Mengenal Ilmu Patologi Anatomi yang Dapat Deteksi Berbagai Penyakit


Patologi anatomi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari sampel jaringan ataupun sel dari organ untuk mengetahui penyebab penyakit. Pemeriksaan ini sangat membantu dalam proses diagnosis.

(0)
28 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Patologi anatomi adalah ilmu yang mempelajari jaringan dan sel dari organ untuk menentukan penyebab penyakitPatologi anatomi adalah bagian dari proses diagnosis namun menggunakan sampel sel dan jaringan
Patologi anatomi adalah pemeriksaan sampel jaringan dari organ yang diduga mengalami kerusakan untuk menemukan penyakit yang menjadi penyebabnya. Hasil pemeriksaan ini kemudian akan dijadikan dasar untuk mendiagnosis suatu penyakit, menentukan jenis perawatan, hingga penelitian ilmiah.Ilmu patologi anatomi juga dapat digunakan untuk memeriksa jenazah yang penyebab kematiannya tidak dapat diketahui lewat pemeriksaan fisik semata. Pemeriksaan ini merupakan bagian dari proses autopsi.Ada dua cabang utama dalam ilmu patologi anatomi, yaitu histopatologi dan sitopatologi (sitologi). Dokter yang mendalami ilmu ini adalah dokter spesialis patologi anatomi (Sp.PA).

Pemeriksaan patologi anatomi

Dokter spesialis patologi anatomi memeriksa sel dan jaringan dengan mikroskop
Gambar sel kanker yang dapat dideteksi dengan pemeriksaan patologi anatomi
Patologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit yang disebabkan oleh perubahan struktur dan fungsi sel serta jaringan di tubuh.Dokter dapat menggunakan ilmu patologi untuk membantu mengidentifikasi penyebab penyakit sehingga bisa membuat rencana perawatan yang paling tepat untuk pasien.Patologi anatomi merupakan salah satu cabang ilmu patologi yang mempelajari dan mendiagnosis penyakit berdasarkan hasil pemeriksaan sel, organ, atau jaringan tubuh.Contoh pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah menentukan bentuk sel dan jaringan yang ada, maupun jenis tumor: tumor jinak atau ganas.Hasil pemeriksaan tersebut kemudian akan digunakan sebagai salah satu dasar diagnosis dan jenis perawatan yang akan didapatkan oleh pasien.Ada dua jenis jenis pemeriksaan patologi anatomi, yaitu histopatologi dan sitopatologi.

• Histopatologi

Histopatologi adalah cabang ilmu patologi anatomi yang mempelajari dan mendiagnosis penyakit berdasarkan hasil pemeriksaan jaringan tubuh.Salah satu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan sampel jaringannya adalah biopsi.Saat melakukan biopsi, dokter akan mengambil atau mengangkat sejumlah kecil jaringan dari organ yang diduga menjadi sumber penyakit. Pengambilan jaringan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa metode.Setelahnya, barulah dokter akan mengirimkan jaringan yang sudah diambil ke laboratorium untuk diuji menggunakan pemeriksaan histopatologi.

• Sitopatologi

Berbeda dari pemeriksaan histopatologi yang memeriksa sampel jaringan, pemeriksaan sitopatologi dilakukan dengan memeriksa sel untuk mengetahui tipe sel tersebut termasuk ganas atau jinak, serta penyebab gangguan kesehatan dan mendiagnosis penyakit.Baca Juga: Struktur dan Fungsi Sel di Tubuh Manusia

Cabang ilmu patologi lainnya

Ilmu patologi klinik menganalisis penyebab penyakit dari sampel urine dan darah
Ilmu patologi klinik menentukan penyebab penyakit dari sampel urine dan darah
Selain patologi anatomi, ilmu patologi juga dibagi menjadi beberapa cabang lain, yaitu:

1. Patologi klinik

Patologi klinik adalah ilmu yang mempelajari dan mendiagnosis penyakit berdasarkan hasil biokimia di tubuh.
Berbeda dari patologi anatomi yang sampelnya berupa jaringan dan sel, pada pemeriksaan patologi klinik, sampel yang digunakan berupa urine, darah, serta cairan tubuh lainnya.
Pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk mendiagnosis berbagai penyakit. Salah satu gangguan yang paling umum didiagnosis menggunakan patologi klinik adalah gangguan ginjal yang terdeteksi dari pemeriksaan urine dan darah.Selain untuk membantu diagnosis penyakit, pemeriksaan patologi klinik juga dapat dilakukan untuk:
  • Menentukan jenis perawatan yang paling tepat sesuai kondisi pasien
  • Melihat perkembangan dan keberhasilan perawatan yang sedang berjalan
  • Menentukan prognosis alias kemungkinan keberhasilan perawatan yang akan dijalani pasien

2. Patologi forensik

Patologi forensik adalah cabang ilmu patologi yang mempelajari dan menemukan penyebab kematian pada kondisi tertentu.Tubuh manusia secara alami akan menunjukkan reaksi dan tanda yang berbeda saat berhenti berfungsi, tergantung dari penyebabnya.Dengan pemeriksaan lebih detail melalui pemeriksaan sel dan jaringan di tubuh, seorang dokter dengan keahlian ini bisa mengetahui dengan pasti penyebab kematian seseorang.Ilmu ini dapat digunakan untuk memeriksa berbagai kondisi jenazah, termasuk membuktikan penyebab kematian, misalnya dugaan bunuh diri maupun pembunuhan berencana yang seolah-seolah tindakan bunuh diri.

3. Patologi molekuler

Patologi molekuler adalah cabang ilmu patologi yang berguna untuk menentukan penyebab penyakit atau mendiagnosis suatu kondisi berdasarkan hasil pemeriksaan struktur kimiawi molekul.Salah satu penyakit yang dapat dideteksi menggunakan patologi molekuler adalah sickle cell anemia atau anemia sel sabit. Kondisi ini ditandai dengan perubahan atau abnormalitas pada hemoglobin, sebagai salah satu molekul yang terdapat dalam sel darah merah.Pemeriksaan patologi anatomi maupun cabang ilmu patologi lainnya memegang peran sangat penting dalam dunia kesehatan, khususnya dalam hal diagnosis, yang merupakan gerbang dari segala perawatan kesehatan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang ilmu patologi anatomi ataupun cabang ilmu kedokteran lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
jaringan ikatfungsi organanatomi manusia
Journal of Medical &Surgical Pathology. https://www.longdom.org/scholarly/anatomic-pathology-journals-articles-ppts-list-3303.html
Diakses pada 16 Maret 2021
Lab Test Online Australia. https://www.labtestsonline.org.au/inside-the-lab/anatomical-pathology-in-detail
Diakses pada 16 Maret 2021
Kementerian Kesehatan RI. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Patologi-Keperawatan-Komprehensif.pdf
Diakses pada 16 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait