Mengenal Jakun pada Pria dan Fungsinya


Jakun adalah salah satu pertanda bahwa seseorang telah memasuki masa pubertas. Tonjolan ini sendiri sebenarnya merupakan tulang rawan yang berfungsi melindungi kotak suara (laring).

(0)
27 Mar 2021|Rhandy Verizarie
jakun pada priaJakun pada pria terbentuk ketika memasuki masa pubertas
Salah satu bagian tubuh yang menjadi ciri khas pria adalah jakun atau Adam’s Apple. Disebut demikian karena sebagaimana dilansir dari ulasan berjudul Anatomy, Head and Neck, Adam's Apple, hal ini mengacu pada cerita Nabi Adam yang melanggar perintah Tuhan untuk tidak memakan buah terlarang yang ada di Taman Eden.Akibatnya, buah tersebut ‘terjebak’ di tenggorokan sang nabi, dan dialami oleh keturunannya sampai sekarang.Terlepas dari hal tersebut,  jakun atau Adam’s Apple sebenarnya bisa dijelaskan secara medis. Apa itu jakun dan seperti apa fungsinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu jakun?

Jakun adalah bagian tubuh berupa tonjolan yang letaknya ada di tenggorokan, tepatnya di atas kelenjar tiroid pada leher. Dalam dunia medis, tonjolan tersebut dikenal dengan nama prominentia laryngea.Jakun sendiri merupakan tulang rawan, tapi strukturnya lebih kuat ketimbang tulang rawan lainnya.  Tonjolan tulang rawan ini akan muncul seiring dengan pertumbuhan laring selama masa pubertas. Sementara itu, fungsi jakun adalah untuk melindungi laring, sekaligus pita suara di dalamnya. Beberapa orang mungkin memiliki jakun yang tidak terlalu menonjol, atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun, Anda tak perlu khawatir dan gegabah mencari cara menumbuhkan jakun.Besar kecilnya ukuran jakun seseorang tidak berdampak kesehatan Anda secara menyeluruh. Biasanya, perbedaan ukuran ini hanya akan memengaruhi karakter suara. Orang yang memiliki laring besar akan memiliki suara yang lebih rendah dan berat. Sebaliknya, orang dengan ukuran laring dan jakun kecil akan mempunyai karakter suara yang lebih tinggi.

Masalah kesehatan yang dapat melibatkan jakun

Jakun yang lebih besar belum tentu menandakan kondisi kesehatan seseorang. Namun, beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan jakun tampak membengkak, seperti:

1. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan (faringitis) adalah kondisi ketika tenggorokan mengalami peradangan. Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus.Beberapa gejala yang dirasakan saat Anda mengalami faringitis, antara lain:
  • Sakit tenggorokan 
  • Suara serak
  • Sulit menelan makanan
  • Sakit saat berbicara
Mayoritas kasus radang tenggorokan tidak bersifat serius. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat antibiotik dan pereda nyeri. Pada beberapa kasus, faringitis bahkan dapat sembuh dengan sendirinya.

2. Radang laring

Laring juga bisa mengalami peradangan yang kemudian menyebabkan jakun dan area di sekitarnya membengkak. Radang laring (laringitis) juga ditandai oleh gejala seperti suara serak dan sakit tenggorokan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh:
  • Iritasi
  • Infeksi virus
  • Berteriak 
  • Bernyanyi terlalu lama

3. Gondok

Gondok adalah kondisi ketika kelenjar tiroid mengalami pembesaran. Posisi jakun yang berada  di atas tiroid membuat jaringan tulang rawan ini ikut terdampak saat Anda mengalami penyakit gondok.Beberapa kondisi yang menjadi menyebabkan kelenjar tiroid, antara lain:
  • Kekurangan yodium
  • Penyakit Hashimoto
  • Penyakit Grave
  • Kehamilan
  • Radang tiroid (tiroiditis)

4. Kanker tiroid

Jakun yang membengkak juga bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya, dalam hal ini, kanker tiroid.Kanker tiroid terjadi ketika ada pertumbuhan sel-sel abnormal pada kelenjar tersebut. Kanker tiroid dapat diatasi dengan metode pengobatan kanker pada umumnya, yaitu:
  • Kemoterapi
  • Terapi radiasi
  • Terapi hormon
  • Operasi

5. Kanker laring

Tidak hanya radang, laring pun dapat terserang penyakit kanker. Kanker pada laring dapat tumbuh dan berkembang di semua bagian mulai dari supraglotis, glotis, hingga subglotis.Sel kanker tersebut juga bisa menyebar hingga ke pita suara, menyebabkan kondisi yang disebut dengan kanker pita suara. Sama seperti kanker tiroid, pengobatan kanker laring meliputi kemoterapi, terapi radiasi, hingga operasi.

Apakah wanita juga memiliki jakun?

Tak hanya lelaki, rupanya wanita juga memiliki jakun. Akan tetapi, ukuran jakun pada wanita umumnya tidak sebesar pria. Itu sebabnya, wanita cenderung mempunyai karakter suara yang tinggi.Alasan utama wanita tidak memiliki jakun sebesar pria adalah karena proses pertumbuhan laring pada pria saat pubertas lebih cepat daripada wanita. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh kadar hormon testosteron dan struktur tulang leher wanita yang tidak sekuat pria.Akan tetapi, terdapat beberapa wanita yang jakunnya menonjol cukup jelas. Hal tersebut tak lepas dari sejumlah faktor, seperti:
  • Keturunan (genetik)
  • Anomali anatomi tubuh
  • Ketidakseimbangan hormon
Punya keluhan di area tenggorokan Anda? Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya dengan bertanya pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
radang tenggorokankesehatan priaanatomi manusia
Healthline. https://www.healthline.com/health/adams-apple#takeaway Diakses pada 17 Maret 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324146#can-a-big-adams-apple-be-a-sign-of-another-condition Diakse pada 17 Maret 2021StatPearls. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK535354/ Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait