Mengenal Jenis-Jenis Cinta dan Cara Membaginya dengan Orang Terkasih


Setiap orang bisa memunculkan jenis-jenis cinta yang berbeda-beda dalam hubungannya dengan pasangan. Untuk mencapai jenis cinta yang sempurna, dibutuhkan komunikasi yang baik.

(0)
07 May 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jenis cinta romantis akan mengikat seseorang secara emosionalCinta sempurna memiliki tiga komponen yang mewakili sebuah hubungan ideal: keintiman, gairah, dan komitmen
Cinta bisa diartikan sangat luas. Jenis-jenis cinta pun sangat beragam dan tidak jarang membingungkan. Biarpun perasaan ini yang paling sering diucapkan dan dipelajari, masih sedikit orang yang mengerti tentang cinta. Bisa dibilang juga, cinta adalah kumpulan emosi dan perilaku yang ditandai dengan beragam keinginan.Perasaan cinta biasanya dipengaruhi oleh faktor biologis dan kebudayaan yang dipahami. Cinta pun bisa berubah seiring berjalannya waktu. Untuk lebih mengetahui jenis cinta, Anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Cara memberikan cinta kepada seseorang

Setiap hubungan percintaan unik dan orang yang menjalankannya pasti memiliki kebutuhannya masing-masing. Namun, tetap ada cara untuk mengungkapkan cinta dan kasih sayang kepada seseorang:
  • Bersedia menderita demi orang yang disayang
  • Bersedia memaafkan dan meminta maaf
  • Tunjukkan kalau Anda peduli dengan orang yang disayang
  • Menjadi pendengar yang baik bagi pasangan
  • Balas setiap kasih sayang yang diterima dengan sesuatu yang lebih tulus
  • Terbukalah kepada pasangan
  • Berikan kasih sayang tanpa pamrih

Jenis-jenis cinta yang muncul di masyarakat luas

Sebuah teori yang dicetuskan oleh seorang psikolog bernama Robert Sternberg mengungkapkan bahwa cinta merupakan sebuah segitiga. Bentuk segitiga ini berasal dari tiga komponen di dalamnya:
  • Keintiman yang mengharapkan adanya kedekatan, ketertarikan, perhatian, kasih sayang, dan kepercayaan
  • Gairah yang melibatkan keinginan pada sebuah ketertarikan fisik, romansa, dan seksualitas
  • Komitmen yang mengajak seseorang untuk tetap bersama dalam mencapai sebuah tujuan.
Dari tiga komponen cinta ini, terbentuklah perasaan cinta yang bisa dirasakan dan dijalani. Berikut jenis-jenis cinta yang bisa muncul dalam sebuah hubungan:

1. Pertemanan

Dalam hubungan pertemanan, rasa suka dan mengharapkan keintiman bisa hadir. Namun, gairah dan komitmen tidak muncul dalam jenis cinta ini. Biarpun begitu, hubungan pertemanan bisa menjadi benih untuk munculnya perasaan cinta yang lain.

2. Nafsu birahi

Jenis cinta yang satu ini juga muncul tanpa rasa suka dan komitmen yang kuat. Perasaan yang muncul hanyalah tergila-gila pada seseorang. Orang yang mengalami jenis cinta ini akan sulit untuk mendapatkan cinta yang dalam, romantis, dan sempurna.

3. Cinta hampa

Seseorang yang mengalami cinta hampa hanya akan memberikan komitmen dirinya saja. Namun, tidak ada rasa keintiman yang dimiliki. Cinta hampa ini bisa terjadi akibat dua hal. Bisa saja seseorang yang sangat mencintai, tapi kisahnya berakhir buruk. Di sisi lain, cinta yang dimulai secara hampa malah mungkin berubah menjadi jenis cinta yang lain.

4. Cinta romantis

Jenis cinta yang satu ini akan mengikat seseorang secara emosional. Anda yang mengalami cinta romantis akan mengikat seseorang secara intim dan bergairah. Setiap pasangan yang menjalani hubungan romantis akan melakukan sebuah percakapan yang mendalam dan tidak membosankan. Mereka akan mencoba saling mengerti satu sama lain. Selain itu, mereka pun akan menikmati gairah seksual dengan penuh kasih sayang. Cinta romantis akan memiliki komitmen jangka panjang.

5. Persahabatan

Cinta ini lebih kuat dibandingkan dengan sekadar pertemanan. Persahabatan memiliki keintiman cinta yang sang besar. Namun, cinta tersebut tidak didasari oleh gairah seksual. Pasangan yang bersedia menjadi partner atau companion ini bisa memiliki komitmen jangka panjang.Cinta sebagai sahabat ini pun bisa dijumpai dalam hubungan pernikahan. Ada sejumlah pasangan yang tetap bisa saling mencintai dan bisa hidup berdampingan tanpa gairah seksual.

6. Cinta yang sia-sia

Jenis cinta yang sia-sia datang dengan keintiman dan gairah di antara mereka yang menjalaninya. Sayangnya, tidak ada sedikit pun rasa suka di dalam perjalanan cinta ini. Cinta yang sia-sia ini juga sering dijumpai dalam kehidupan pernikahan. Masalahnya, pernikahan yang terjadi selalu berakhir sia-sia juga. Jika ada yang tetap bertahan, hal tersebut bisa terjadi karena sebuah keberuntungan.

7. Cinta sempurna

Seperti namanya, cinta sempurna memiliki tiga komponen yang mewakili sebuah hubungan ideal: keintiman, gairah, dan komitmen. Pasangan yang memiliki cinta sempurna akan saling ketergantungan satu sama lain. Kebahagiaan pasangan merupakan kebahagiaannya juga, begitu pun sebaliknya. Pasangan cinta sempurna akan membatasi perbedaan dan menghadapi tantangan bersama.

Tips menumbuhkan cinta dalam sebuah hubungan

Anda bisa membuat sebuah hubungan percintaan yang romantis, intim, dan berkomitmen. Berikut cara agar bisa menumbuhkan rasa cinta tersebut dengan orang lain:
  • Melakukan teknik meditasi cinta

Teknik meditasi cinta terbukti efektif untuk menumbuhkan emosi positif dalam sebuah hubungan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah meditasi sambil memikirkan seseorang yang disukai. Berikan perasaan cinta dan kehangatan kepada orang tersebut. Utamakan tujuan meditasi ini untuk memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan orang tersebut.
  • Berkomunikasi

Kebutuhan setiap orang berbeda. Anda perlu mencari tahu dengan rutin mengobrol dengan intim. Komunikasikan cinta Anda dengan orang yang disayangi dan buatlah dia merasa istimewa. Setelah itu, buktikan dengan perbuatan nyata.
  • Atasi masalah dengan baik

Tidak ada masalah jika Anda sering berdebat dengan pasangan. Namun, pastikan Anda bisa benar-benar menyelesaikannya segera. Gunakan solusi yang sama-sama menguntungkan untuk setiap masalah. Jangan biarkan masalah yang muncul berlarut-larut tidak terselesaikan.

Catatan dari SehatQ

Jenis cinta yang bermacam-macam bisa dilihat dari komponen yang membentuknya. Jika semua komponen bisa dimiliki, cinta tersebut bisa dikatakan sempurna. Mendapatkan cinta sempurna pun bukan sesuatu yang mustahil. Lakukan komunikasi yang baik dengan pasangan untuk menumbuhkan cinta yang diinginkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar jenis-jenis cinta, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubunganputus cinta
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/what-is-love-2795343
Diakses pada 27 April 2021
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/types-of-love-we-experience-2303200
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait