Mengenal Manfaat Jamur Shimeji yang Tinggi Nutrisi untuk Mencegah Kanker


Manfaat jamur shimeji selain kaya antioksidan juga dapat mencegah kanker payudara hingga leukimia. Jamur shimeji mengandung tinggi protein, vitamin, dan mineral, serta memiliki sifat antijamur.

0,0
29 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat jamur shimeji salah satunya adalah mencegah kankerJamur shimeji punya banyak manfaat bagi kesehatan
Jamur shimeji adalah sekelompok jamur dari Asia Timur dan Eropa Utara yang aman untuk dikonsumsi. Jamur ini biasanya tumbuh di pohon elm, ek, atau beech. Manfaat jamur shimeji terkenal baik untuk kesehatan paru-paru dan organ kardiovaskular.
Batang jamur shimeji biasanya berdaging dan berwarna putih dengan warna tudung yang berbeda-beda. Setidaknya ada 20 jenis jamur shimeji yang dikenal di seluruh dunia, beberapa jenis yang paling populer adalah jamur shimeji cokelat (buna shimeji) dan jamur shimeji putih (bunapi shimeji).

Kandungan nutrisi jamur shimeji

Jamur yang bisa dikonsumsi umumnya bergizi tinggi. Demikian pula dengan jamur shimeji yang dilengkapi dengan sederet nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram jamur shimeji.
  • Protein 33,89 g
  • Serat 13,20 g
  • Karbohidrat 50,10 g
  • Kalium 1575 mg
  • Kalsium 98 mg
  • Fosfor 568 mg
  • Besi 18 mg
  • Zinc 5 mg.
Jamur shimeji memiliki beberapa senyawa aktif polisakarida. Di samping rendah lemak dan kolesterol, jamur ini juga diperkaya dengan kandungan steroid ergosterol, provitamin D2, riboflavin, biotin, dan niasin yang tinggi.Berkat berbagai kandungan gizi inilah, jamur shimeji dianggap sebagai asupan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.Baca juga: Aneka Sumber Protein Nabati yang Mudah Dicari di Pasar dan Supermarket

Manfaat jamur shimeji untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai potensi manfaat jamur shimeji berdasarkan kandungan nutrisi yang dikandungnya.

1. Sumber serat yang baik

Jamur shimeji mengandung serat makanan yang dapat meningkatkan ekskresi asam empedu tinja dan menurunkan respons insulin. Hal ini dianggap bisa membantu menurunkan konsentrasi kolesterol total.

2. Mencegah infeksi parasit

Enzim protease yang dimiliki jamur Shimeji diklaim mampu membasmi hama cacing dan melindungi Anda dari penularan penyakit yang disebabkan infeksi parasit. Parasit bisa dengan mudah masuk ke tubuh melalui makanan. Jika terinfeksi, Anda bisa mengalami gangguan pencernaan seperti diare, muntah, hingga buang air besar berdarah.

3. Memiliki sifat antijamur

Jamur shimeji mengandung senyawa hyspin yang dianggap memiliki aktivitas antijamur terhadap berbagai jamur patogen yang bisa menyebabkan penyakit, seperti Physalospora piricola, Fusarium oxysporum, Mycosphaerella arachidicola dan Botrytis cinerea.Namun, manfaat jamur shimeji ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Ini karena uji sifat antimikroba biasanya menggunakan ekstrak bukan berbentuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

4. Membantu meredakan hipertensi atau tekanan darah tinggi

Potensi manfaat jamur shimeji lainnya datang dari kandungan oligopeptida yang diklaim mampu membantu menurunkan tekanan darah. Berkat kandungan ini, jamur shimeji dianggap bisa membantu mengurangi risiko stroke pada penderita hipertensi.Penelitian pada hewan di Jepang menemukan bahwa manfaat jamur shimeji dalam mencegah stroke yakni karena kandungan antiaterosklerotik di dalamnya yang bisa mengurangi pembentukan plak dalam pembuluh darah.

5. Kaya antioksidan

Ada banyak senyawa antioksidan yang dimiliki jamur shimeji, di antaranya fenolik, flavonoid, fenol, steroid, dan asam askorbat. Berbagai senyawa ini dinilai mampu meredakan peradangan, mencegah stres oksidatif, dan melawan radikal bebas.Senyawa antioksidan pada jamur shimeji juga dianggap bermanfaat dalam memberikan perlindungan terhadap berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti Serratia marcescens, Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus.

6. Berpotensi sebagai antikanker

Jamur shimeji cokelat dilengkapi dengan berbagai senyawa yang dianggap bisa menghambat perkembangan sel kanker, seperti glikoprotein  marmorin, beta-glucan, hypsiziprenol, dan hypsin. Maka dari itu, jamur ini diklaim sebagai agen antikanker alami dengan menghambat perkembangan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah adalah kanker payudara, kanker paru, kanker hati, hingga leukimia.

7. Membantu mengontrol gula darah dan berat badan

Kandungan senyawa hipsizi prenol, hopsin, polisakarida, dan polifenol pada jamur shimeji dipercaya bisa membantu mengurangi penumpukan lemak tanpa memengaruhi penurunan berat badan.Jamur shimeji juga dianggap mampu menurunkan kadar gula dan meningkatkan kandungan antioksidan sehingga bisa membantu menangani obesitas dan resistensi insulin.Baca juga: Potensi Manfaat Jamur Matsutake yang Harganya Setara Motor Baru

Cara memasak jamur shimeji

Jamur shimeji putih dan jamur shimeji cokelat memiliki rasa yang lembut sekaligus tekstur yang kenyal. Jamur ini harus dimasak dulu sebelum dimakan. Jamur shimeji rasanya pahit saat masih mentah. Namun, setelah matang jamur shimeji memiliki rasa pedas dan manis yang ringan.Jamur ini sangat populer digunakan dalam masakan jepang. Namun, jamur ini bisa divariasikan tanpa batas dalam berbagai jenis olahan jamur shimeji, termasuk sup, semur, mie, salad, tempura, hingga rice bowl.Jamur shimeji juga dapat dimasak dengan berbagai metode, mulai dari ditumis, dipanggang, dikukus, digoreng, hingga diasamkan. Sebelum dimasukkan ke dalam masakan, jamur shimeji perlu dibersihkan terlebih dahulu.Cara membersihkan jamur shimeji yang benar adalah menggunakan tisu dan pisau untuk menghilangkan kotorannya. Air yang berlebihan pada jamur shimeji bisa menyebabkan jamur menjadi lebih cepat membusuk. Jika ingin disimpan dalam lemari pendingin, sebaiknya jamur dibungkus dengan kertas.

Pesan dari SehatQ

Hingga saat ini, belum ditemukan adanya laporan mengenai bahaya jamur shimeji, termasuk jamur shimeji cokelat dan jamur shimeji putih.Namun, jamur shimeji cepat membusuk setelah dipanen sehingga Anda disarankan segera mengolahnya. Apabila dikemas dalam bungkus plastik, jamur shimeji harus digunakan dalam waktu 5 hari.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatantioksidan
Miracle Mushroom. http://miraclemushrooms.co.za/shimeji-mushrooms/
Diakses 18 Mei 2021
Food Thesis. https://foodthesis.com/shimeji-mushroom-health-benefits-and-side-effects/
Diakses 18 Mei 2021
Just One Cook Book. https://www.justonecookbook.com/shimeji-mushroom/
Diakses 18 Mei 2021
Diversivore. https://www.diversivore.com/ingredient-pages/shimeji-mushroom/
Diakses 18 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait