Kepribadian ISFJ, Mengenal Si Introvert yang Peduli Sekitar

(0)
19 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kepribadian ISFJ biasanya senang menyendiriSuka menyendiri adalah salah satu ciri orang dengan kepribadian ISFJ
Pernahkah Anda melakukan tes kepribadian untuk mengetahui karakter Anda sendiri? Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), terdapat 16 jenis kepribadian di muka bumi ini, salah satu yang paling banyak ditemukan adalah kepribadian ISJF.ISJF adalah akronim dari introverted (penyendiri), sensing (menyukai fakta), feeling (perasa), dan judging (terorganisir). Menurut psikolog asal Amerika, David Keirsey, tipe kepribadian ini dimiliki oleh 9-14 persen dari tipe populasi manusia di dunia.

Apa itu kepribadian ISFJ?

Dalam tipe kepribadian yang diklasifikasikan oleh psikolog Amerika, Katherine Briggs dan Isabel Myers ini, ISFJ hanyalah salah satu dari 16 tipe kepribadian manusia. Orang dengan karakter diri seperti ini sangat senang ketika harus menghabiskan waktunya sendiri (introverted), serta lebih menyukai fakta dan detail dibandingkan ide atau konsep yang masih absurd (sensing).Ketika harus membuat keputusan, pemilik kepribadian ISFJ akan mendasarkannya pada perasaan dan nilai-nilai yang dianutnya. Sedangkan saat menjalankan kegiatannya sehari-hari, ia lebih suka melakukan hal-hal yang sudah direncanakan secara terorganisir sehingga terkesan kaku dan tidak spontan (judging).Pemilik kepribadian ISFJ kerap dilabeli sebagai sang pelindung karena mereka senang membuat orang di sekitarnya merasa aman dan dipedulikan. Mereka juga sering disebut sebagai orang yang sederhana dan kuno, tapi sangat loyal dan bertanggung jawab pada hal-hal yang dijalaninya.Secara garis besar, beberapa karakteristik yang menjadi ciri khas orang berkepribadian ISFJ adalah:
  • ISFJ adalah kepribadian yang senang dengan keteraturan dan berusaha menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Karena ia bersifat penyendiri, orang ISFJ merupakan pengamat yang baik, mudah menghafal detail, dan peka terhadap perasaan orang lain.

  • Sebaliknya, orang ISFJ sulit mengeskpresikan perasaannya sendiri karena merasa tidak ingin membebani orang lain dengan beban yang dirasakannya.

  • Orang dengan ISFJ tidak suka teori yang mengawang-awang, termasuk ide baru yang belum pernah didengarnya. Mereka baru akan menghargai ide tersebut ketika dirasa bisa memecahkan masalah secara konkret.

  • ISFJ adalah kepribadian yang sangat menghargai tradisi sehingga mereka cenderung tidak menyukai perubahan. Jikapun pandangan atau sikap mereka berubah, hal itu akan memakan waktu yang sangat lama.

Kelebihan dan kekurangan seorang ISFJ

Orang dengan kepribadian ISFJ memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang umum ditemui berdasarkan sifatnya. Berikut ini merupakan empat kelebihan ISFJ yang paling menonjol.
  • Sangat teliti
  • Dapat diandalkan
  • Cenderung praktis
  • Sangat peka dengan emosi dan perasaan orang lain.
Namun, layaknya manusia biasa, tipe kepribadian satu ini juga memiliki kekurangan sebagai berikut ini.
  • Kurang menyukai perubahan
  • Suka menghindari konflik
  • Tidak menyukai konsep abstrak
  • Sering mengabaikan perasaan dan kebutuhan diri sendiri

Karier apa yang cocok untuk orang berkepribadian ISFJ?

Orang dengan kepribadian ISFJ sangat menikmati kerja di tempat yang memberikannya tanggung jawab. Mereka juga menyukai lingkungan kerja yang tradisional, stabil, dan berisi orang-orang yang peduli dan mendukung kegiatan masing-masing.Kemampuan orang ISFJ mengingat detail tentang informasi seseorang, bahkan yang bersifat personal, membuat mereka sangat berguna ketika dimintai saran profesional. Hal ini membuat mereka lebih cocok ditempatkan pada bagian pelayanan publik, terutama yang berperan memecahkan masalah atau pertanyaan.Bidang pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian ISFJ adalah kesehatan, kesekretariatan, pelayanan publik, atau penelitian. Sedangkan profesi yang biasa digeluti orang ISFJ adalah tenaga kesehatan, teller bank, sekretaris, asisten dokter, hingga dokter pribadi keluarga.

Bagaimana orang berkepribadian ISFJ dalam menjalin hubungan personal?

Karena orang berkepribadian ISFJ suka menyendiri alias introvert, banyak orang menyalahartikannya sebagai sikap egois dan sombong. Padahal, di dalam hati mereka sangat peduli terhadap orang lain, bahkan tidak segan memberi pertolongan tanpa pamrih.Sikap tanpa pamrih ini juga berpengaruh dalam kehidupan sosial mereka di kantor. Tidak jarang, hasil pekerjaan orang ISFJ dianggap remeh, atau bahkan dimanfaatkan oleh orang lain karena ia tidak mengharapkan imbalan maupun pujian apa pun.Soal lingkungan pertemanannya, orang ISFJ biasanya hanya sedikit memiliki teman dekat. Orang ISFJ akan sangat peduli pada orang yang dianggapnya dekat, dan melakukan apa pun demi teman-teman tersebut. Sikap asli orang-orang ISFJ juga bisa keluar ketika berada di peer yang membuatnya nyaman.

Tips ketika berinteraksi dengan orang berkepribadian ISFJ

Berikut adalah tips yang mungkin perlu Anda catat sebelum berinteraksi dengan orang berkepribadian ISFJ:
  • Jika Anda berteman dengan orang ISFJ, usahakan Anda sering menanyakan kabarnya terlebih dahulu, terlebih jika ia terlihat murung karena orang ISFJ tidak pandai mengutarakan perasaannya sendiri.

  • Jika Anda memiliki anak dengan kepribadian ISFJ, perhatikan waktu mereka ingin menyendiri. Anak dengan ISFJ mungkin akan sering mengalah, namun Anda juga harus menyemangatinya agar tidak menyerah dalam mengejar keinginan mereka sendiri.

  • Jika Anda memiliki pasangan dengan kepribadian ISFJ, ia mungkin tidak sering mengucapkan kata cinta atau menunjukkan rasa sayangnya. Namun, jangan sampai hal itu menghalangi Anda untuk mengekspresikan perasaan Anda.
Apakah ciri-ciri kepribadian ISFJ di atas cocok dengan karakter Anda? Jika iya, semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami karakter diri supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
tes psikologi
MBTI Online. https://www.mbtionline.com/en-US/MBTI-Types/ISFJ
Diakses pada 19 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/isfj-introverted-sensing-feeling-judging-2795990
Diakses pada 19 Desember 2019
Truity. https://www.truity.com/personality-type/ISFJ
Diakses pada 19 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait