Mengenal 5 Jenis Rasa yang Bisa Dideteksi Indra Pengecap Manusia

(0)
19 Jun 2020|Azelia Trifiana
Indra pengecap manusia dapat mendeteksi 5 rasaLidah merupakan indra pengecap yang penting bagi manusia
Bisa mencicipi berbagai rasa lewat indra pengecap adalah anugerah luar biasa. Dengan adanya indra pengecap utamanya lidah ini, seseorang bisa menentukan apakah makanan dan minuman tertentu aman untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, indra pengecap juga membantu tubuh bersiap untuk mencerna makanan.Ketika ada makanan dan minuman yang menyentuh indra pengecap, maka akan ada interaksi dengan sel reseptor. Kemudian, sel ini mengirimkan informasi ke otak yang membantu mengidentifikasi rasa yang muncul.

Kemampuan indra pengecap

Indra pengecap manusia bisa mendeteksi setidaknya 5 rasa yang berbeda. Semuanya teridentifikasi lewat lidah.
  • Rasa manis

Umumnya, rasa manis terbentuk dari substansi gula dan alkohol. Selain itu, beberapa jenis asam amino juga terasa manis. Beberapa contoh rasa manis bisa datang dari jus buah, madu, cake, permen, dan juga buah-buahan.
  • Rasa asam

Makanan atau minuman terasa asam karena ada ion hidrogen di dalamnya. Sebut saja lemon, yogurt, cranberry, atau cuka. Meski demikian, makanan yang sudah rusak juga bisa terasa asam. Di sinilah peran indra pengecap untuk mengidentifikasi jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi.
  • Rasa asin

Makanan dengan kadar sodium seperti gorengan atau protein hewani biasanya terasa gurih atau asin. Sodium diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh.
  • Rasa pahit

Indra pengecap juga bisa mendeteksi rasa pahit karena molekul-molekul dalam makanan, utamanya tanaman. Pada zaman purba, penting untuk bisa mendeteksi rasa pahit ini untuk mengenali makanan mana yang beracun dan tidak boleh dimakan.Meski demikian, rasa pahit secara alami juga ada pada jenis makanan dan minuman seperti dark chocolate dan kopi.
  • Rasa umami (gurih)

Sering mendengar istilah “umami” ketika orang Jepang mencicipi makanan mereka? Ini adalah jenis rasa yang baru ditemukan oleh para peneliti.Istilah umami dikenal dunia karena bermula dari penemuan peneliti asal Jepang bernama Kikunae Ikeda tentang asam glutamat dari kombu, jenis rumput laut.Menurutnya, rasa gurih dari kombu ini berasal dari asam glutamatnya. Sejak itu, rasa umami diakui sebagai jenis rasa yang baru yang bisa dideteksi indra pengecap.Sebenarnya orang Indonesia pun sudah mengenal rasa ini sejak lama dan menyebutnya “gurih”. Hanya saja istilah umami lebih populer di dunia internasional.Indra pengecap bisa mendeteksi rasa ketika menyentuh permukaan lidah. Saat itulah sel sensori di indra pengecap mengirim sinyal ke otak untuk menentukan rasa tertentu. Ini berbeda dengan aroma makanan yang melibatkan indra penciuman.

Cara kerja indra pengecap

Lidah manusia memiliki ribuan tonjolan kecil di permukaannya, disebut papila. Setiap papila memiliki 10-50 sel reseptor. Tak hanya di permukaan lidah, indra pengecap juga terdapat di langit-langit mulut dan dinding tenggorokan.Ketika makanan atau minuman masuk ke dalam mulut, reseptor akan langsung menganalisis komponen kimiawi yang ada di dalamnya. Tahap berikutnya, reseptor indra pengecap mengirimkan sinyal ke otak sehingga muncul persepsi rasa tertentu. Ini pula tahap yang biasanya melibatkan emosi, seperti makanan tertentu membawa seseorang bagaikan bernostalgia ke masa kecil.Ada pula paham bahwa rasa bisa dideteksi di bagian yang berbeda di permukaan lidah. Seperti rasa manis di ujung lidah. Ini tidak benar. Tidak ada zona tertentu di lidah untuk mendeteksi rasa. Hanya saja, bagian samping lidah lebih sensitif mendeteksi semua rasa dibandingkan dengan bagian tengahnya.Terkecuali, bagian belakang lidah memang jauh lebih sensitif mendeteksi rasa pahit. Peneliti meyakini kelebihan ini penting agar seseorang bisa mendeteksi makanan beracun sebelum menelannya dan berisiko keracunan.Jika seseorang mengalami perubahan kemampuan indra pengecap, segera konsultasikan kepada dokter. Bisa jadi, beberapa masalah medis atau cedera tertentu mengganggu kemampuan indra pengecap.
hidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/types-of-taste
Diakses pada 4 Juni 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-the-sense-of-taste-works-1191869
Diakses pada 4 Juni 2020
Brain Facts. https://www.brainfacts.org/thinking-sensing-and-behaving/taste/2018/do-different-parts-of-the-tongue-taste-different-things-010319
Diakses pada 4 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait