logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Mengenal Istilah Rainbow Baby, Apa Artinya?

open-summary

Rainbow baby adalah istilah bagi bayi yang lahir sehat setelah ibunya mengalami keguguran di kehamilan sebelumnya. Sebutan ini berasal dari kehadirannya yang seperti pelangi setelah hujan.


close-summary

19 Jan 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Rainbow baby bisa membantu memulihkan rasa sedih

Rainbow baby bisa membantu memulihkan rasa sedih

Table of Content

  • Memahami istilah rainbow baby
  • Apa yang akan dialami?
  • Rainbow baby yang spesial

Rainbow baby adalah istilah yang disematkan ketika seorang ibu berhasil melahirkan bayi sehat ke dunia setelah sebelumnya pernah mengalami keguguran. Bukan hanya itu saja, pengalaman anak meninggal dunia dan kematian bayi dalam kandungan juga termasuk di dalamnya.

Advertisement

Istilah rainbow baby terinspirasi dari munculnya pelangi setelah badai. Kondisi badai dalam hal ini mengacu pada masa-masa kelam saat kehilangan anak. Tak hanya itu, istilah ini menjadi simbol harapan dan kesembuhan.

Memahami istilah rainbow baby

Bayi yang terlahir sehat setelah orangtuanya sempat mengalami kehilangan dikaitkan erat dengan keajaiban. Penggambaran ini begitu tepat karena dampaknya begitu kuat dalam membantu orangtua pulih setelah pernah kehilangan.

Bagi orang yang pernah mengalami keguguran atau kehilangan anak, emosi yang terasa tentu campur aduk. Mulai dari bahagia, pulih, refleksi diri, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, tentu ada rasa bersalah, cemas, bahkan takut ketika kembali dipercaya untuk hamil. Belum lagi kontradiksi emosi saat merasa bahagia menyambut kelahiran bayi sehat ke dunia, sementara di sisi lain ada duka akibat kehilangan anak.

Apa yang akan dialami?

Bagi calon orangtua yang tengah menanti kelahiran rainbow baby, ada beberapa hal yang mungkin akan dialami, di antaranya:

1. Campur aduk emosi

Sangatlah wajar ketika orangtua memiliki perasaan yang begitu kompleks terhadap kondisi yang tengah dijalaninya. Rasa sedih dan bersalah berjalan beriringan dengan antusiasme serta kelegaan.

Semuanya valid. Tidak ada emosi yang salah. Hal terpenting adalah pastikan memproses emosi seutuhnya. Mulai dari saling memberi dukungan pada pasangan, bercerita kepada orang yang punya pengalaman serupa, hingga konsultasi dengan tenaga medis profesional.

2. Waspadai risiko postpartum depression

Seorang ibu yang pernah mengalami kehilangan anak berisiko lebih tinggi mengalami postpartum depression disertai kecemasan berlebih. Antisipasi hal ini sejak awal, sebelum rainbow baby hadir ke dunia.

Caranya bisa dengan membuat rencana pencegahan dengan pasangan serta keluarga terdekat, berkonsultasi dengan ahlinya, dan tak segan meminta bantuan ketika situasi dirasa menyulitkan.

3. Cari wadah untuk bercerita

Kecemasan atau anxiety akan hadir ketika calon orangtua bersiap menyambut anggota keluarga terbaru. Bayang-bayang mengalami kehilangan untuk kesekian kalinya sangat mungkin muncul. Ini sangat manusiawi.

Oleh sebab itu, coba cari wadah untuk menuangkan perasaan. Bisa dengan bercerita dengan orang terpercaya hingga menulis jurnal. Pastikan sang ibu juga tidak terkungkung dalam rasa bersalah dan merawat dirinya dengan optimal.

4. Tidak memasang target

Ingat, rasa bersalah dan rasa sedih adalah dua hal yang begitu melelahkan. Terlebih jika yang mengalaminya adalah ibu yang sedang hamil. Untuk itu, jangan memasang target berlebihan terhadap apapun.

Tidak ada masalah jika hanya bisa menuntaskan satu hal setiap harinya. Hanya mampu melakukan aktivitas seperti berolahraga selama satu jam juga sudah sangat hebat, tidak perlu memaksakan diri hingga membuat perasaan semakin terbebani.

5. Memantau kandungan

Setelah melihat riwayat medis, dokter akan memantau kandungan dengan lebih saksama. Bisa jadi, ada tes tertentu yang perlu dijalani. Tujuannya satu, agar kehamilan kali ini bisa berlangsung baik-baik saja hingga bayi hadir cukup umur ke dunia.

Lebih jauh lagi, mengetahui janin dalam kandungan berkembang dengan baik dan aman bisa menenangkan sang ibu. Selain dengan pemeriksaan berkala bersama dokter, menghitung gerakan bayi ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga juga bisa menjadi cara untuk menenangkan pikiran.

Baca Juga

  • Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar, Mudah dan Tidak Sakit!
  • 5 Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang, Ketahui Juga Penyebabnya!
  • Ini 10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan 1 Tahun

Rainbow baby yang spesial

bayi
Raibow baby bisa menjadi bagian pelipur lara atas kejadian sebelumnya

Kehadiran rainbow baby begitu spesial karena menjadi simbol harapan dan pemulihan setelah melewati masa sulit. Tak hanya itu, bagi orangtua, kehadiran bayi ini juga menjadi pengingat yang begitu berharga.

Tidak ada satu orang pun yang berhak mendikte bagaimana cara bersedih bagi orangtua yang pernah kehilangan buah hatinya. Bahkan sebenarnya, proses pemulihan ini bisa berlangsung seumur hidup.

Ketika rainbow baby tumbuh besar kelak, bercerita tentang kenangan anak yang sudah lebih dahulu meninggalkan dunia juga bisa menjadi cara nyaman untuk berdamai dengan kesedihan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang menjaga kandungan setelah sempat mengalami keguguran, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

bayi & menyusui

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved