Mengenal Jenis Vitiligo Ringan Hingga Berat, Apa Perbedaannya?

(0)
02 Jul 2020|Azelia Trifiana
Jenis vitiligo sangat beragam, mulai dari ringan hingga parahPada vitiligo ringan, bagian kulit yang terdampak hanya sedikit saja
Setiap orang bisa saja mengalami vitiligo, yaitu munculnya area kulit dengan warna memudar atau cenderung berwarna putih. Vitiligo muncul ketika sel melanosit di dalam kulit diserang sistem imun sehingga tidak ada melanin yang memberikan warna sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet. Ada banyak jenisnya, mulai vitiligo ringan, segmental di satu area, hingga universal.Umumnya, vitiligo pertama kali muncul di area tangan, lengan, kaki, atau wajah. Bentuknya berupa bercak berwarna putih dengan tekstur sama seperti kulit sekitarnya. Meski demikian, bercak vitiligo ini juga bisa muncul di bagian tubuh manapun, termasuk memran mukosa, mata, telinga, dan bagian yang ditumbuhi rambut.

Jenis vitiligo

Jenis vitiligo yang dialami seseorang bisa berbeda-beda, mulai dari vitiligo ringan hingga yang berat. Kategorisasi jenis vitiligo dibedakan menjadi:
  • Generalized

Jenis vitiligo generalized adalah yang paling umum terjadi. Ciri-ciri utamanya adalah ketika vitiligo muncul di beberapa bagian tubuh secara acak. Nama lain dari vitiligo ini adalah non-segmental, terjadi pada 90% kasus vitiligo. Bercak putih ini kerap muncul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, dan juga tangan.
  • Segmental

Berbeda dengan vitiligo generalized, vitiligo jenis segmental hanya muncul terbatas di salah satu sisi tubuh saja atau beberapa area tubuh tertentu seperti tangan atau wajah
  • Mucosal

Sesuai namanya, ini adalah jenis vitiligo yang muncul di membran mukosa mulut atau sekitar kelamin
  • Acrofacial

Pada jenis vitiligo acrofacial, artinya bercak putih hanya muncul di jari tangan dan kaki
  • Focal

Termasuk jenis vitiligo yang langka ditandai dengan munculnya bercak putih hanya di bagian tubuh tertentu saja yang tidak terlalu luas. Selain itu, vitiligo focal juga tidak menyebar membentuk pola tertentu hingga satu atau dua tahun kemudian. Biasanya, vitiligo jenis ini terjadi pada anak-anak.
  • Trichome

Pada vitiligo trichome, artinya ada perbedaan warna bercak yang muncul di tubuh. Ada yang berwarna putih dan juga area lain dengan pigmentasi lebih terang. Selain itu, masih ada juga area dengan warna seperti warna kulit normal.
  • Universal

Jenis vitiligo universal juga termasuk yang langka. Pada kondisi ini, lebih dari 80% permukaan kulit penderitanya mengalami kekurangan pigmentasi.Vitiligo bisa terjadi pada semua orang dari usia berapapun. Meski demikian, vitiligo paling umum terjadi pada orang berusia 10-30 tahun.

Penyebab munculnya vitiligo

Sebenarnya, penyebab pasti munculnya vitiligo ringan maupun berat tidak benar-benar diketahui. Namun ada beberapa teori mengemuka, seperti:
  • Masalah autoimun

Dalam kondisi ini, sistem kekebalan tubuh penderitanya justru menciptakan antibodi yang menghancurkan melanocytes. Akibatnya, tidak ada melanin yang memberikan pigmentasi atau warna pada kulit.
  • Faktor genetik

Pertimbangkan pula faktor genetik dari keturunan. Sekitar 30% kasus vitiligo diturunkan dari orangtua atau saudara dalam keluarga.
  • Faktor neurogenic

Dalam kondisi ini, faktor neurogenic menghasilkan substansi beracun terhadap melanocytes yang dilepaskan di ujung saraf kulit
  • Self-destruction

Adanya masalah pada melanocytes menyebabkan substansi ini justru menghancurkan dirinya sendiri sehingga tidak bisa berfungsi optimalSelain beberapa penyebab di atas, vitiligo juga bisa disebabkan stres emosi atau fisik. Pada beberapa kasus, vitiligo juga terjadi karena kombinasi beberapa faktor di atas.Bagi orang yang memiliki vitiligo, tidak ada rasa sakit yang dialami. Meski demikian, terkadang area yang berwarna lebih terang dari kulit sekitarnya lebih rentan mengalami sunburn apabila terpapar sinar matahari terlalu lama. Ini terjadi karena bagian kulit itu mengandung sedikit melanin sehingga lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Gejala munculnya vitiligo

Gejala yang paling terlihat ketika seseorang memiliki vitiligo adalah munculnya bercak putih di permukaan kulit. Seringkali, bercak putih ini muncul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari.Pada awal kemunculannya, vitiligo terlihat seperti bintik kecil dengan warna lebih terang dibandingkan dengan warna kulit di sekitarnya. Seiring dengan berjalannya waktu, bintik ini berwarna lebih pucat hingga menjadi putih.Bentuk dari vitiligo tidak beraturan. Terkadang, bagian tepinya meradang sehingga terlihat kemerahan dan menyebabkan rasa gatal. Meski demikian, vitiligo normalnya tidak menyebabkan rasa tidak nyaman seperti iritasi atau nyeri.
kesehatan kulitpenyakit kulitvitiligo
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/245081
Diakses pada 18 Juni 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12419-vitiligo
Diakses pada 18 Juni 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/vitiligo/body-positive-movement/
Diakses pada 18 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait