Mengenal Hatha Yoga, Jenis Yoga yang Cocok untuk Pemula

Gerakan hatha yoga merupakan gerakan dasar dari berbagai jenis yoga
Hatha yoga cocok dilakukan oleh pemula

Yoga bisa dibilang merupakan salah satu olahraga paling kreatif. Sebab, olahraga ini telah dikembangkan menggunakan berbagai medium yang unik seperti yoga kambing, beer yoga, hingga flying yoga. Namun, ada satu jenis yoga yang sejatinya merupakan “ibu” dari semuanya, yaitu hatha yoga.

Gerakan pada hatha yoga dilakukan secara perlahan dengan tujuan melatih kekuatan dan kelenturan tubuh. Di saat yang bersamaan, Anda juga akan melatih fokus dengan melakukan relaksasi dan mempraktikan mindfulness atau kesadaran penuh akan hal yang terjadi pada diri sendiri.

Lebih jauh tentang hatha yoga

Seperti yang telah disebutkan di atas, hatha yoga adalah dasar dari semua jenis yoga. Hatha yoga merupakan istilah untuk semua latihan yoga yang menggabungkan asana (pose), pranayama (pernapasan), dan meditasi.

Gerakan yang dilakukan pada yoga jenis ini merupakan gerakan dasar dan dalam tempo yang lambat. Sehingga, hatha yoga cocok untuk dilakukan para pemula.

Meskipun disebut sebagai dasar dari yoga, hatha yoga sebenarnya baru muncul di abad ke-11. Sementara itu, yoga sendiri sudah ditemukan sejak kurang lebih 2000 tahun yang lalu. Istilah hatha yoga mulai populer pada tahun 1960-an di Amerika Serikat.

Hatha yoga menjadi populer karena banyak orang yang merasakan manfaat dari olahraga ini baik dalam hal kesehatan fisik maupun mental. Sejauh mana manfaatnya?

Manfaat melakukan hatha yoga

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari hatha yoga, di antaranya:

• Mengurangi stres

Melakukan satu sesi hatha yoga selama 90 menit, terbukti membantu mengurangi stres. Jika Anda melakukannya secara teratur, maka manfaatnya pun akan semakin terasa.

• Meredakan gejala depresi

Rutin menjalani hatha yoga hingga 12 sesi, dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi secara signifikan.

• Melatih fleksibilitas otot dan sendi

Olahraga ini juga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel. Penelitian membuktikan, rutin menjalani hatha yoga akan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dan otot paha.

• Membuat tidur lebih berkualitas

Yoga juga dapat meningkatkan durasi tidur serta membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Beberapa kelompok individu seperti ibu hamil, lansia, atau pasien kanker juga sangat terbantu dengan manfaat yoga yang satu ini.

• Meredakan gejala menopause

Gejala menopause baik yang fisik maupun psikologis, bisa diringankan dengan melakukan yoga secara teratur.

• Baik untuk penderita multiple sclerosis

Hatha yoga dinilai bisa memberikan manfaat jangka pendek bagi para pengidap multiple sclerosis (penyakit autoimun yang menyerang otak, sumsum tulang belakang, dan saraf mata). Sebab, melakukan yoga bisa mengurangi kelelahan dan memperbaiki suasana hati.

• Meredakan nyeri

Sudah sejak lama, yoga dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri tubuh, seperti nyeri punggung dan nyeri leher.

Apa saja yang akan diajarkan di kelas hatha yoga?

Pada kelas hatha yoga, latihan akan dititikberatkan untuk mengontrol pernapasan dan postur tubuh. Selain itu, Anda juga akan dilatih agar memiliki kekuatan inti atau core strength yang baik.

Hatha yoga memiliki ratusan gerakan dan pose. Beberapa gerakannya yang sudah terkenal di antaranya downward facing dog (adho mukha svanasana) dan standing forward bend (uttanasana).

Biasanya, kelas yang mengajarkan gerakan hatha yoga, tidak spesifik menyebut “hatha”. Jika kelas tersebut hanya bertuliskan kelas yoga tanpa embel-embel apapun, biasanya yang diajarkan adalah hatha yoga, sebagai dasar dari berbagai gerakan yoga.

Satu sesi kelas biasanya berlangsung selama 45-90 menit. Diawali dengan pemanasan ringan seperti latihan pernapasan, kelas tersebut akan berlanjut dengan mengajarkan pose-pose yoga dasar, dan berakhir dengan sesi meditasi.

• Latihan pernapasan

Latihan pernpasan di sesi awal hatha yoga umumnya ditujukan agar Anda bisa fokus pada pernapasan. Ini adalah dasar dari banyak latihan yoga. Sehingga sepanjang sesi, instruktur akan terus mengingatkan Anda untuk fokus pada teknik pernapasan.

• Pose yoga

Ada banyak pose yoga yang akan diajarkan instruktur saat sesi berlangsung. Bagi para pemula, gerakan yang akan diajarkan umumnya masih sederhana, kemudian perlahan-lahan naik ke level yang lebih sulit.

Instruktur juga bisa mengajarkan pose modifikasi, untuk menyesuaikan dengan tingkat kesulitan yang sedang Anda jalani.

• Meditasi

Pada akhir sesi, Anda akan diajak untuk bermeditasi singkat. Saat melakukan meditasi ini, instruktur mungkin akan meminta Anda untuk berada pada posisi terlentang, dan menutupi Anda dengan selimut. Namun, itu hanyalah salah satu cara meditasi. Cara lainnya juga bisa dilakukan, tergantung instruktur di kelas tersebut.

Bagi Anda yang belum pernah mengikuti kelas yoga, hatha yoga bisa menjadi pilihan untuk mulai belajar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak manfaatnya untuk kesehatan fisik serta pikiran.

Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/hatha-vs-vinyasa
Diakses pada 23 Januari 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/what-is-hatha-yoga-3566884
Diakses pada 23 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercises/types-of-yoga#1
Diakses pada 23 Januari 2020

Artikel Terkait