Mengenal Kepribadian INTP, Sang Pemikir yang Kurang Peka Lingkungan

Seorang INTP cenderung untuk selalu memikirkan tindakannya dan mementingkan logika
Orang dengan kepribadian INTP suka berpikir

Setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing. Namun menurut psikolog asal Amerika Katherine Briggs dan Isabel Myers, hanya ada 16 tipe kepribadian manusia di dunia dan INTP adalah salah satunya.

INTP adalah akronim dari introverted, intuitive, thinking, perceiving. INTP digambarkan sebagai seorang pemikir karena ia lebih banyak menghabiskan waktu dengan menyendiri demi memecahkan berbagai permasalahaan yang dihadapinya maupun komunitas di sekitarnya.

Orang INTP bisa dibilang sebagai pribadi yang genius dengan dunianya sendiri. Tak heran jika orang yang memiliki karakteristik INTP hanya memiliki beberapa teman dekat, serta tidak pandai bergaul untuk memperlebar lingkaran pergaulan.

Apa itu kepribadian INTP?

INTP adalah tipe kepribadian yang mencerminkan sikap seseorang yang justru bersemangat ketika ia tengah sendiri (introverted). Ia akan lebih fokus untuk mengembangkan ide dan konsep (intuitive), membuat keputusan berdasarkan logika dan alasan yang jelas (thinking), serta menyukai spontanitas (perceiving).

Keunggulan kepribadian INTP adalah pemahamannya atas hal yang abstrak dan kompleks serta dianggap sulit oleh orang lain. Selain itu, kepribadian INTP juga memiliki sisi positif, seperti:

  • Pemikir dan analis yang ulung

Orang dengan kepribadian INTP sangat logis dan tidak percaya takhayul. Ia akan berusaha mencari jawaban dari setiap kejadian di dunia dengan mengerahkan kemampuan otaknya yang memang di atas rata-rata.

  • Imajinatif dan orisinil

Ide atau konsep yang dilontarkan oleh seorang INTP adalah sesuatu yang biasanya orisinil bahkan terkadang tidak masuk akal.

  • Berpikiran terbuka

Meski mampu berpikir orisinil, orang dengan kepribadian INTP sangat terbuka dengan ide yang diutarakan oleh rekan-rekannya selama itu logis dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

  • Antusias

Ketika ada ide yang dinilai menarik oleh seorang INTP, ia akan sangat bersemangat untuk mendiskusikannya lebih lanjut.

  • Jujur dan tidak suka basa-basi

Ini memang bisa menjadi kelebihan atau kekurangan pada orang dengan kepribadian INTP. Pasalnya, mereka tidak suka bertele-tele dalam menyampaikan konsep atau ide yang menurut mereka benar sehingga di satu sisi terlihat jujur, namun di sisi lain terlihat kasar.

Di balik kelebihannya, kekurangan orang dengan kepribadian INTP adalah:

  • Penyendiri

Orang dengan kepribadian INTP kerap menganggap lingkungan sebagai pengganggu pola pikir mereka yang logis. Jangankan berbicara dengan orang asing, melakukan percakapan dengan teman dekat pun kadang terasa aneh bagi mereka.

  • Tidak peka

Seorang INTP hanya mengetahui bahwa mereka wajib menyampaikan kebenaran, namun tidak memedulikan cara penyampaiannya sehingga kerap melukai perasaan orang lain.

  • Meragukan kemampuan diri sendiri

Orang awam mungkin merasa orang dengan kepribadian INTP adalah orang yang sangat jenius, padahal orang dengan kepribadian ini sendiri sering meragukan kemampuan mereka sendiri. INTP berpotensi menjadi penemu besar, namun ia kerap menilai penemuan mereka tersebut memiliki cacat sehingga tidak pantas diketahui oleh publik.

  • Tidak peduli

Jika seorang INTP sudah berkutat dengan pemikirannya, ia akan melupakan segala hal, termasuk lupa makan, lupa tidur, sampai melupakan kesehatannya sendiri.

  • Bukan komunikator yang baik

Pola pikir orang INTP sangat rumit sehingga mereka sendiri kerap kesulitan mengutarakan konsep atau ide yang ada di dalam kepala.

Karier apa yang cocok dengan kepribadian INTP?

Karena INTP adalah kepribadian yang tertutup, tapi jenius, maka ia cocok melakukan pekerjaan seputar dunia ilmu pengetahuan. Dengan kemampuan berpikir logis yang mereka miliki, akan ada banyak penemuan di bidang kedokteran, ilmu pengetahuan, bahkan komputer.

Beberapa pekerjaan yang dinilai cocok bagi orang dengan kepribadian INTP adalah:

  • Ilmuwan
  • Ahli fisika, ahli matematika, dan lain-lain
  • Pemogram komputer
  • Pengembang software atau aplikasi tertentu
  • Ahli geologi
  • Pakar medis.

Dalam bekerja, orang INTP ingin diberikan keleluasaan untuk mengeksplorasi ide di kepalanya. Jika ia dituntut untuk cepat-cepat menyelesaikan proyek tertentu, bukan tidak mungkin seorang INTP justru akan mengalami stres.

Kepribadian INTP dari segi personal dan sosial

Bagi Anda yang memiliki teman atau pasangan dengan kepribadian INTP, pahamilah bahwa mereka merupakan tipe penyendiri, mandiri, dan tidak suka diganggu. Meski demikian, orang dengan kepribadian INTP bisa memperlihatkan afeksi dengan cara yang tidak awam, terutama saat Anda hanya berdua dengan mereka.

INTP adalah pribadi yang loyal dan berkomitmen tinggi ketika sudah menjalin hubungan asmara. Apalagi, ia juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap sikap yang mungkin dikeluarkan oleh pasangannya.

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/intp-introverted-intuitive-thinking-perceiving-2795989
Diakses pada 3 April 2020

Truity. https://www.truity.com/personality-type/INTP
Diakses pada 3 April 2020

16 Personalities. https://www.16personalities.com/intp-strengths-and-weaknesses
Diakses pada 3 April 2020

MBTI Online. https://www.mbtionline.com/en-US/MBTI-Types/INTP
Diakses pada 3 April 2020

Artikel Terkait