Mengenal 6 Jenis Insulin untuk Penderita Diabetes, Mulai dari Efek Samping dan Cara Penggunaannya


Bagi penderita diabetes, insulin digunakan untuk mengontrol gula darah. Jenis insulin dibagi berdasarkan waktu bekerja dan lama efek penggunaannya bertahan dalam tubuh.

(0)
Jenis insulin dibagi berdasarkan lama waktunya bertahan dan bekerja dalam tubuhInsulin tidak bisa dikonsumsi langsung melalui mulut dan harus dimasukkan ke dalam tubuh dengan bantuan jarum suntik
Insulin merupakan hormon dalam tubuh yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah tetap berada di kisaran normal. Jika Anda menderita diabetes tipe-1, tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Oleh sebab itu, hormon ini harus disuntikkan melalui jarum suntik secara teratur supaya Anda bisa tetap bertahan hidup.Sementara itu, suntikan insulin hanya sesekali dibutuhkan penderita diabetes tipe-2. Suntikan ini diperlukan saat kadar gula darah melebihi batas normal. Jenis insulin sendiri beragam, yang dibagi berdasarkan waktu suntikan hormon ini bertahan dan bekerja dalam tubuh.

Apa saja jenis insulin?

Jenis insulin dibagi berdasarkan lama waktunya bertahan dan bekerja dalam tubuh. Secara umum, suntikan insulin paling cepat bisa bertahan dan bekerja dalam tubuh minimal 3 jam dan paling lama hingga 36 jam.Berikut ini jenis insulin yang umumnya digunakan oleh penderita diabetes:

1. Rapid-acting insulin

Rapid-acting insulin adalah jenis insulin yang dapat mulai bekerja dalam tubuh kira-kira 15 menit setelah disuntikkan. Biasa disuntikkan ke dalam tubuh sebelum makan, efek penggunaan dari jenis insulin ini dapat bertahan antara 3 hingga 4 jam.

2. Regular (short-acting) insulin

Jenis insulin ini dapat bertahan dalam tubuh Anda selama 5 hingga 8 jam. Untuk mendapatkan efek penggunaan insulin, Anda harus menunggu sekitar 30 hingga 60 menit sejak disuntikkan ke dalam tubuh Anda. Sama seperti halnya rapid acting-insulin, jenis insulin ini sering dipakai sebelum makan.

3. Intermediate-acting insulin

Intermediate-acting insulin merupakan jenis insulin  yang baru akan bereaksi setelah 1 hingga 2 jam berada dalam tubuh Anda. Untuk efek penggunaannya sendiri, jenis insulin ini mampu bertahan 14 hingga 16 jam.

4. Long-acting insulin

Jenis insulin ini umumnya baru akan bekerja dalam tubuh Anda sekitar 2 jam usai disuntikkan. Meskipun terbilang lama, hal tersebut sebanding dengan efek penggunaannya yang diketahui dapat mencapai 24 jam.

5. Ultra long-acting insulin

Ultra long-acting insulin adalah jenis insulin yang baru akan mulai bekerja dalam tubuh 6 jam setelah disuntikkan. Jenis insulin ini dapat bertahan dalam tubuh Anda lebih dari 1 hari, atau tepatnya sekitar 36 jam.

6. Insulin campuran

Jenis insulin ini menggabungkan intermediate-acting insulin dengan short-acting insulin. Insulin campuran biasanya digunakan bagi penderita diabetes yang membutuhkan kedua jenis insulin tersebut secara bersamaan.Proses penyerapan masing-masing jenis insulin bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lain. Penyerapan insulin bisa terhambat jika selalu disuntikkan pada tempat yang sama, baru saja diambil dari lemari pendingin, dan Anda merupakan seorang perokok.Sementara itu, penyerapan insulin oleh tubuh dapat berjalan dengan cepat jika:
  • Memijat area tempat insulin disuntikkan
  • Disuntikkan ke area yang sering digunakan untuk latihan seperti paha dan lengan
  • Tubuh dalam keadaan panas setelah berendam dalam air hangat atau baru saja melakukan sauna
  • Menyuntikkan insulin langsung ke otot (berpotensi membuat gula darah turun secara drastis)

Dosis dan penggunaan insulin

Insulin tidak bisa dikonsumsi langsung melalui mulut dan harus dimasukkan ke dalam tubuh dengan bantuan jarum suntik konvensional, suntikan insulin, atau pompa insulin khusus. Jenis insulin yang dipakai nantinya akan disesuaikan kondisi, kebutuhan, serta preferensi Anda.Untuk menggunakannya, insulin biasanya disuntikkan pada bagian tubuh seperti paha, pantat, lengan bagian atas, dan perut. Hindari menyuntikkan insulin pada jarak 6 cm dari pusar karena tubuh Anda tidak akan menyerapnya dengan baik.Sementara itu, jumlah dosis insulin yang Anda perlukan bergantung pada faktor-faktor seperti jenis makanan yang dikonsumsi, tingkat aktivitas fisik, dan seberapa parah penyakit diabetes yang dialami. Untuk mengetahui jenis, penggunaan, dan dosis insulin yang tepat untuk Anda, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter jika hendak menggunakannya.

Efek samping penggunaan insulin

Ketika memakai insulin secara berlebihan, Anda berpotensi mengalami hipoglikemia. Kondisi ini terjadi saat kadar gula darah Anda turun melebihi batas  normal. Selain itu, penggunaan insulin mungkin juga akan memunculkan gejala-gejala berupa:
  • Linglung
  • Kelelahan
  • Kulit pucat
  • Berkeringat
  • Otot berkedut
  • Hilang kesadaran
  • Kesulitan untuk berbicara

Catatan dari SehatQ

Bagi penderita diabetes, insulin digunakan untuk mengontrol gula darah. Jenis insulin sendiri dibagi berdasarkan waktu bekerja dan lama bertahan di dalam tubuh. Meski dapat membantu mengontrol gula darah, Anda sebaiknya tidak menggunakan insulin secara berlebihan karena berpotensi memicu hipoglikemia.Jika Anda merasakan adanya gejala yang mengganggu kesehatan setelah menggunakan insulin, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Penanganan yang dilakukan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda bertambah parah.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal jenis insulin dan cara penggunaannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabetesinsulinhipoglikemiadiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
Everyday Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/diabetes-and-insulin
Diakses pada 14 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/insulin
Diakses pada 14 Desember 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/insulin-action-reference-chart-1087281
Diakses pada 14 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait