Mengenal Kepribadian ENFP, Sang Motivator yang Imajinatif

Seorang ENFP cenderung lebih fokus pada ide dan konsep
Orang dengan kepribadian ENFP lebih fokus pada ide

Menurut psikolog asal Amerika Serikat, Katherine Briggs dan Isabel Mayer, terdapat 16 tipe kepribadian manusia di dunia, salah satunya adalah ENFP. ENFP adalah akronim dari extraverted, intuitive, feeling, and perceiving atau dikenal juga sebagai motivator yang imajinatif.

Tipe kepribadian ENFP ini hanya dimiliki oleh 5-7 persen populasi manusia di dunia. Apakah Anda salah satunya?

Apa itu kepribadian ENFP?

ENFP adalah kepribadian yang terlihat ketika orang tersebut selalu semangat jika menghabiskan waktu dengan orang lain (extraverted). Selain itu, ia juga lebih fokus pada ide dan konsep dibanding fakta dan detail (intuitive), suka membuat keputuan berdasarkan perasaan (feeling), serta spontan dan fleksibel (perceiving).

Orang dengan kepribadian ENFP dikatakan sebagai motivator karena mereka memang sangat antusias untuk membantu orang lain mewujudkan mimpi mereka. Secara garis besar, sisi positif dari kepribadian ENFP adalah:

  • Memiliki rasa ingin tahu yang dalam

Orang dengan kepribadian ENFP tidak segan untuk keluar dari zona nyaman demi mengejar impian mereka karena dipicu oleh sifat imajinatif dan berpikiran terbuka yang mereka miliki.

  • Observan

Sikap kepo yang dimiliki oleh ENFP membuat mereka suka memerhatikan sikap orang lain. Mereka menganggap setiap perubahan dalam pandangan orang lain, setiap langkah, dan setiap ide merupakan bagian dari sesuatu yang lebih besar. Untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka, orang dengan kepribadian ENFP berusaha untuk memerhatikan semua hal ini dan mencoba untuk tidak melewatkan momen apa pun.

  • Semangat dan antuasias

Orang ENFP tidak segan mengutarakan ide baru yang ada di kepala mereka, tidak peduli itu salah atau benar. Antusiasme ini kadang kala menular ke teman-temannya sehingga orang ENFP kerap dijuluki sebagai influencer.

  • Komunikator yang baik

Orang ENFP bisa melakukan sugesti tertentu pada orang lain tanpa ketahuan bahwa mereka tengah ‘menjual’ ide baru. Hal ini dikarenakan orang ENFP adalah komunikator ulung dengan artikulasi yang sangat baik.

  • Sangat populer

Sikap orang ENFP yang tidak segan mendengarkan curahan hati teman-temannya menjadikan ia sebagai orang yang sangat populer. Ia juga kerap dianggap sebagai orang yang ramah dan mudah didekati sehingga memiliki banyak teman.

Kekurangan terbesar dari orang ENFP adalah semangat mereka bisa hilang seketika jika tidak melihat semangat atau antusiasme yang sama pada orang yang terlibat bersama mereka. Orang dengan kepribadian ini juga bisa kesal ketika dihadapkan pada terlalu banyak aturan, termasuk dalam hubungan asmara.

Ketika stres, orang ENFP bisa menjadi pribadi yang pasif-agresif. Mereka juga mungkin menumpahkan kekesalan dengan bekerja lebih lama, tapi justru menyelesaikan pekerjaan dengan jumlah lebih sedikit alias tidak produktif.

Selain itu, beberapa kekurangan lain yang dimiliki oleh orang ENFP adalah:

  • Sulit fokus

Orang ENFP suka sekali memikirkan hal-hal yang besar, kaya dengan ide maupun konsep baru, tapi tidak jarang melupakan hal yang ‘membosankan’, seperti mengerjakan hal yang berbau administratif atau dengan rutinitas tertentu. Konsep dan ide pun sering berakhir hanya sebagai angan-angan karena eksekusinya sulit dilakukan.

  • Terlalu banyak pikiran

Orang ENFP sangat perasa dan bisa terganggu karena hal-hal kecil. Bahkan, mereka mungkin tidak bisa tidur karena memikirkan motif seseorang melakukan tindakan tertentu.

Karier apa yang cocok dengan kepribadian ENFP?

Karier yang cocok bagi orang dengan kepribadian ENFP adalah pekerjaan dengan tingkat fleksibilitas tinggi. Pekerjaan tersebut juga sebaiknya tidak menuntut detik pekerjaan yang terlalu rumit, tidak membutuhkan tugas rutin harian yang itu-itu saja, serta harus berhubungan dengan orang banyak.

Berdasarkan kriteria tersebut, beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk orang ENFP adalah:

  • Jurnalis
  • Aktor/aktris
  • Psikolog
  • Perawat
  • Politisi
  • Konselor
  • Pekerja sosial
  • Ahli gizi.

Bagaimana orang ENFP menjalin hubungan sosial dan personal?

Karena kepribadian ENFP terlihat semangat dan menyenangkan, tidak heran jika mereka memiliki lingkaran pertemanan yang cukup besar. Jika Anda memiliki teman berkepribadian ENFP, berusahalah untuk selalu menunjukkan antusiasme yang sama ketika melakukan sebuah pekerjaan.

Sementara dalam hubungan personal atau asmara, orang dengan kepribadian ENFP juga kerap memperlihatkan semangat dan kepedulian yang sama. Jika pasangan Anda adalah orang dengan kepribadian ini, jangan heran jika ia suka memberi kejutan atau menghujani Anda dengan segudang pujian yang membuat Anda terbang.

Sisi negatifnya orang ENFP adalah mereka kadang tidak menyukai hubungan jangka panjang. Pasalnya, mereka tidak jarang merasa tidak nyaman ketika memikirkan kesulitan-kesulitan yang akan terjadi di masa mendatang sekalipun hubungannya saat ini berjalan baik-baik saja.

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/enfp-an-overview-of-the-champion-personality-type-2795980
Diakses pada 3 April 2020

Truity. https://www.truity.com/personality-type/ENFP
Diakses pada 3 April 2020

MBTI Online. https://www.mbtionline.com/en-US/MBTI-Types/ENFP
Diakses pada 3 April 2020

16 Personalities. https://www.16personalities.com/enfp-strengths-and-weaknesses
Diakses pada 3 April 2020

Artikel Terkait