Mengenal Kandungan Madu dan Berbagai Nutrisi di Dalamnya

(0)
17 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kandungan madu meliputi berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuhilustrasi madu alami yang baik bagi kesehatan
Masyarakat Indonesia tentunya sudah akrab dengan madu. Cairan manis ini sering digunakan sebagai campuran dalam berbagai makanan dan minuman. Konsumsi madu secara rutin juga kerap dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena kandungannya yang bermanfaat.Banyak orang tahu madu itu menyehatkan, tapi berapa banyak orang yang mengetahui kandungan-kandungan nutrisi apa saja yang ada di dalamnya? Oleh karena itu, berikut adalah sejumlah kandungan madu dan manfaatnya bagi tubuh.

Kandung madu yang menyehatkan

Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram karbohidrat. Kalori dan karbohidrat ini didapatkan madu dari gula alami yang terkandung di dalamnya. Gula ini setidaknya mengandung 50 persen fruktosa dan glukosa.Sedangkan indeks glikemik madu tergantung dengan jenis yang Anda beli, tapi umumnya berkisar di angka 50. Angka ini masih lebih kecil jika dibandingkan dengan indeks glikemik gula, yaitu 65.Selain karbohidrat, berikut ini adalah informasi lengkap seputar nutrisi yang terkandung di dalam madu.

1. Mineral dan vitamin

Madu mengandung kalsium, tembaga, zinc, vitamin B, dan zat besi. Kandungan ini didapatkan madu dari tanah dan tanaman penghasil nectar yang menjadi sumber madu.Kualitas madu dan kandungan mineral di dalamnya juga dipengaruhi oleh di mana tanaman tersebut ditanam dan bagaimana proses pengolahannya.Jika Anda ingin mengonsumsi jenis madu yang kaya akan mineral dan vitamin dibandingkan madu yang lain, Anda dapat memilih madu yang warnanya lebih gelap.

2. Protein

Selain mengandung mineral dan vitamin, madu juga mengandung protein meski dalam jumlah yang kecil. Di dalam satu sendok makan madu, terkandung sekitar 0,06 gram protein.

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

Berdasarkan kandungan madu di atas, berikut manfaat madu bagi kesehatan secara umum.
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik
  • Menurunkan trigliserida
  • Meredakan diare, gejala sembelit, dan melegakan perut
  • Membantu proses pengobatan sindrom iritasi usus.
Sementara itu, berikut adalah khasiat madu secara khusus untuk kecantikan Anda.
  • Membantu menjaga kelembapan kulit
  • Membantu mengatasi bibir kering
  • Berfungsi sebagai antiseptik di dalam kosmetik rambut dan kulit
  • Membuat rambut lebih berkilau.

Bahaya mengonsumsi terlalu banyak madu

Sesuatu yang berlebihan biasanya tidak baik, begitu pula dengan madu. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang dibutuhkan, madu memang dapat memberikan Anda manfaat.Akan tetapi, jika madu dikonsumsi secara berlebihan, yang justru timbul adalah sejumlah efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, terutama jika Anda menderita diabetes.Hal ini dikarenakan jumlah gula yang terkandung di dalamnya. Konsumsi gula berlebihan erat kaitannya dengan obesitas, peradangan, gangguan kesehatan hati, jantung, bahkan juga dapat meningkatkan risiko demensia atau depresi.Selain itu, pastikan Anda memilih madu dengan benar. Madu yang banyak dijual di pasaran umumnya telah melalui proses pasteurisasi, filter, dan sudah dicampur dengan gula. Supaya Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara utuh tanpa tambahan gula, Anda disarankan untuk memilih madu alami.Di samping itu, jangan berikan madu pada anak di bawah 12 bulan karena dapat meningkatkan risiko botulisme pada mereka, yaitu penyakit yang disebabkan racun dari jenis bakteri Clostridium botulinum. Pada usia ini, sistem pencernaan Si Kecil belum berkembang cukup kuat untuk melawan racun yang terkandung di dalamnya.Konsumsi madu sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan konsumsi secara berlebihan supaya terhindar dari efek sampingnya. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.
madu
Verywell fit
https://www.verywellfit.com/honey-nutrition-facts-and-calories-4164274#honey-nutrition-facts
Diakses 2 Juni
Everyday health
https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/honey-nutrition-facts-health-benefits-types-more/
Diakses 2 Juni
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/is-honey-good-for-you#sugar-content
Diakses 2 Juni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait