Mengenal Horny Goat Weed, "Obat Kuat Alami" untuk Pria


Horny goat weed adalah obat herbal asal Tiongkok yang dikenal sebagai "obat kuat alami" untuk pria. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung efektivitas tanaman rumput yang memiliki nama ilmiah epimedium ini.

(0)
30 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Horny goat weed dikenal dengan sebutan yin yang huo di Tiongkok.Horny goat weed memiliki kemampuan untuk obati disfungsi ereksi. Tapi, apakah sudah terbukti?
Horny goat weed adalah obat herbal Tiongkok yang dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satu kegunaannya yang paling populer adalah untuk membuat pria "perkasa" di ranjang. Sebab, masyarakat percaya kalau tanaman yang juga dikenal dengan nama 'rumput tanduk kambing' ini mampu mengobati masalah disfungsi ereksi.Namun, apakah kegunaan horny goat weed sebagai "obat kuat alami" ini benar-benar terbukti efektif? Mari telusuri kebenarannya sampai tuntas!

Apa itu horny goat weed?

Di Tiongkok, horny goat weed dikenal sebagai yin yang huo. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah yakni Epimedium. Tanaman rumput ini memang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi yang paling tenar adalah fungsinya dalam meningkatkan gairah seks pria di ranjang.Banyak orang yang menyebut epimedium sebagai “obat kuat alami”. Padahal, tidak banyak penelitian yang bisa membuktikan kemampuan horny goat weed dalam menyembuhkan disfungsi ereksi.Salah satu kandungan horny goat weed, yaitu 'icariin', dianggap bisa menghambat perkembangan protein phospodiesterase tipe 5 (PDE5). Protein ini lah yang dipercaya menyebabkan disfungsi ereksi pada kebanyakan pria.Sebenarnya, tubuh memiliki “jurusnya” tersendiri dalam menghambat protein itu secara alami. Namun pada pria dengan gangguan disfungsi ereksi, perkembangan protein phospodiesterase tipe 5 sulit dicegah.Beberapa ahli percaya bahwa icariin bisa bekerja layaknya obat kuat pria, yakni dengan menghambat kinerja protein phospodiesterase tipe 5. Namun setelah tes tabung dilakukan untuk membuktikan kemampuannya, icariin malah “loyo” dan tidak bisa membuktikan kekuatannya dalam menghambat protein phospodiesterase tipe 5.Malahan, para ahli menegaskan kalau obat kuat seperti Sildenafil, 80% lebih efektif dibandingkan icariin yang dimiliki horny goat weed.Namun, studi yang dimuat dalam Journal of Sex Medicine mengungkapkan bahwa icariin terbukti bisa mengobati disfungsi ereksi yang diidap oleh tikus. Walau begitu, penelitian lebih lanjut masih sangat dibutuhkan, terutama pada manusia.

Manfaat horny goat weed lainnya

Horny goat weed
Horny goat weed
Selain dipercaya dalam mengobati disfungsi ereksi alias impotensi, horny goat weed juga disebut bisa mengatasi berbagai macam gangguan medis, bahkan dalam kondisi yang serius sekalipun. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan rumput tanduk kambing:Selain beberapa penyakit di atas, tanaman herbal ini juga dianggap mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara mengencerkannya.Namun, lagi-lagi hal ini masih belum bisa dipastikan dan perlu adanya studi lebih lanjut. Perlu diingatkan kembali, riset terhadap manfaat horny goat weed masih sangat minim. Kalaupun ada, itupun hanya terbukti dalam tes tabung ataupun riset hewan uji.

Horny goat weed dan efek sampingnya

Obat herbal dan efek samping merupakan “pasangan” yang sulit dilepaskan. Menurut Lembaga Penelitian Kesehatan Amerika Serikat, National Institutes of Health, epimedium memang aman jika dikonsumsi dengan dosis yang tidak berlebihan. Namun ketika dikonsumsi terlalu banyak, tanaman rumput ini bisa menyebabkan efek samping, seperti:
  • Sakit perut
  • Mulut kering
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Tekanan darah rendah
  • Hidung mimisan
  • Gangguan mood
  • Kerusakan pada hati dan ginjal
  • Kerusakan pada sistem pernapasan
Sejumlah kelompok individu pun dilarang untuk mengonsumsi horny goat weed dengan alasan kesehatan, yaitu:
  • Wanita hamil dan menyusui
  • Penderita kelainan darah
  • Penderita tekanan darah tinggi
  • Pengidap ritme jantung yang tak teratur
  • Wanita dengan kondisi yang sensitif terhadap produksi hormon, seperti endometriosis (penyakit pada sistem reproduksi wanita), fibroid rahim (tumbuhnya jaringan otot rahim yang non-kanker), kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat.
Karena tanaman rumput ini bisa meningkatkan proses penggumpalan darah, ia tidak boleh digunakan sebelum operasi.Sebelum menggunakan rumput tanduk kambing, ada baiknya memeriksa informasi yang tertera pada label kemasannya terlebih dahulu. Biasanya, horny goat weed mengandung Epimedium saggitatum dan Epimedium grandiflorum yang lazim digunakan untuk melakukan pengobatan tradisional di Tiongkok.Sementara itu, rumput tanduk kambing yang mengandung Epimedium koreanum berisiko menyebabkan kejang otot atau hilangnya koordinasi otot bagi sebagian orang.

Dosis horny goat weed yang aman

Horny goat weed memang mudah ditemukan di toko obat ataupun toko makanan. Tanaman herbal ini tersedia dalam bentuk kapsul, bubuk, atau teh.Ada yang percaya bahwa mengonsumsi epimedium sebanyak 5 miligram per hari, masih aman. Namun, belum ada penelitian yang benar-benar bisa merekomendasikan takaran aman rumput tanduk kambing. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal yang satu ini

Catatan dari SehatQ

Jangan sekali-kali mengonsumsi obat herbal tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari dokter. Sebab, Anda tidak tahu efek samping yang bisa muncul, jika salah mengonsumsinya. Apalagi, dosis anjuran horny goat weed sendiri belum diketahui dengan pasti. Jika Anda mengonsumsinya berlebihan, bisa saja ada efek samping yang merugikan.Ingat, belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan kemampuan epimedium dalam mengobati disfungsi ereksi. Beberapa riset memang membuktikan bahwa tanaman ini menunjukkan hasil yang menjanjikan, tapi hanya sebatas tes tabung atau penelitian pada hewan uji.Punya pertanyaan seputar masalah seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan sebagainya? Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play
masalah seksualdisfungsi ereksikesehatan pria
WebMD. https://www.webmd.com/men/horny-goat-weed-epimedium
Diakses pada 9 April 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-horny-goat-weed-89463
Diakses pada 9 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317023
Diakses pada 9 April 2020
Journal of Sex Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3551978/#__ffn_sectitle
Diakses pada 9 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait