Mengenal Fungsi Toner Wajah yang Jadi Rahasia Kecantikan Artis Korea

Jangan remehkan fungsi toner wajah kalau ingin dapatkan kulit yang sehat
Fungsi toner wajah ada banyak dan sangat penting untuk kesehatan kulit

Untuk bisa mendapatkan kulit yang indah seperti artis Korea, kamu mungkin perlu meniru 12-step Korean skin care. Namun bagaimana jika kamu belum bisa meniru semuanya? Tenang, yang terpenting, tahap utama seperti membersihkan wajah dan menggunakan toner tidak kamu lewatkan. Sebab, fungsi toner wajah rupanya sangat signifikan.

Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan tahap penggunaan toner dalam rutinitas perawatan kulitnya. Sehabis cuci muka, biasanya langsung dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau serum. Sehingga, hasil perawatan kulit yang selama ini dijalani terlihat kurang maksimal.

Lalu, apa sebenarnya fungsi toner untuk wajah? Mengapa ia begitu penting untuk kecantikan kulit? Berikut ini jawabannya untukmu.

Fungsi toner wajah

Fungsi toner wajah salah satunya untuk kecilkan pori-pori
Salah satu fungsi toner wajah adalah untuk mengencangkan pori-pori

Fungsi toner wajah ada beragam, mulai dari mencegah jerawat hingga membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih menempel di kulit, bahkan setelah mencuci muka. Lebih lanjut, ini dia fungsi toner wajah untuk kecantikan kulitmu.

1. Menyeimbangkan pH di kulit

Nilai pH atau keasaman kulit manusia yang normal adalah 5,5. Namun polusi, minyak yang keluar di wajah, make up, dan makanan yang kamu konsumsi bisa mengubahnya.

Sebenarnya, pH netral adalah 7. Semakin kecil nilai pH maka semakin asam, dan semakin tinggi nilai pH maka semakin basa. Jadi, kulit kita sebenarnya memiliki pH yang cukup asam.

Mengapa begitu? Karena pada kondisi normal, kulit akan memproduksi zat asam yang berfungsi melindungi kulit dari iritasi dan mencegahnya menjadi kering. Jika kamu menggunakan toner, maka produksi zat asam tersebut akan terjaga, sehingga keseimbangan pH di kulit wajahpun tetap aman.

2. Membersihkan permukaan kulit

Meski sudah membersihkan wajah dengan micellar water dan melanjutkannya dengan sabun cuci muka, sisa polusi maupun kotoran-kotoran lain bisa saja masih menempel di wajah.

Nah, salah satu fungsi toner wajah adalah untuk menghilangkan sisa kotoran tersebut. Sehingga, kulitmu bisa terlihat lebih cerah dan kencang.

3. Mengencangkan pori-pori

Pori-pori yang besar memudahkan bakteri dan kotoran untuk masuk ke dalamnya dan menyebabkan penyumbatan. Sehingga, kulit jadi mudah berjerawat. Menggunakan toner secara teratur akan membuat pori-porimu mengecil, sehingga kotoran, minyak, dan sisa polusi sulit menempel di wajah.

4. Mencegah jerawat

Selain bisa mencegah kotoran menumpuk di kulit, fungsi toner wajah lainnya adalah untuk mengurangi produksi minyak dan sebum berlebih di kulit. Jika kulitmu bersih dari semua itu, maka risiko munculnya jerawat akan berkurang drastis.

5. Melembapkan kulit

Banyak orang yang tidak mau menggunakan toner karena dianggap bisa membuat kulit kering. Padahal, toner yang sekarang beredar justru sebaliknya, dapat menjadikan kulit lebih lembap.

Yang membuat wajah kering adalah toner dengan alkohol. Jadi, kalau kamu ingin terhindar dari efek ini, hindarilah penggunaan toner tersebut. Sebaliknya, pilihlah toner yang mengandung bahan pelembap seperti hyaluronic acid.

Tidak hanya melembapkan, toner dengan kandungan tersebut juga bisa membuat kulitmu terasa lebih elastis dan terlihat lebih muda.

Cara menggunakan toner wajah

Perhatikan cara pakai toner wajah yang baik dan benar
Gunakan toner wajah setelah cuci muka

Sebelum menggunakan toner wajah, pastikan kamu sudah membersihkan sisa kotoran dengan cairan pembersih dilanjutkan dengan sabun cuci muka. Sebab, meski toner bisa bertindak sebagai pembersih sisa kotoran, ia tidak bisa sepenuhnya menggantikan sabun dan cairan pembersih.

Setelah selesai cuci muka, barulah keringkan sedikit sisa air di wajah dengan handuk atau tisu yang lembut. Lalu, oleskan toner di wajah menggunakan kapas berbahan halus. Kalau kapas tidak tersedia, kamu juga bisa menuangkan toner langsung ke telapak tangan lalu menepuk-nepuknya secara perlahan ke kulit wajah.

Jika memiliki kulit berminyak atau kombinasi, maka kamu bisa memakai toner 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Sementara itu, pemilik kulit kering sebaiknya hanya memakainya sekali, yaitu di malam hari.

Baru setelah selesai memakai toner, kamu bisa melanjutkan perawatan kulitmu dengan pelembap, serum, maupun produk skincare lainnya.

Memilih toner wajah yang tepat

Ada banyak jenis toner wajah
Ada banyak jenis toner wajah yang bisa dipilih

Tidak semua orang cocok menggunakan jenis toner wajah yang sama. Jadi, sebelum membeli dan memakai toner, sebaiknya perhatikan dulu kondisi kulit wajahmu dengan bahan baku yang ada di dalam produk tersebut.

  • Untuk kulit dengan pori-pori besar: pilih toner yang mengandung alpha hydroxy acids
  • Untuk kulit sensitif: pilih toner berbahan tumbuhan yang bisa membuat kulit menjadi lebih tenang, seperti chamomile.
  • Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat: pilih toner yang mengandung salysilic acid atau witch hazel.
  • Untuk kulit kusam: pilih toner yang mengandung asam laktat atau exfolian alami seperti ekstrak pepaya.
  • Untuk kulit kering: pilih toner yang mengandung asam amino.
  • Untuk kulit yang sudah mengalami penuaan: pilih toner yang mengandung antioksidan dan pelembap, seperti air mawar, hyaluronic acid, atau lecithin.

Setelah mengetahui fungsi toner wajah di atas, tentu kamu sudah tidak bisa melewatkannya lagi saat melakukan perawatan wajah. Pastikan pilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu ya, GenQ.

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/what-does-toner-do/
Diakses pada 10 Maret 2020
Allure. https://www.stylecraze.com/articles/what-does-toner-do/
Diakses pada 10 Maret 2020
Cleure. https://www.cleure.com/guide-to-skin-toner-s/551.htm
Diakses pada 10 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skincare/what-is-a-toner-skin-benefits#3
Diakses pada 10 Maret 2020

Artikel Terkait