Mengenal Hipokampus, Bagian Otak yang Berperan Dalam Penyimpanan Memori

(0)
08 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hipokampus adalah bagian otak yang berperan penting dalam pembentukan, pengaturan, dan penyimpanan memori atau ingatan jangka panjangAktivitas hipokampus meningkat saat kita tidur setelah kita mempelajari sesuatu
Saat berkendara menuju rumah, kita selalu bisa mengingat jalan pulang tanpa khawatir tersesat atau lupa arah. Di lain kesempatan, saat mencium aroma tertentu, Anda akan langsung ingat dengan memori yang berkaitan dengan aroma tersebut. Pemeliharaan memori ini tak lepas dari peran bagian otak yang disebut hipokampus. Sudah pernah mendengar hipokampus?

Apa itu hipokampus?

Hipokampus atau hippocampus adalah bagian otak yang berperan penting dalam pembentukan, pengaturan, dan penyimpanan memori atau ingatan jangka panjang. Hipokampus juga terlibat dalam pengaitan sensasi atau emosi dengan sebuah memori tertentu. Misalnya, saat Anda mencium aroma kue yang baru selesai dipanggang, memori Anda akan berputar ke kejadian di masa kecil saat nenek Anda sering membuat kue. Inilah peran unik hipokampus. Karena fungsi hipokampus berkaitan dengan memori atau ingatan, bagian ini masuk ke dalam sistem limbik di dalam otak. Sistem limbik didefinisikan sebagai sistem jaringan otak yang berperan dalam kontrol emosi dan pembentukan daya ingat. Selain hipokampus, bagian otak yang masuk ke sistem limbik termasuk amigdala, hipotalamus, bagian septal, dan korteks limbik. Sistem limbik, termasuk hipokampus, terletak di lobus temporalis medial (bagian dalam) otak, dekat dari pusat otak manusia. Nama hipokampus sendiri diambil dari “hippo” yang berarti kuda dan “campus” yang berarti “monster laut”. Nama tersebut diberikan karena bentuk bentuk hipokampus memang menyerupai kuda laut. 

Fungsi-fungsi hipokampus

Fungsi hipokampus berkaitan dengan memori jangka panjang
Tugas hipokampus adalah menerima ingatan dan menyimpannya dalam memori jangka panjang
Bila dianalogikan, otak kita adalah perpustakaan besar yang menyimpan segala ingatan dan hipokampus adalah si petugas perpustakaan. Berikut fungsi hipokampus terkait memori:

1. Memproses memori spasial

Memori spasial adalah ingatan yang berkaitan dengan lokasi dan tempat. Misalnya, kita bisa mengingat jalan ke tempat kerja, rute saat mudik, atau tempat penyimpanan uang di kamar karena adanya memori spasial. Dilaporkan bahwa bagian belakang hipokampus terlibat dalam pengolahan memori spasial.  

2. Menggabungkan dan menguatkan memori

Hippocampus juga terlibat dalam penguatan memori saat kita tidur. Disebutkan bahwa aktivitas hipokampus meningkat saat kita tidur setelah kita mempelajari sesuatu – sehingga memori di keesokan harinya menjadi lebih kuat.

3. Transfer memori

Ingatan seseorang tidak disimpan di dalam hipokampus untuk jangka panjang. Melainkan, diyakini bahwa hipokampus bertindak sebagai pusat pengiriman. Bagian otak ini menerima informasi dan menyimpannya sebentar – kemudian ditransfer kembali dan disimpan sebagai memori jangka panjang. Tidur menjadi aktivitas yang krusial untuk menopang proses transfer memori ini.

Faktor usia bisa berpengaruh terhadap penurunan fungsi hipokampus

Pertambahan usia dilaporkan dapat berpengaruh terhadap fungsi hipokampus. Hasil pencitraan MRI pada otak manusia menemukan, hipokampus dapat menyusut hingga 13% antara usia 30 hingga 80.  Penyusutan hipokampus ini berisiko memicu penurunan daya ingat signifikan.Degenerasi sel pada hipokampus juga dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. Penderita penyakit degeneratif ini ditandai dengan matinya sel-sel otak yang memicu hilangnya ingatan dan kemampuan berpikir. 

Tips menjaga fungsi hipokampus

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga fungsi hipokampus
Aktif berolahraga dapat melindungi hipokampus dari efek penuaan
Dengan fungsinya yang vital, hipokampus tentu harus dijaga kesehatannya. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjaga fungsi hipokampus:
  • Beraktivitas fisik

Ada beberapa tips yang berpotensi dapat menjaga fungsi hipokampus. Misalnya, aktivitas fisik dan olahraga dilaporkan dapat melindungi hipokampus dari efek penuaan dan pertambahan usia. 
  • Mengendalikan stres

Stres yang kronis dan berkepanjangan juga berisiko mengganggu fungsi hipokampus. Dengan demikian, mengendalikan stres penting untuk diterapkan agar otak senantiasa terjaga fungsinya. 

Catatan dari SehatQ

Hipokampus adalah bagian otak yang berperan dalam penyimpanan memori. Beraktivitas fisik dan mengendalikan stres penting dilakukan untuk menjaga fungsi hipokampus. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait organ otak dan fungsinya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa tersedia di Appstore dan Playstore yang memberikan informasi kesehatan terpercaya.
kesehatan otakpenyakit otakfungsi otak kanan
Britannica. https://www.britannica.com/science/hippocampus
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/hippocampus
Diakses pada 24 September 2020
News-Medical. https://www.news-medical.net/health/Limbic-System-and-Behavior.aspx
Diakses pada 24 September 2020
Verywell Mind. https://www.healthline.com/human-body-maps/hippocampus
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait