Mengenal 4 Jenis Gigi dan Fungsinya Masing-Masing

(0)
09 Jun 2020|Azelia Trifiana
Orang dewasa memiliki 32 gigi permanen dengan fungsinya masing-masing menurut tiap jenis gigiJenis gigi membuat tampilan senyum Anda menarik
Orang dewasa memiliki 32 gigi permanen dengan fungsinya masing-masing menurut tiap jenis gigi. Gigi merupakan bagian tubuh yang paling sulit hancur di tubuh manusia, terbuat dari protein seperti kolagen dan juga mineral berupa kalsium. Tak hanya membantu mengunyah makanan, gigi juga berperan membantu seseorang berbicara dengan artikulasi jelas.Sangat penting menjaga kesehatan gigi dengan menggosok setiap hari. Ditambah juga dengan konsultasi ke dokter gigi secara berkala setidaknya 6 bulan sekali. Dengan demikian, keluhan seputar gigi bisa diantisipasi sedini mungkin.

Jenis gigi

Dari 32 gigi permanen, masing-masing diberi nama gigi sesuai dengan jenisnya. Mereka adalah:
  • 8 gigi seri
  • 4 gigi taring
  • 8 gigi premolar
  • 12 gigi geraham
Untuk gigi geraham, 4 di antaranya disebut wisdom teeth dan baru tumbuh ketika seseorang mulai dewasa menginjak usia 20 tahun. Meski demikian, kapan tumbuhnya gigi yang sering juga disebut molar ketiga ini bervariasi.Wisdom teeth ini paling sering menimbulkan keluhan karena bisa tumbuh dengan posisi miring. Penyebabnya karena ruang di rahang terkadang tidak lagi mencukupi untuk tumbuhnya satu gigi lagi. Ketika tumbuh miring, dokter biasanya akan melakukan operasi odontektomi atau pencabutan wisdom teeth agar tidak menimbulkan keluhan seperti mendorong gigi geraham di sebelahnya.Setelah membahas jenis dan nama gigi, lebih jauh lagi fungsinya masing-masing adalah:

1. Gigi seri

Orang dewasa memiliki 8 gigi seri, 4 di bagian atas dan 4 di bagian bawah. Bentuk gigi seri seperti alat ukir kecil dengan ujung tajam. Fungsi jenis gigi ini adalah membantu menggigit makanan. Gigi seri adalah bagian gigi yang paling sering digunakan untuk menggigit makanan pertama kali karena letaknya di depan.Gigi seri juga merupakan nama gigi yang tumbuh paling pertama, sejak bayi berusia sekitar 6 bulan. Pada bayi, jenis giginya masih berupa gigi susu yang kemudian akan tanggal dan berganti dengan gigi permanen pada usia 6-8 tahun.

2. Gigi taring

Untuk gigi taring, orang dewasa memiliki total 4 buah. 2 terletak di bawah, dan 2 lagi di atas. Gigi taring terletak persis di sebelah gigi seri. Bentuknya sangat mudah dikenali karena lancip sesuai dengan fungsinya untuk menyobek makanan.Pada bayi, gigi taring pertama kali tumbuh pada usia sekitar 16-20 bulan. Umumnya, gigi taring atas tumbuh terlebih dahulu baru disusul gigi taring bawah.Sebaliknya pada orang dewasa, gigi taring permanen bawah akan tumbuh lebih dulu saat usia 9 tahun, baru disusul gigi taring permanen atas pada usia 11-12 tahun.

3. Gigi premolar

Jenis gigi premolar terletak di sebelah gigi taring sebelum gigi geraham. Total ada 8 gigi premolar, 4 di atas dan 4 di bawah. Ukuran gigi premolar lebih besar ketimbang gigi taring dan gigi seri. Permukaannya rata dan berfungsi untuk menghancurkan makanan menjadi lebih kecil sehingga mudah ditelan.Bayi dan anak-anak tidak memiliki gigi premolar, itu sebabnya rata-rata jumlah gigi mereka hanya 20. Biasanya, gigi premolar baru mulai tumbuh di usia sekitar 10 tahun.

4. Gigi geraham

Untuk jenis gigi geraham, orang dewasa memiliki 12 gigi geraham. Letaknya 6 di atas dan 6 di bawah. Ini adalah jenis gigi yang paling besar dan kuat dengan permukaan yang juga lebih beasr.Permukaan besar pada gigi geraham membantu menghancurkan makanan. Ketika makanan sudah dikunyah gigi seri, lidah akan membantu mendorong makanan ke belakang sehingga proses kunyah dilanjutkan gigi geraham hingga makanan hancur.Begitu pentingnya peran tiap nama gigi di atas, maka tugas setiap individu adalah menjaga agar tetap tumbuh dengan baik. Berbeda dengan wisdom teeth yang tidak masalah jika diangkat, jenis gigi yang lain sangat esensial dan harus tetap ada.Pun ketika sudah menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi tetap saja ada lubang atau keluhan lain, segera ke dokter gigi untuk mengatasinya. Jika dibiarkan berlarut-larut, kerusakan seperti lubang bisa bertambah besar dan mengenai saraf. Ketika ini terjadi, akan menimbulkan rasa nyeri hingga kesulitan untuk makan.
kesehatan gigigigi putihhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/teeth-names
diakses 23 Mei 2020
Dental Care. https://www.dentalcare.com/en-us/professional-education/ce-courses/ce500/types-of-teeth-and-their-functions
diakses 23 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326754
diakses 23 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait