Mengenal Jaringan Otot Manusia, Si Penggerak Tubuh

(0)
18 Dec 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi jaringan otot pada tubuh manusiaJaringan otot di tubuh manusia berjumlah kurang lebih 600 buah
Jaringan otot manusia bukan yang hanya yang tampak di permukaan, seperti di tubuh seorang atlet binaraga. Ada sekitar 600 jenis otot yang berbeda dan menyumbang setidaknya setengah dari total berat badan manusia.Jaringan otot umumnya menempel pada tulang, dan berperan untuk membantu pergerakan. Namun, ada juga yang menjadi bagian organ-organ vital seperti jantung maupun organ-organ pencernaan.

Jaringan otot manusia dikelompokkan menjadi 3 jenis

gambar jaringan otot manusia
Jaringan otot yang menempel di tulang disebut jaringan otot lurik
Dari 600 jenis yang ada, jaringan otot manusia dibagi lagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

• Jaringan otot polos

Jaringan otot polos adalah otot yang terdapat di organ-organ dalam seperti lambung, usus, dan pembuluh darah. Otot polos dapat juga disebut sebagai otot visceral dan dianggap sebagai jaringan otot yang paling lemah dibandingkan dengan jenis lainnya.Otot ini berfungsi untuk membuat organ dalam tersebut berkontraksi, sehingga bisa mengantarkan makanan asupan lain yang masuk ke dalam tubuh, menuju organ-organ tertentu.Jaringan otot polos bekerja di bawah alam sadar atau secara otomatis. Sehingga, kita tidak perlu sengaja “menginstruksikan” otot ini untuk membawa makanan yang dikonsumsi, dari usus ke lambung. Proses tersebut sudah bisa terjadi dengan sendirinya.

• Jaringan otot lurik

Jaringan otot lurik adalah otot yang menempel di tulang atau disebut juga dengan otot rangka. Otot inilah yang berperan dalam pergerakan tubuh kita. Otot lurik menyumbang sekitar 40% berat badan manusia.Otot lurik akan mulai bekerja saat sistem saraf mengirimkan sinyal, lalu menginstruksikan otot untuk berkontraksi. Saat ada instruksi tersebut, sekelompok otot yang dibutuhkan tubuh untuk bergerak ke arah tertentu, akan bekerjasama.Pergerakan yang melibatkan jaringan otot lurik tidak sepenuhnya otomatis. Meski tidak perlu secara spesifik menginstruksikan otot untuk menggerakkan kaki, namun tapi masih harus berada dalam keadaan sadar, agar otot lurik bisa bergerak.

• Jaringan otot jantung

Sesuai namanya, jaringan otot jantung hanya dapat ditemukan di organ yang sama. Fungsi utama dari otot jantung adalah untuk memompa darah dari dan menuju jantung. Tentu, otot ini bekerja secara otomatis tanpa memerlukan instruksi tertentu.Otot jantung merupakan jaringan utama yang membangun dinding jantung. Jenis jaringan ini juga menciptakan suatu impuls listrik yang dapat membuat jantung berkontraksi.Impuls listrik yang muncul pada jantung juga bisa dipengaruhi oleh hormon dan rangsangan dari sistem saraf. Hal ini biasanya ditandai dengan meningkatnya detak jantung saat Anda merasa takut.

Fungsi jaringan otot di tubuh

Jaringan otot manusia berperan untuk membentuk postur tubuh
Jaringan otot juga berperan untuk membentuk postur tubuh
Seperti yang kita ketahui, fungsi utama jaringan otot adalah untuk pergerakan tubuh. Namun selain itu, ternyata masih banyak fungsi lain yang mungkin belum banyak diketahui, seperti:

1. Menjaga tubuh tetap stabil

Jaringan otot lurik yang berada di area perut hingga punggung, berperan sebagai penopang tubuh sekaligus melindungi tulang belakang. Otot yang berada di area ini, disebut juga sebagai otot core. Semakin kuat otot core Anda, maka tubuh Anda juga akan semakin stabil.

2. Membangun postur tubuh

Jaringan otot di tubuh juga berperan dalam mengatur postur. Untuk mendapatkan postur yang baik, Anda perlu memiliki kelenturan dan kekuatan yang baik.Otot leher dan paha yang kaku serta otot punggung yang lemah, bisa menyebabkan postur tubuh menjadi kurang baik. Postur tubuh yang kurang baik, bisa menyebabkan nyeri di area persendian.

3. Membantu pernapasan

Otot yang perannya sangat penting dalam pernapasan adalah diafragma. Diafragma, terletak di bawah paru-paru dan akan berkontraksi saat kita mengambil napas, lalu kembali relaksasi saat kita menghela napas.Saat otot diafragma menarik napas, ruang yang ada di paru-paru akan membesar, dan memungkinkan tubuh untuk menangkap udara sebanyak-banyaknya. Lalu, saat otot ini kembali relaksasi, udara yang sudah diolah di paru-paru, akan didorong keluar.

4. Memompa darah

Otot jantung berperan dalam sirkulasi tubuh dengan memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sementara itu, otot polos yang ada di pembuluh darah, berperan melancarkan aliran tersebut sekaligus menjaga kadar tekanan darah.

5. Mengatur pencernaan

Pencernaan di tubuh kita juga diatur oleh otot polos yang berada pada saluran cerna. Otot ini, berada di mulut serta di organ pencernaan lain seperti hati, pankreas, dan kantong empedu, bahkan anus.Saat proses pencernaan terjadi, otot polos akan berkontraksi dan kemudian mengendur saat makanan melewati salurannya. Otot in, akan membantu sisa makanan keluar melalui anus, dan membantu terjadinya refleks muntah saat Anda sedang sakit.

6. Membantu buang air kecil

Jaringan otot polos jugalah yang membuat urine bisa keluar dari tubuh. Saat Anda buang air kecil, otot polos yang ada di kandung kemih akan berkontraksi agar urine bisa keluar. Lalu, saat Anda sedang menahan buang air kecil, otot tersebut akan menyesuaikannya dengan berada di posisi relaksasi.

7. Membantu persalinan

Jaringan otot polos yang berada di rahim, akan melar dan meregang seiring pertumbuhan janin. Saat wanita melewati proses persalinan, otot polos yang ada di rahimnya akan berkontraksi dan berelaksasi untuk membantu bayi keluar melalui vagina.

8. Menjaga kemampuan melihat

Enam jenis otot lurik yang berada di sekitar mata, turut berperan dalam menjaga pergerakan mata. Otot-otot ini bekerja dengan cepat sehingga kita dapat menjaga kestabilan gambar yang kita lihat, memindai sekeliling dengan pandangan, serta mengikuti pergerakan suatu objek.

9. Melindungi organ di dalam tubuh

Otot yang berada di area perut, melindungi banyak organ dalam dari sisi depan, samping, hingga belakang. Otot juga bekerja sama dengan tulang untuk memberikan perlindungan yang terbaik bagi organ tubuh.

10. Mengatur suhu

Jaringan otot berperan penting dalam mengatur suhu di dalam tubuh. Sebab, sekitar 85% dari panas tubuh, berasal dari otot yang sedang berkontraksi. Saat suhu tubuh turun, otot akan bekerja lebih keras untuk dapat menghasilkan panas. Ketika otot bekerja lebih keras seperti ini, tubuh menjadi bergetar atau menggigil.Melihat fungsi jaringan otot yang begitu beragam, jangan sampai Anda lalai untuk menjaga kesehatannya. Selalu konsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur, untuk mengurangi risiko terjadinya kerusakan otot.
nyeri otototot dadalatihan otot dadacara membentuk otot perut
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321617.php
Diakses pada 18 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/functions-of-the-muscular-system
Diakses pada 18 Desember 2019
Inner Body. https://www.innerbody.com/image/musfov.html
Diakses pada 18 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait