Mengenal Fungsi Toner Wajah yang Jadi Rahasia Kecantikan Artis Korea


Fungsi toner wajah bukan sekadar membersihkan wajah, melainkan juga mengencangkan kulit, bahkan mencegah jerawat muncul. Namun, cara memakai toner harus dilakukan dengan benar. Lantas, apa saja rekomendasi toner yang bagus?

(0)
10 Mar 2020|Nina Hertiwi Putri
Jangan remehkan fungsi toner wajah kalau ingin dapatkan kulit yang sehatFungsi toner wajah ada banyak dan sangat penting untuk kesehatan kulit
Fungsi toner wajah yang paling banyak dikenal adalah membantu mengangkat sisa-sisa kotoran atau make up yang masih menempel di kulit. Maka dari itu, manfaat toner tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan tahap penggunaan toner wajah dalam rutinitas perawatan kulitnya. Akibatnya, hasil perawatan kulit yang selama ini dijalani terlihat kurang maksimal.Padahal, masih ada berbagai manfaat toner wajah yang sangat penting.

Apa fungsi toner wajah?

Fungsi toner wajah salah satunya untuk kecilkan pori-pori
Salah satu fungsi toner wajah adalah untuk mengencangkan pori-pori
Toner wajah adalah produk perawatan kulit yang bahan utamanya merupakan air. Fungsi toner wajah untuk kecantikan kulitmu pun beragam. Adapun berbagai fungsi toner wajah adalah sebagai berikut.

1. Menyeimbangkan pH di kulit

Salah satu fungsi toner wajah untuk kecantikan kulitmu adalah menyeimbangkan pH di kulit. Nilai pH atau keasaman kulit manusia yang normal adalah 5,5. Namun, polusi, minyak yang keluar di wajah, make up, dan makanan yang kamu konsumsi bisa mengubahnya.Sebenarnya, pH netral adalah 7. Semakin kecil nilai pH maka semakin asam, dan semakin tinggi nilai pH maka semakin basa. Jadi, kulit kita sebenarnya memiliki pH yang cukup asam.Mengapa begitu? Sebab, pada kondisi normal, kulit akan memproduksi zat asam yang berfungsi melindungi kulit dari iritasi dan mencegahnya menjadi kering.Penggunaan toner wajah secara rutin dapat berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH di kulit dengan cara menjaga produksi zat asam pada kulit. Dengan kata lain, penggunaan toner wajah bisa membuat pH kulit tetap aman. 

2. Membersihkan permukaan kulit

Fungsi toner wajah yang paling utama adalah membersihkan kulit dengan cara mengangkat minyak, kotoran, dan sisa make up.Ya, meski sudah membersihkan wajah dengan micellar water dan melanjutkannya dengan sabun cuci muka, sisa polusi, kotoran, minyak, dan make up bisa saja masih menempel di wajah.Nah, salah satu manfaat toner wajah adalah untuk menghilangkan sisa kotoran tersebut. Dengan ini, kulitmu bisa terlihat lebih bersih dan cerah.

3. Mengencangkan pori-pori

Fungsi toner wajah berikutnya adalah mengencangkan pori-pori kulit.Pori-pori besar memudahkan bakteri dan kotoran untuk masuk ke dalamnya dan menyebabkan penyumbatan pori-pori. Jika ini terjadi, kulit jadi mudah berjerawat.Penggunaan toner wajah secara teratur akan membuat pori-porimu mengecil. Dengan begitu, kotoran, minyak, dan sisa polusi sulit menempel di wajah.

4. Mencegah jerawat

Selain bisa mencegah kotoran menumpuk di kulit, fungsi toner wajah lainnya adalah untuk mengurangi produksi minyak dan sebum berlebih di kulit.Jika kulitmu bersih, maka risiko munculnya jerawat akan berkurang drastis.Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah yang Ampuh

5. Melembapkan kulit

Siapa sangka kalau fungsi toner wajah bisa melembapkan kulit? Banyak orang yang tidak mau menggunakan toner karena dianggap bisa membuat kulit keringPadahal, manfaat toner wajah justru sebaliknya, yakni membuat kulit lebih lembap.Penggunaan toner yang bisa membuat wajah kering adalah toner dengan alkohol. Jadi, kalau kamu ingin terhindar dari efek ini, hindarilah penggunaan toner tersebut.Sebaliknya, pilihlah toner yang bagus mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid.Tidak hanya melembapkan, fungsi toner wajah dengan kandungan tersebut juga bisa membuat kulitmu terasa lebih elastis dan tampak lebih muda.

6. Mengatasi noda bekas jerawat

Mengatasi noda bekas jerawat juga menjadi fungsi toner wajah lainnya. Beberapa jenis toner yang bagus, tergantung pada kandungan bahan aktif di dalamnya, dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat kehitaman. Pastikan Anda memilih toner wajah yang mengandung alpha hydroxy acid/AHA, seperti glycolic acid dan lactic acid, untuk mendapatkan manfaat toner satu ini. 

7. Menambah lapisan pelindung kulit

Fungsi toner wajah juga dapat menambah lapisan pelindung pada permukaan kulit. Hal ini mampu mengurangi risiko paparan kontaminasi dari lingkungan sehingga kulit tidak rentan rusak. 

8. Menyiapkan kulit untuk menerima produk skincare selanjutnya

Fungsi toner wajah yang mampu menghilangkan seluruh sisa residu yang tertinggal pada kulit membuat penggunaan produk skincare lanjutan lainnya dapat menyerap ke dalam kulit dengan efektif.Penggunaan toner secara rutin bisa membuat kulit tampak lebih halus dan kenyal. Selain itu, kulit bisa tampak bercahaya serta pori-pori mengecil.

Bagaimana cara memilih toner yang tepat sesuai jenis kulit wajah?

Fungsi toner wajah akan bekerja maksimal sesuai kandungan di dalamnya
Ada banyak jenis toner wajah yang bisa dipilih sesuai jenis kulit
Tidak semua orang cocok menggunakan jenis toner wajah yang sama. Jadi, sebelum membeli dan memakai toner, sebaiknya perhatikan dulu kondisi kulit wajahmu dengan bahan aktif yang ada di dalam produk tersebut.Berikut adalah cara memilih toner yang tepat sesuai jenis kulit wajah.

1. Toner untuk kulit normal kombinasi

Bagi Anda yang memiliki kulit normal kombinasi, pilihlah toner wajah yang mengandung vitamin C, koenzim Q10, hyaluronic acid, dan gliserin.

2. Toner untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat

Toner untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat serta kulit kusam sebaiknya mengandung asam salisilat dan witch hazel. Selain itu, pilih juga kandungan bahan aktif AHA, seperti glycolic acid dan lactic acid. Kandungan ini dapat mengurangi ukuran pori-pori.Toner untuk kulit berminyak yang mengandung alkohol atau dikenal dengan nama astringent juga bisa dijadikan pilihan. Akan tetapi, perhatikan kandungan alkohol yang terkandung di dalamnya. Sebab, beberapa orang mungkin mengalami kulit terasa perih dan gatal setelah pemakaian. Baca Juga: Toner dan Astringent, Apa Bedanya?

3. Toner untuk kulit kering

Witch hazel, aloe vera, mentimun, vitamin E, dan asam amino adalah beberapa kandungan bahan aktif yang umumnya terdapat pada toner untuk kulit kering. 

4. Toner untuk kulit sensitif

Toner untuk kulit sensitif biasanya mengandung bahan alami yang mampu menenangkan kulit, seperti chamomile. 

5. Toner untuk kulit menua

Untuk kulit yang sudah mengalami penuaan, pilihlah toner yang mengandung antioksidan dan pelembap, seperti air mawar, hyaluronic acid, atau lecithin. 

Bagaimana cara memakai toner wajah dengan tepat?

Sebelum menerapkan cara menggunakan toner wajah, pastikan kamu sudah membersihkan sisa kotoran dengan cairan pembersih dilanjutkan dengan sabun cuci muka.Sebab, meski fungsi toner wajah bisa bertindak sebagai pembersih sisa kotoran, ia tidak bisa sepenuhnya menggantikan sabun dan cairan pembersih.Setelah selesai cuci muka, barulah keringkan sedikit sisa air di wajah dengan handuk atau tisu yang lembut. Kemudian, terapkan cara memakai toner menggunakan kapas berbahan halus yang sudah dibasahi cairan toner.
Fungsi toner wajah bisa bekerja maksimal bila dilakukan dengan benar
Pakai toner wajah setelah cuci muka dengan cara menuangkan ke kapas
Kalau kapas tidak tersedia, cara memakai toner juga bisa dilakukan dengan menuangkan toner langsung ke telapak tangan lalu menepuk-nepuknya secara perlahan ke kulit wajah.Jika memiliki kulit berminyak atau kombinasi, cara menggunakan toner bisa dilakukan 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari setelah cuci muka. Sementara, pemilik kulit kering dan kulit sensitif sebaiknya hanya memakainya sekali sehari, yaitu di malam hari, atau dua kali sehari.Baru setelah selesai memakai toner, kamu bisa melanjutkan perawatan kulitmu dengan pelembap, serum, maupun produk skincare lainnya.Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari Setelah Toner Wajah

Apa pilihan rekomendasi toner yang bagus?

Setelah mengetahui manfaat toner wajah dan jenis-jenis toner untuk setiap jenis kulit, berikut SehatQ berikan pilihan rekomendasi toner yang bagus agar kamu nggak bingung dalam memilihnya.

1. ElsheSkin Refresh Toner for Normal Skin

Fungsi toner wajah ada pada Elshe Skin Refresh Toner
Salah satu rekomendasi toner yang bagus pilihan SehatQ adalah ElsheSkin Refresh Toner for Normal Skin.Sesuai namanya, jenis toner wajah keluaran produk lokal ini cocok digunakan bagi kamu yang mempunyai kulit normal cenderung tidak bermasalah. 

Kelebihan:

  • Membersihkan sisa kotoran, minyak, dan make up yang masih menempel di wajah
  • Menyegarkan wajah
  • Merawat dan menutrisi kulit
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Kemasan 100 ml mudah dibawa ke mana saja

Harga:

  • Rp65.000
Beli ElsheSkin Refresh Toner di toko online SehatQ

2. Neogen Dermalogy Cleansing Water Calendula

Neogen Dermalogy Cleansing Water Calendula merupakan rekomendasi fungsi toner wajah lainnya
Rekomendasi produk toner yang bagus berikutnya adalah Neogen Dermalogy Cleansing Water Calendula. Real Flower Cleansing Water Calendula dapat digunakan sebagai toner atau pun untuk menghapus sisa riasan dan kotoran di kulit wajah.Kelopak bunga calendula akan membuat kulit kamu terasa bersih tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit wajah. Menarik, bukan? 

Kelebihan:

  • Cocok untuk tipe kulit berminyak, kombinasi, atau berjerawat
  • Mengangkat make up dan kotoran dengan efektif
  • Bisa digunakan sebagai toner untuk melembapkan wajah setelah mencuci muka
  • Mengandung kelopak bunga calendula asli yang tersuspensi di dalamnya, produk pembersih ini dapat memberikan kelembapan ekstra, menenangkan, dan menyegarkan kulit

Harga:

  • Rp179.400
Beli Neogen Dermalogy Cleansing Water Calendula di toko online SehatQ

3. Erha21 Erha 3 Balancing Toner

Pilihan rekomendasi fungsi toner wajah berikutnya adalah Erha21 Erha 3 Balancing Toner
Erha21 Erha 3 Balancing Toner menjadi rekomendasi toner yang bagus lainnya pilihan SehatQ.Kamu bisa menggunakannya dengan cara menuangkan ke kapas, lalu tepuk-tepuk kapas ke seluruh wajah. Gunakan setelah pakai facial wash dan sebelum menggunakan krim pagi/malam.

Kelebihan:

  • Kandungan AHA di dalamnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati
  • Allantoin berfungsi sebagai antibakteri, antiiritasi, dan melembabkan wajah
  • Hazel Extract berfungsi untuk menyeimbangkan PH kulit wajah sehingga kulit siap untuk menyerap nutrisi dari perawatan wajah lainnya secara optimal
  • Kemasan 60 ml

Harga:

  • Rp73.000
Beli Erha21 Erha 3 Balancing Toner di toko online SehatQSetelah mengetahui fungsi toner wajah di atas, tentu kamu sudah tidak bisa melewatkannya lagi saat melakukan perawatan wajah. Pastikan pilih toner yang bagus sesuai dengan jenis kulitmu ya, GenQ.Jangan lupa untuk menemukan pilihan produk toner wajah lainnya di sini.Kalau masih ada pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat toner wajah dan pilihannya yang baik untuk kamu, yuk berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan kamu sudah mengunduhnya terlebih dahulu di di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/what-does-toner-do/
Diakses pada 10 Maret 2020
Allure. https://www.stylecraze.com/articles/what-does-toner-do/
Diakses pada 10 Maret 2020
Cleure. https://www.cleure.com/guide-to-skin-toner-s/551.htm
Diakses pada 10 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skincare/what-is-a-toner-skin-benefits#3
Diakses pada 10 Maret 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/face-toner
Diakses pada 9 Desember 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/what-does-toner-do/#how_to_choose_a_skin_toner
Diakses pada 9 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait