Mengenal Inositol, Jenis Gula yang Bermanfaat bagi Tubuh


Inositol adalah jenis karbohidrat yang terkandung dalam tubuh dan dapat dikonsumsi dari makanan dan suplemen. Inositol pun menawarkan beberapa manfaat termasuk berpotensi untuk meredakan kecemasan dan depresi.

(0)
24 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Inositol adalah jenis karbohidrat yang sudah terkandung dalam tubuh dan dapat dikonsumsi dari makanan dan suplemenInositol terkandung dalam beragam jenis makanan dan suplemen
Nutrisi yang kita konsumsi dari tumbuhan memang beragam jenisnya. Salah satu yang mungkin belum terlalu familiar banyak orang adalah inositol, jenis gula alkohol yang ternyata juga terkandung di dalam tubuh dan tersedia pula dalam bentuk suplemen. Ketahui apa itu inositol dan manfaat yang ditawarkannya.

Apa itu inositol?

Inositol adalah jenis gula alkohol yang sebenarnya sudah terkandung dalam tubuh. Inositol juga ditemukan dalam beragam makanan dan tersedia pula dalam bentuk suplemen. Inositol sering dijuluki vitamin B8 walau sebenarnya bukanlah vitamin.Ada beragam jenis bentuk molekul inositol – di mana tiap-tiap molekul tersebut memiliki struktur yang mirip dengan glukosa. Inositol berperan dalam berbagai proses di dalam tubuh sehingga mulai banyak dikaji terkait manfaatnya untuk kesehatan.Inositol juga dilaporkan memiliki efek antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas. Inositol membantu melawan efek radikal bebas di otak, sistem aliran darah, dan jaringan tubuh lainnya.

Potensi manfaat inositol untuk kesehatan medis dan psikologis

Berikut ini sejumlah potensi manfaat dan khasiat inositol untuk kesehatan:

1. Mengurangi rasa cemas

Inositol bermanfaat untuk meredakan kecemasan
Inositol berperan dalam mengurangi rasa cemas
Salah satu potensi manfaat inositol adalah mengurangi kecemasan. Efek ini ditawarkan inositol karena dapat memengaruhi proses produksi neurotransmitter, termasuk serotonin. Sebagai neurotransmitter, serotonin berperan dalam penyampaian informasi serta memengaruhi mood dan perilaku seseorang.Menurut sebuah studi dalam American Journal of Psychiatry, inositol dapat mengurangi keparahan serangan panik dan agorafobia (rasa takut pada ruang terbuka atau tempat umum) dibandingkan kelompok plasebo. Laporan lain juga menyebutkan bahwa  konsumsi suplemen inositol dapat mengurangi gejala OCD dan gangguan stres pascatrauma (PTSD). Riset-riset lanjutan tentu diperlukan untuk menguatkan premis manfaat inositol tersebut. 

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

Inositol juga berpotensi membantu mengontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin merupakan hormon yang penting dalam pengendalian gula darah. Gangguan kemampuan tubuh dalam merespons insulin dikaitkan dengan risiko sindrom metabolik seperti diabetes tipe 2.Sebuah riset dalam jurnal Menopause melaporkan, konsumsi inositol membantu meningkatkan sensitivitas insulin serta mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol. Studi ini dilakukan selama enam bulan dengan melibatkan 80 orang wanita pascamenopause. 

3. Meredakan gejala depresi

Selain berpotensi untuk mengurangi kecemasan, inositol juga potensial untuk meredakan gejala depresi. Manfaat ini masih berkaitan dengan efek inositol terhadap neurotransmitter di otak– sehingga mulai dikaji dalam penanganan depresi walau masih memerlukan riset yang lebih mendalam.

4. Meningkatkan kesuburan pada wanita dengan PCOS

Sindrom polikistik ovarium atau PCOS adalah sindrom yang terjadi ketika tubuh seorang wanita memproduksi hormon tertentu dalam kadar tinggi dan tidak normal. Wanita dengan PCOS memiliki risiko tinggi mengalami penyakit tertentu serta masalah kesuburan.Masalah pada sensitivitas hormon insulin disebutkan menjadi salah satu penyebab penurunan kesuburan pada wanita dengan PCOS. Inositol pun dilaporkan dapat memperbaiki fungsi ovarium dan meningkatkan kesuburan pada wanita dengan sindrom ini. 

Potensi manfaat lain dari inositol

Inositol juga dapat membantu menurunkan berat badan
Inositol juga berpotensi untuk membantu penurunan berat badan
Selain empat khasiat di atas, inositol juga memiliki potensi manfaat untuk masalah lain, termasuk:
  • Membantu penurunan berat badan
  • Mengontrol kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah pada wanita yang mengalami PCOS

Sumber inositol yang bisa dikonsumsi

Inositol terkandung dalam beragam jenis makanan. Namun, karbohidrat ini paling banyak ditemukan dalam biji dari tumbuhan polong-polongan, buah-buahan, dan biji-bijian serealia. Kita biasanya mengonsumsi inositol dari makanan sebanyak kurang dari 1 gram hingga beberapa gram dalam satu hari.Inositol juga terkandung dalam suplemen. Inositol dalam suplemen biasanya merujuk pada molekul myo-inositol. Myo-inositol menyusun sekitar 90% kandungan inositol dalam sel-sel tubuh.Diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen inositol untuk tujuan apapun. Berkonsultasi dengan dokter dapat menghindari risiko yang tidak diinginkan dari penggunaan suplemen ini.

Catatan dari SehatQ

Inositol adalah jenis karbohidrat yang sudah terkandung dalam tubuh dan dapat dikonsumsi dari makanan dan suplemen. Suplemen inositol menawarkan beragam potensi manfaat kesehatan yang bisa dikonsultasikan dengan dokter sebelum digunakan. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait inositol, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi hidup sehat terpercaya.
suplemenmengatasi depresigula darahinsulinkarbohidrat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/inositol-benefits
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8780431
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7793450
Diakses pada 10 November 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/inositol-what-should-i-know-about-it-89466
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait