Mengenal Jenis Gangguan Suasana Hati Beserta Gejalanya


Jenis gangguan suasana hati yang diderita masing-masing orang bisa berbeda satu sama lain. Jenis-jenis mood disorder yang umum terjadi seperti depresi mayor, bipolar, PMDD, DMDD, distimia, dan cyclothymia.

(0)
Ada beragam jenis gangguan suasana hati dan masing-masing punya tingkat keparahan berbedaGangguan suasana hati dapat memicu gejala fisik dan emosional
Gangguan suasana hati atau mood disorder adalah kondisi yang memengaruhi suasana hati beserta fungsi terkait. Jenis gangguan suasana hati sangat beragam, masing-masing memiliki tingkat keparahan yang berbeda.Penyebab gangguan suasana hati belum diketahui secara pasti, tetapi faktor seperti genetik, ketidakseimbangan kimiawi pada otak, hingga peristiwa traumatis disebut turut berkontribusi. Kondisi ini perlu ditangani dengan baik karena dapat berdampak buruk bagi kehidupan.

Apa saja gejala gangguan suasana hati?

Gejala gangguan suasana hati bisa berbeda tergantung jenisnya. Namun, ada sejumlah gejala umum yang kerap dialami oleh penderita mood disorder. Tidak hanya secara emosional, gejala kognitif dan fisik mungkin juga akan dirasakan.Berikut ini sejumlah gejala umum yang kerap dirasakan oleh penderita gangguan suasana hati:
  • Kelelahan
  • Mudah marah
  • Merasa gelisah
  • Sering menangis
  • Perasaan bersalah
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Sulit tidur atau justru tidur lebih lama dari biasanya
  • Makan lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya
  • Kehilangan ketertarikan pada aktivitas yang pernah disukai
  • Acuh atau tidak peduli dengan keadaan maupun orang di sekitar
  • Merasa terisolasi, sedih, putus asa, dan tidak berharga
  • Mempunyai pikiran untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri
Apabila tak segera mendapat penanganan, gejala suasana hati dapat bertambah parah setiap harinya. Ketika sudah parah, kondisi tersebut bisa berdampak buruk terhadap kehidupan Anda, baik aktivitas, pekerjaan, hubungan, hingga sosial,

Jenis-jenis gangguan suasana hati

Gangguan suasana hati terbagi dalam beberapa jenis. Tiap jenis mood disorder punya kondisi dan tingkat keparahan yang berbeda. Ragam jenis gangguan mood, di antaranya:

1. Depresi mayor

Kondisi ini sering disebut dengan depresi berat. Penderita depresi mayor umumnya merasakan kesedihan yang ekstrem, keputusasaan, hingga kehampaan dalam hidup, yang disertai berbagai gejala fisik, kognitif, dan emosional lainnya.

2. Bipolar

Bipolar merupakan salah satu jenis gangguan suasana hati
Penderita bipolar mengalami suasana hati yang berubah-ubah
Bipolar atau depresi manik merupakan gangguan mood yang ditandai dengan suasana hati gembira, mudah tersinggung, serta peningkatan energi atau aktivitas. Penderitanya kerap kali melakukan aktivitas dengan konsekuensi yang menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

3. Siklotimia

Jenis gangguan suasana hati ini menyebabkan emosi penderitanya naik turun secara tidak menentu. Namun, naik turunnya emosi penderita siklotimia tak separah yang dialami oleh penderita bipolar.

4. Distimia 

Distimia adalah bentuk jangka panjang dari depresi. Jika tidak segera diatasi dengan baik dan bertambah parah, distimia bisa menyebabkan depresi mayor dan memicu gejala fisik, kognitif, dan emosional yang lebih ekstrim dari sebelumnya.

5. Disruptive mood dysregulation disorder (DMDD)

Gangguan suasana hati ini umumnya dialami oleh anak-anak hingga remaja berusia 18 tahun. Penderita disruptive mood dysregulation disorder mudah sekali untuk marah dan menunjukkan ledakan emosi yang ekstrem meski tanpa adanya provokasi.

6. Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) 

PMDD adalah gangguan suasana hati yang umumnya muncul seminggu sebelum menstruasi. Penderita PMDD umumnya akan mengalami gejala-gejala seperti perubahan mood, gampang tersinggung, kecemasan, dan merasa tertekan.

Bagaimana cara mengatasi gangguan suasana hati?

Mengatasi gangguan suasana hati bisa dilakukan dengan bantuan ahli
Cara mengatasi gangguan suasana hati harus dilakukan sesuai penyebab yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika kondisi tersebut disebabkan oleh peristiwa traumatis, terapi bicara (talk therapy) dapat membantu mengatasinya.Sementara itu, apabila mood disorder dipicu ketidakseimbangan kimiawi dalam otak, dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan mengombinasikan psikoterapi dan konsumsi obat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kapan harus ke dokter?

Bagi sebagian orang, gangguan suasana hati mungkin tidak memberikan pengaruh yang berarti bagi kehidupan. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda berkonsultasi dengan dokter ketika menderita kondisi ini.Segera konsultasikan diri Anda dengan dokter, jika:
  • Emosi mengganggu pekerjaan, hubungan, dan aktivitas sosial 
  • Mencoba mengatasi kondisi tersebut dengan minum alkohol atau obat-obatan terlarang
  • Mempunyai pikiran untuk bunuh diri
Gangguan suasana hati tidak bisa hilang dengan sendirinya dan dapat semakin memburuk dari hari ke hari jika tidak segera ditangani. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kondisi Anda bertambah parah.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait gangguan suasana hati dan cara untuk mengatasinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
bipolardepresikesehatan mentalgangguan menstruasi
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/mood-disorder-1067175
Diakses pada 7 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mood-disorders/symptoms-causes/syc-20365057
Diakses pada 7 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait