Jerawat pustula merupakan salah satu jenis jerawat yang berat
Jerawat pustula membuat orang kehilangan kepercayaan diri karena penampilan kulit wajah yang menurun

Jerawat pustula merupakan salah satu jenis jerawat yang berat. Bentuknya menonjol dengan isi cairan kekuningan dan terasa nyeri.

Dalam beberapa kondisi, pustula muncul jika tubuh Anda sedang mencoba melawan infeksi dengan sel darah putih. Jika cairan nanah terbentuk di bawah lapisan kulit Anda atau di pori-pori kulit, bisa menyebabkan munculnya pustula.

Apa Penyebab Pustula?

Setelah pustula muncul, kebanyakan orang akan mengeluh kehilangan kepercayaan diri karena penampilan kulit wajah yang menurun. Tidak hanya membuat minder, jerawat pustula juga sangat sensitif terhadap sentuhan. Terkadang, terasa sakit ketika tidak sengaja tersentuh atau tersenggol.

Lalu, apa sebenarnya penyebab pustula? Adakah yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu munculnya pustula? Berikut adalah beberapa pemicu munculnya pustula:

1. Kulit Sensitif dan Berjerawat

Kondisi kulit yang berjerawat atau sensitif sangat mudah menyebabkan munculnya pustula yang lebih serius dibandingkan jerawat umum. Hal ini terjadi saat salah satu pori-pori kulit Anda terjadi gangguan atau bermasalah sehingga dindingnya pecah/terbuka dan terinfeksi bakteri.

2. Psoriasis

Kondisi kulit psoriasis membuat kulit terlihat bercak kemerahan, gatal, bersisik, dan kering pada kulit. Jika kondisi kulit psoriasis terkena infeksi bakteri, meradang, dan terkontaminasi kimia tertentu, maka dapat memicu munculnya pustula.

3. Rosacea

Rosacea biasanya membuat kulit Anda tampak memerah dan terdapat sensasi seperti panas terbakar di kulit. Dalam kasus yang parah, bisa menimbulkan radang, jerawat, hingga pustula.

4. Cacar Air

Penyakit yang sering dikenal menyerang anak-anak ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Seiring waktu pada kasus tertentu, cacar air bisa berkembang menjadi pustula.

5. Pemfigus IgA

Gejala penyakit langka ini membuat sistem kekebalan tubuh Anda menurun dan berubah dengan sendirinya. Sehingga sangat rentan terkena infeksi bakteri yang memicu munculnya pustula.

6. Variola (Cacar)

Pustula merupakan salah satu gejala penyakit yang pernah menjadi penyebab kematian jutaan orang di masa lampau ini. Kemunculan pustula dalam penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui udara.

Cara Mengobati Pustula

Jika Anda mengalami kondisi pustula, segera hubungi dokter kulit Anda. Obat yang dioleskan untuk mengobati pustula umumnya adalah calamine lotion atau gel benzoyl peroxide yang dapat membantu meredakan gejala-gejala pustula agar tidak semakin parah.

Semoga informasi tentang pustula dan penyebabnya ini dapat membantu Anda menghindari dan mencegah masalah kulit berjerawat maupun jerawat pustula.

Selain itu, hindari stres dan terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kulit Anda dari timbulnya jerawat dan pustula.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/pustules-facts

Diakses pada Oktober 2018

 

Artikel Terkait

Banner Telemed