Mengenal Gurah Vagina, dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya


Gurah vagina adalah metode perawatan untuk membersihkan organ intim perempuan. Biarpun banyak manfaatnya, cara ini juga memiliki efek samping.

(0)
01 Mar 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gurah vagina adalah metode perawatan untuk membersihkan organ intim perempuanGurah vagina akan membuat miss V lebih lembap dan rentan terkena infeksi jamur dan bakteri
Bagi perempuan, sangat dianjurkan untuk merawat seluruh anggota tubuh, tanpa terkecuali organ intim. Salah satu metode perawatan yang bisa dilakukan adalah gurah vagina. Perawatan tradisional ini dipercaya mampu mengatasi masalah organ intim, termasuk bau tidak sedap, infeksi, hingga keputihan.Biarpun diyakini mampu membersihkan dan memberikan kesegaran di bawah sana, gurah vagina tetap menyimpan beberapa efek samping. Nah, apakah metode ini benar-benar aman untuk dilakukan?

Mengenal gurah vagina

Gurah vagina adalah cara membersihkan area intim perempuan dengan menggunakan uap. Praktik ini juga sering disebut dengan ratus vagina atau v-steaming dan sudah mulai banyak diaplikasikan di beberapa negara.Pada 2021, World Health Organization (WHO) mencatat bahwa praktik gurah vagina ini banyak dilakukan oleh perempuan di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Thailand. Biasanya, para perempuan melakukan gurah vagina setelah mereka melahirkan guna mengembalikan kondisi organ intim.Walaupun belum ada studi terkait medis mengenai metode ini, gurah vagina dipercaya mampu memberikan kenyamanan pada organ intim. Bukan hanya itu, gurah vagina diklaim bisa meningkatkan kesuburan perempuan. Praktik ini pun semakin berkembang di negara barat semenjak banyak selebriti yang ikut mencobanya.
Gurah vagina dilakukan di atas bangku khusus yang berlubang
Gurah vagina dilakukan dengan menggunakan bangku berlubang
Praktik gurah vagina biasanya dilakukan di ruangan uap tertutup. Dalam prosesnya, perempuan akan duduk di atas tempat duduk berlubang. Di bagian bawah tempat duduk tersebut terdapat panci berisikan air panas yang mengandung berbagai macam ramuan herbal. Berikut tumbuhan herbal yang biasa digunakan dalam gurah vagina:
  • Daun baru cina (mugwort)
  • Artemisia
  • Kamomil
  • Calendula
  • Selasih (basil)
  • Oregano
  • Kunyit
  • Temulawak
  • Pala
  • Kayu secang
  • Akar wangi
Proses gurah biasanya dilakukan antara 20–60 menit dan akan dihentikan saat air tempat ramuan herbal tersebut tidak lagi mengeluarkan uap.

Manfaat gurah vagina

Banyak orang percaya, gurah vagina ini menyimpan banyak manfaat untuk mereka yang melakukannya. Hal ini lantaran ramuan herbal yang digunakan selama proses berlangsung juga berguna untuk tubuh, bukan hanya miss-V saja. Simak manfaat yang bisa didapat dari melakukan gurah vagina:
  • Meringankan sakit saat menstruasi, seperti perut kembung, kram, hingga pendarahan berlebihan
  • Meningkatkan kesuburan
  • Mencegah infeksi vagina
  • Mengembalikan ketidakseimbangan hormon
  • Mempercepat penyembuhan pasca-melahirkan
  • Meredakan stres
  • Mengobati wasir
  • Mengembalikan stamina
  • Mengobati masalah pencernaan
  • Meringankan sakit kepala
Namun, semua yang disebutkan di atas membutuhkan studi lebih lanjut lagi terhadap manfaat dari melakukan praktik ini. Dalam beberapa kasus, praktik pengobatan tradisional ini memberikan efek yang baik untuk kesehatan karena mampu melancarkan aliran darah ke vagina.

Apakah gurah vagina aman untuk dilakukan?

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya adalah memastikan seberapa panas uap yang akan dipakai. Pasalnya, vagina merupakan organ tubuh perempuan yang sangat sensitif. Membiarkan bagian tersebut terkena panas berlebihan dapat berisiko membuat jaringan di vagina terbakar dan rusak.Bukan hanya itu, cara tradisional ini juga akan membuat vagina lebih lembap. Tentunya gurah vagina akan meningkatkan risiko terkena infeksi jamur dan bakteri yang mengganggu kesehatan area intim perempuan.Faktor kebersihan dari seluruh alat yang digunakan juga perlu diperhatikan. Pilih tempat melakukan gurah vagina yang sudah terpercaya dalam aspek kebersihan. Tidak ada salahnya juga menanyakan tentang alat-alat yang akan digunakan, mulai dari seberapa sering digunakan, kapan terakhir kali mengganti alat, hingga cara membersihkan alat-alat yang digunakan.Untuk Anda yang sedang hamil, sebaiknya tunda dulu melakukan praktik gurah vagina. Uap panas diyakini bisa mengganggu kesehatan dan perkembangan janin.

Benarkah gurah vagina menyebabkan keputihan?

Keputihan bisa terjadi akibat infeksi bakteri yang terjadi di organ intim. Infeksi ini pun bisa didapat dari berbagai sumber, termasuk melakukan hubungan seksual yang tidak sehat, jarang membersihkan vagina, atau membersihkannya dengan cara yang tidak tepat.Selain itu, belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan gurah vagina bisa menyebabkan keputihan atau kondisi lainnya. Ada baiknya, Anda selalu melakukan perawatan yang baik untuk organ intim, termasuk melakukan hubungan seks dengan menggunakan pengaman.Anda pun perlu membersihkan vagina secara rutin dengan air dan sabun khusus. Disarankan juga menggunakan celana dalam berbahan katun yang tidak terlalu ketat.

Catatan dari SehatQ

Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengonfirmasikan mengenai manfaat gurah vagina, maka sebaiknya Anda menghindari untuk melakukan perawatan tersebut. Selain itu, jika Anda hendak melakukan pembersihan vagina, diharapkan Anda untuk ke dokter untuk mendapat perawatan yang sesuai. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang gurah vagina tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi jamurvagina gatalvaginosis bakterikesehatan vagina
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/vaginal-steaming
Diakses pada 12 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322657
Diakses pada 12 Februari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/vaginal-steaming-5087839
Diakses pada 12 Februari 2021
WHO. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/75182/WHO_RHR_HRP_12.25_eng.pdf;jsessionid=C2765661EC25ED8F54317F5A08942E4D?sequence=1
Diakses pada 12 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/symptom/vaginal-discharge#home-remedies
Diakses pada 12 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait