Mengenal Gerakan Bayi Sungsang dan Ciri-cirinya, Ibu Hamil Wajib Tahu

(0)
02 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gerakan bayi sungsang bisa sebabkan ketidaknyamanan di tulang rusukRasa tertekan di diafragma menjadi salah satu ciri gerakan bayi sungsang
Janin yang normal dalam kandungan akan berputar dengan posisi kepala di bawah pada usia kehamilan 33-36 minggu. Namun, ini tidak terjadi pada gerakan bayi sungsang.Sungsang adalah posisi di mana kaki atau bokong janin berada dekat jalan lahir, sementara kepalanya berada di atas rahim. Sekitar 3-4 persen kehamilan diperkirakan mengalami sungsang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenali gerakan bayi sungsang di dalam kandungan.

Gerakan bayi sungsang dalam kandungan

Berikut beberapa karakteristik yang bisa Anda identifikasi untuk mengenali gerakan bayi sungsang dalam kandungan.

1. Kaki janin bergerak sejajar telinga

Jika kaki janin sejajar dengan telinganya (frank breech), Anda akan merasakan tekanan di sekitar tulang rusuk saat Si Kecil bergerak atau menendang. Dalam posisi ini, kedua kaki bayi lurus ke atas (hingga di atas telinga) dan bokongnya berada di bawah dekat jalan lahir. 

2. Kepala janin bergerak menekan diafragma

Kepala bayi sungsang bisa menekan difragma
Anda mungkin merasakan kepala bayi layaknya benjolan keras dan bulat di atas pusar. Saat kepala bayi di bawah menekan diafragma Anda, kondisi ini bisa menyebabkan sedikit sesak. Diafragma adalah jaringan otot yang digunakan dalam proses menarik dan mengeluarkan napas.

3. Melakukan tendangan tajam ke kandung kemih

Kalau janin berada dalam posisi sungsang lengkap (complete breech), tendangannya akan terasa tajam ke kandung kemih. Dalam posisi ini, kedua lutut dan kaki janin menekuk seperti sedang jongkok sehingga bokong atau kakinya dapat memasuki jalan lahir terlebih dahulu. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda lebih sering merasakan ingin buang air kecil.

4. Badan janin bergerak ke atas pusar

Detak jantung bayi sungsang di atas pusar
Anda dapat merasakan detak jantung janin di bawah pusar jika ia berada dalam posisi normal. Lain halnya dengan bayi sungsang, Anda bisa merasakan detak jantung Si Kecil di atas pusar. Letaknya mungkin bisa berubah saat janin bergerak.Jika bayi sungsang menghadap ke belakang, Anda mungkin tidak akan merasakan banyak gerakan bayi sungsang. Untuk mengetahui posisi janin Anda dengan pasti, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin.

Apakah bayi sungsang bisa lahir normal?

Oleh sebab itu, jika kondisi bayi sungsang dapat segera diketahui, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk membantu mengubah posisi bayi sungsang sebelum persalinan dengan cara salah satunya: 

1. Memberikan afirmasi

Janin sudah dapat mendengar suara Anda lho! Maka Anda bisa memberikan afirmasi dengan mengatakan kepada janin Anda agar posisinya optimal dan membantu persalinan Anda. Anda dapat merekam suara Anda dan headphone secara langsung ke bagian bawah perut Anda atau bisa berbicara secara langsung.

2. Breech tilt

Latihan ini dapat membantu bayi mengubah posisinya menjadi normal. Berbaringlah dengan pinggul yang sedikit terangkat. Letakkan bantal di bawah pinggul dan tekuk kedua lutut. Tahan posisi tersebut. Lakukan latihan ini sebanyak dua kali sehari selama 10-15 menit, apalagi saat bayi Anda sedang aktif bergerak.

3. Prenatal Yoga

Prenatal yoga untuk kehamilan dapat membantu optimalisasi posisi janin secara alami, pastikan Anda yoga dengan instruktur yang bersertifikasi resmi sehingga mengetahui gerakan apa saja yang cocok untuk memperbaiki posisi janin yang sungsang. Jika posisi bayi tetap sungsang sampai tiba waktunya persalinan, ia berisiko lebih tinggi terjebak di jalan lahir dan tidak mendapatkan cukul oksigen. Kondisi ini bisa membahayakan jiwanya. Anda mungkin akan disarankan untuk melahirkan secara caesar karena risiko bahaya bagi bayi cenderung lebih rendah.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gerakan bayi sungsang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilanposisi janinsungsang
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a158/breech-birth
Diakses pada 19 Januari 2021
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/x25015775/can-i-tell-how-my-babys-lying-based-on-his-movements
Diakses pada 19 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/breech-baby#complications
Diakses pada 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait