ini terjadi karena mereka memasang ekspektasi cukup tinggi pada dirinya sendiri.Bagi orangtua dengan anak ISFP, bantu mereka dengan mengajarkan agar tidak berekspektasi terlalu tinggi. Bimbing mereka untuk bersikap baik terhadap diri sendiri agar bisa mengetahui bakat dan talentanya sendiri.

Bagaimana dengan pasangan?

Mengingat mereka sangat peka, tak heran jika ISFP sangat mudah mengalah kepada pasangannya. Mereka juga kurang pandai mengekspresikan perasaan dan kebutuhannya. Jadi, bagi yang memiliki pasangan ISFP, sebaiknya coba lebih kuat untuk memahami mereka.Begitu pula saat mengambil keputusan. Pastikan opini mereka juga turut diperhitungkan serta mendapat porsi sama dalam menyampaikan pendapat.

Catatan dari SehatQ

Tes kepribadian MBTI adalah salah satu yang paling populer di dunia. Akurasinya disebut-sebut mencapai 90%. Sayangnya, ada juga yang menyebut bahwa MBTI tidak bisa dipercaya sepenuhnya karena satu orang bisa memiliki dua hasil berbeda saat mencoba tes kembali.Jadi, tak heran jika tes kepribadian MBTI dianggap relevan dengan beberapa teori psikologi. Namun di sisi lain, banyak juga kritik yang menyebutnya sebagai pseudoscience.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar jenis kepribadian MBTI serta akurasinya di dunia nyata, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan mentalkesehatan mentalhidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/isfp-introverted-sensing-feeling-perceiving-2795991
Diakses pada 22 September 2021
Live Science. https://www.livescience.com/65513-does-myers-briggs-personality-test-work.html
Diakses pada 22 September 2021
The Myers & Briggs Foundation. https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm?bhcp=1
Diakses pada 22 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait