Mengenal Kepribadian Highly Sensitive Person dan Cara Menghadapinya


Highly Sensitive Person (HSP) adalah istilah bagi orang yang memiliki kepekaan sistem saraf pusat yang lebih dalam terhadap berbagai rangsangan. Kepribadian HSP bukan hanya soal perasaan, melainkan juga reaksi fisik.

0,0
08 Oct 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Highly Sensitive Person (HSP) adalah istilah bagi orang yang memiliki kepekaan sistem saraf pusat yang lebih dalam terhadap berbagai rangsanganHSP tidak hanya dipengaruhi oleh suasana hati orang lain, tetapi juga sistem saraf dalam otaknya
Kepribadian sensitif sering jadi kelakar ketika seseorang sangat mudah merasakan emosi terhadap orang lain. Emosi itu manusiawi, tapi jika berlebihan ada istilah psikologi yang disebut dengan highly sensitive person. Seperti apa karakter highly sensitive person?

Pengertian highly sensitive person

Highly Sensitive Person (HSP) atau orang yang sangat sensitif adalah istilah untuk mereka yang memiliki kepekaan sistem saraf pusat yang meningkat atau lebih dalam terhadap rangsangan fisik, emosional, atau sosial. Beberapa orang menyebut HSP memiliki kepekaan pemrosesan sensorik atau Sensory Processing Sensitivity (SPS).Meskipun orang yang sangat sensitif terkadang digambarkan negatif dengan “terlalu sensitif”, sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan yang menjadi ciri kepribadian HSP.Kepribadian HSP diidentifikasi oleh psikolog Elaine Aron pada tahun 1990. Menurut Aron, sekitar 15-20% populasi di dunia dilahirkan dengan sifat tersebut.Penting untuk diingat bahwa menjadi HSP bukan berarti Anda harus memiliki kondisi yang dapat didiagnosis. Ini adalah ciri kepribadian yang melibatkan peningkatan daya tanggap terhadap pengaruh positif dan negatif.

Ciri-ciri highly sensitive person

Kepribadian HSP bukan hanya soal perasaan, tapi reaksi fisiknya juga merasakan hal yang sama. HSP memiliki beberapa kategori berbeda. Ada beberapa ciri atau karakteristik umum HSP menurut para peneliti yang menjadi penanda kepribadian ini, di antaranya:
  • Menghindari film atau acara TV kekerasan karena terlalu intens dan merasa tidak nyaman
  • Tergerak secara mendalam oleh keindahan, baik dalam seni, alam, atau jiwa manusia, bahkan terkadang terpengaruh oleh iklan
  • Menjadi kewalahan oleh rangsangan sensorik, seperti kerumunan yang berisik, cahaya terang, atau pakaian yang tidak nyaman
  • Merasa perlu waktu istirahat terutama saat sibuk
  • Memiliki kehidupan batin yang kaya dan kompleks, lengkap dengan pikiran yang dalam dan perasaan yang kuat.

Kelemahan highly sensitive person

HSP membawa beberapa pengaruh dalam hidup orang yang memiliki kepribadian ini. Pengaruh tersebut antara lain:
  • Menghindari situasi yang membuatnya merasa kewalahan

Orang yang memiliki HSP sangat mungkin lebih terpengaruh oleh situasi tertentu, seperti ketegangan, kekerasan, dan konflik yang akhirnya lebih memilih untuk dihindari daripada merasa tak nyaman.
  • Sangat tersentuh oleh keindahan maupun emosi 

Orang dengan HSP cenderung merasa sangat tersentuh oleh keindahan yang mereka lihat di sekitar. Kadang, orang dengan HSP menangis saat menonton video yang menghangatkan hati dan dapat benar-benar berempati dengan perasaan orang lain, baik negatif maupun positif.
  • Lebih sering merasa cemas

Orang dengan HSP mungkin merasakan kecemasan yang lebih eksistensial. Tetapi mereka juga mungkin merasa lebih bersyukur atas apa yang mereka miliki dalam hidup karena mengetahui bahwa kehidupan berlalu begitu cepat dan tidak ada yang pasti. 

Tips menghadapi pasangan HSP

Saat memulai sebuah hubungan baru, entah pertemanan maupun hubungan romantis, orang dengan HSP selalu mencari kepastian karena sangat sensitif terhadap tanda-tanda penolakan yang dirasakan. Selain itu, ada beberapa tips saat Anda memiliki pasangan HSP: 

1. Beberapa orang dengan HSP sensitif terhadap sentuhan fisik

Beberapa orang HSP merasakan sensasi fisik yang lebih dalam dibanding yang lain. Menunjukkan afeksi kecil pada pasangan, seperti pelukan, ciuman, dan sentuhan, dapat menimbulkan kasih sayang dalam diri HSP. Tapi ingat untuk melakukannya dengan persetujuan.

2. HSP selalu memerhatikan semua hal

Karena sering berada di dunianya sendiri, HSP sering memerhatikan semua hal pada pasangannya. Entah pasangannya sedang marah, mengenakan baju baru, memakai parfum yang berbeda dari biasanya, dan bahkan ia langsung mengenali emosi pasangannya. HSP sangat rentan terhadap stimulasi berlebihan. Semua perhatian yang mendetail itu dapat melelahkan pasangan, tapi berkomunikasi dengan jelas bisa sangat membantu.

3. Seperti semua pasangan, HSP membutuhkan komunikasi yang baik

HSP tidak hanya dipengaruhi oleh suasana hati orang lain, tetapi juga sistem saraf dalam otaknya.  Orang dengan HSP juga memiliki aktivitas yang lebih kuat daripada orang lain di dalam area otak yang mengontrol kesadaran dan empati dalam menanggapi ekspresi.Oleh karena itu, ketika pasangan seorang HSP hanya menebak-nebak tanpa mengkomunikasikannya, mereka akan merasakannya. Orang HSP akan mengumpulkan kesimpulan dan merasa stres tentang hal yang tidak diketahui oleh orang lain. Jadi, tak usah menutup-nutupi emosi, tumpahkan saja emosi tersebut karena orang HSP dapat mengetahuinya.Memiliki pasangan dengan kepribadian sensitif bukan berarti ia ingin diperlakukan sangat hati-hati seperti sebuah guci antik. Orang dengan kepribadian HSP tetaplah manusia biasa. Selalu komunikasikan dengan pasangan mengenai hal-hal yang disukai maupun tidak disukai.Menjalin hubungan dengan pasangan berkepribadian sensitif akan membawa kegembiraan tersendiri. Bila ia merasa ‘klik’ dengan Anda, ia akan berusaha untuk selalu membahagiakan Anda dan mengingat hal-hal kecil yang pernah Anda lakukan atau pujian yang pernah Anda lontarkan untuknya. 
gangguan kecemasanberpikir positifmenjalin hubungan
Healthline.
https://www.healthline.com/health/mental-health/what-its-like-highly-sensitive-person-hsp#1.-Being-an-HSP-affected-my-childhood
diakses pada 24 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/what-its-like-highly-sensitive-person-hsp#1.-Being-an-HSP-affected-my-childhood
Diakses pada 24 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/sex-highly-sensitive-person-hsp#connection
Diakses pada 24 Mei 2021.
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/highly-sensitive-persons-traits-that-create-more-stress-4126393
diakses pada 24 Mei 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait