Mengenal Fungsi Tulang Rusuk, Pelindung Organ Vital di Dada

Tulang rusuk adalah susunan tulang yang ada di area dada. Fungsinya adalah melindungi organ penting pada tubuh seperti paru-paru, jantung, hati dan organ lainnya yang ada di sekitar dada.

Mengenal Tulang Rusuk

Tulang rusuk menempel tulang dada atau sternum.  Tulang ini memiliki bentuk yang panjang dan pipih. Sebagian besar menempel pada tulang di bagian tengah dada. Akan tetapi, tidak semua tulang rusuk tersambung dengan tulang dada.

Hanya tujuh pasang tulang rusuk atas yang menempel pada tulang dada. Ketujuh pasang tulang rusuk ini dikenal dengan istilah tulang rusuk sejati dan dapat terhubung dengan tulang dada melalui tulang rawan (cartilage).

Sementara lima pasang tulang rusuk di bawahnya dinamakan tulang rusuk palsu. Tiga pasang tulang rusuk pertama dari lima pasang tulang rusuk palsu terhubung dengan tulang rawan di atasnya, sedangkan dua pasang tulang rusuk palsu sisanya terhubung dengan otot perut yang membuatnya melayang.

Meski terlihat kaku dan kokoh, sebenarnya tulang rusuk memiliki tingkat fleksibilitas tertentu. Itu sebabnya mengapa dapat mengembang saat proses pernapasan dan di saat yang sama cukup kuat melindungi benturan dari luar yang bisa mencederai organ vital di bagian dada.

Cedera pada tulang rusuk

Meski kuat bila terbentur dengan sesuatu yang lebih kuat darinya, tulang rusuk dapat mengalami cedera. Beberapa cedera pada tulang rusuk dapat sembuh dengan sendirinya. Namun untuk cedera yang lebih parah, memerlukan penanganan medis.

Umumnya, cedera pada tulang rusuk diakibatkan oleh terjatuh, kecelakaan mobil atau motor, terkena benda keras, dan benturan karena olahraga. Tingkat keparahan dari cedera tulang rusuk beragam, mulai dari memar sampai patah tulang rusuk.

Anda bisa mengetahui secara pasti cedera tulang rusuk yang dialami melalui pemeriksaan x-ray, cek kondisi fisik, dan rekam medis di dokter. Beberapa gejala yang bisa dialami akibat cedera tulang rusuk adalah:

  • Adanya bunyi keretak yang mengindikasikan patah tulang rusuk.
  • Rasa sakit di area dada, terutama saat menghirup udara atau menggerakkan badan.
  • Memar di bagian dada.
  • Kesulitan bernapas.
  • Pembengkakan atau melunaknya daerah tulang rusuk yang cedera.
  • Kejang otot di bagian tulang rusuk.
  • Bentuk tulang rusuk yang berbeda.

Biasanya, cedera tulang rusuk bisa sembuh sekitar tiga sampai enam minggu. Saat Anda mengalami patah tulang tersebut, dokter tidak akan memberikan alat tertentu, seperti gips, selaiknya cedera tulang di bagian tangan atau kaki. Penanganan cedera tulang rusuk lebih cenderung pada mengurangi rasa sakit pada tulang rusuk sampai tulang rusuk sembuh total. Akan tetapi, cedera tulang rusuk yang robek dari tulang rusuknya membutuhkan waktu 12 minggu atau lebih.

Catatan dari SehatQ

Bila Anda mengalami cedera pada bagian tulang rusuk atau mengalami gejala di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Bila cederanya parah dan dibiarkan terlalu lama tanpa pengobatan maka berpotensi menimbulkan komplikasi yang serius, seperti robeknya organ limpa atau paru-paru karena tertusuk tulang yang patah.

Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/rib-injuries
Diakses pada 9 Desember 2019

Britannica. https://www.britannica.com/science/human-skeleton/The-spinal-cord#ref470818
Diakses pada 9 Desember 2019

HealthLinkBC. healthlinkbc.ca/health-topics/tp12760
Diakses pada 9 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/ribs#1
Diakses pada 9 Desember 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/broken-or-bruised-ribs/
Diakses pada 9 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed